Kedudukan Guru dalam Kepemimpinan Pembelajaran Abad 21 di MTs Manggarupi Yayasan Pendidikan Sungguminasa Gowa
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kedududkan kepemimpian seorang guru dalam pembelajaran abad 21 di MTs Manggarupi di Yayasan Pendidikan Sungguminsa-Gowa.serta tanggung jawab guru dalam pembelajaran ini menjadi fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library Exploration) sebagai pendekatannya. Hasil temuan masih ada sebagian guru yang menyalahgunakan kedudukannya dalam melaksanakan tugasnya. pada hal Kedudukan guru dalam pembelajaran sebagai pembimbing memberi tekanan kepada tugasnya memberikan bantuan kepada peserta didik dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, tugas ini merupakan aspek mendidik sebab tidak hanya berkenaan dengan penyampaian ilmu pengetahuan, melainkan juga menyangkut nilai-nilai dan prilaku para peserta didik. tanggung jawab guru dalam kepemimpinan pembelajaran memberi tekanan kepada tugasnya memberikan bantuan kepada siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, tugas ini merupakan aspek mendidik sebab tidak hanya berkenaan dengan penyampaian ilmu pengetahuan, melainkan juga menyangkut nilai-nilai dan prilaku para peserta didik. tanggung jawab seorang guru selain mengembangkan profesi guru adalah panggilan dan tuntutan untuk selalu mencintai, menghargai, meningkatkan tugas dan tanggung jawab yang tidak bisa di laksanakan oleh orang lain, kecuali oleh dirinya dan dituntut untuk bersungguh-sungguh menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pekerjaan utama bukan sambilan.
References
Ramayulis, H 20, Psikologi pendidikan Islam, (Jakarta:kalam Mulia 2015), h.
Republik Indonesia, “Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional” h. 8
Republik Indonesia, “Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional” (Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia, 2003), h.20.
Rivai,Veithzal dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012), h. 4.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Mishbah, Pesan , Kesan dan Keserasian alQur’an, Vol 1 ( Jakarta: Lentera Hati 2002), h152.
Suhartono, Suparlan (2006) Filsafat pendidikan, (Jogjakarta; Ar-Ruzz 2005) h.52.
Tasrif 2021 pendidikan keguruan landasan kerja milenial (Jakatta: PENADAMEDIA 20210,h. 155
Tasrif Pendidikan keguaruan lansan kerja guru milenial. H. 155-173
Undang-undang RI No 14 tahun2005 Tentang Guru dan dosen. Jakarta
Republik Indonesia, Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen”, dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157 (Jakarta:Sekretaris Negara Republik Indonesia, 2005), h. 4.
Nasdiana natsir (30 thn),Guru Akidah akhlaq MTs Manggarupi,Oservasi,kelas IX Mts manggarupi 23 november 2023.
Nurrsia S.pd (34 tahun ) Guru Matematika, wawancara Mts Manggarupi ,Ruangan perpustakaan, 25 November2023.
Vidyaningsi(35 tahun) kepala madrasah Mts Manggarupi wawancara ruang kepala sekolah, 23 nvember 2023
Jurnal al-Ta’lim Jilid I, nomor I (2012)
Rachmawati, Tutik dkk. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. 2015
Ramayulis, H 20, Psikologi pendidikan Islam, (Jakarta:kalam Mulia 2015.
Rivai,Veithzal dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012)
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Mishbah, Pesan , Kesan dan Keserasian alQur’an, Vol 1 ( Jakarta: Lentera Hati 2002)
Suhartono, Suparlan (2006) Filsafat pendidikan, (Jogjakarta; Ar-Ruzz 2005)
Undang-Undang RI No 14 Tahun2005 Tentang Guru dan dosen. Jakarta
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sikdinas, Jakarta.