Pendidikan Ekonomi untuk Pemberdayaan Perempuan: Strategi dan Dampaknya pada Pembangunan Ekonomi

  • Wahida Rahim UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pendidikan Ekonomi, Pemberdayaan Perempuan, Pembangunan Ekonomi

Abstract

Pendidikan ekonomi memainkan peran krusial dalam memberdayakan perempuan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ekonomi. Artikel ini menyelidiki strategi dan dampak pendidikan ekonomi pada pemberdayaan perempuan dan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi. Strategi yang dicakup dalam kajian ini melibatkan peningkatan akses dan partisipasi perempuan dalam pendidikan ekonomi formal dan informal. Fokus pada peningkatan akses perempuan terhadap pendidikan tinggi dalam bidang ekonomi, manajemen, dan bisnis menjadi salah satu poin utama dalam strategi pemberdayaan perempuan.  Dampak dari pendidikan ekonomi terlihat pada tingkat individu, di mana perempuan yang terlibat dalam program ini memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kemandirian ekonomi, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan mengatasi diskriminasi gender di pasar kerja. Pendidikan ekonomi juga berdampak positif pada tingkat masyarakat, meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih beragam dan inovatif. Pemberdayaan perempuan melalui pendidikan ekonomi juga dihubungkan dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam hal mengurangi kesenjangan sosial dan kemiskinan.  Selain itu, artikel ini membahas pentingnya dukungan kebijakan, seperti kebijakan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta pemberdayaan finansial, dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perempuan untuk tetap terlibat dalam kegiatan ekonomi. Kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta juga diangkat sebagai elemen penting untuk menciptakan program pendidikan ekonomi yang holistik dan berkelanjutan.  Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi bukan hanya merupakan investasi pada tingkat individu, tetapi juga strategi yang cerdas untuk mencapai pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang peran kunci pendidikan ekonomi dalam menciptakan perempuan yang berdaya, yang pada gilirannya, memberikan dampak positif pada masyarakat dan pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

References

amirulhaq. “Wawasan Tentang Relevansi Sistem-Sistem Ekonomi.” Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah 4 mei (2022): 55–61. https://doi.org/10.35905/banco.v4i1.2593.
Dharma, Dwiasa Sambhawa, Hari Wahyono, Agung Haryono, Yohanes Hadi Soesilo, Economic Education Program, and Universitas Negeri. “Pendidikan Ekonomi Informal Keluarga Pekerja Kuli Bangunan” 16, no. 2 (2023): 166–72.
Hasan, Muhammad, and Muhammad Aziz. Pembangunan Ekonomo & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia Dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Kedua. Makassar: CV. Nur Lina, 2018.
Kasdi, Abdurrohman. “MEMBANGUN KEMANDIRIAN MELALUI FILANTROPI KAUM PEREMPUAN; Potensi Kedermawanan Untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia.” PALASTREN Jurnal Studi Gender 12, no. 1 (2019): 99. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3184.
Nur, Suriani. “Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan & Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup.” An-Nisa 10, no. 1 (2019): 99–111. https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.388.
Rachmawati, Tutik. Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Bandung: UNPAR Press, 2017.
Sulistyowati, Yuni. “Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial.” IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies 1, no. 2 (2021): 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317.
Susanti, Ari Indra, Tanti Rinjani, Diah Ayu Pertiwi, Nadiatul Khaira, Divisi Kesehatan Ibu, Dan Anak, Departemen Ilmu, et al. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2017): 19–23.
Syaadah, Raudatus, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, and Siti Fauziah Rangkuty. “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 2 (2023): 125–31. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298.
Published
2024-06-30
Abstract viewed = 94 times