KOMUNIKASI PENDIDIKAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR
Abstract
Komunikasi Pendidikan menjadi salah satu keilmuan yang dilakukan dalam rangka peningkatan di dunia pendidikan. Salah satu modelnya yaitu Blended Learning yaitu suatu komunikasi pembelajaran yang menggabungkan penerapan pembelajaran tradisional di dalam kelas dengan pembelajaran online yang memanfaatkan teknologi informasi. Model pembelajaran ini mengoptimalkan pengintegrasian komunikasi lisan yang ada pada pembelajaran tatap muka dengan komunikasi tertulis pada pembelajaran online. Lebih lanjut pengertian lain dari Blended Learning merupakan pembelajaran yang bersifat fleksibel salain itu penggunaan e-learning atau pembelajaran online merupakan saah satu bentuk contoh pembelajaran yang fleksibel dalam metode Blended Learning. Penerapan model ini mampu meningkatkan mutualitas serta kualitas pembelajaran. Pemblajaran ini dapat menunjukan perbedaan yang lebih baik dalam segi motivasi, minat, maupun hasil belajar peserta didik dibanding metode-metode lain terutama metode dalam pembelajaran langsung, sehingga metode Blended Learning berhasil menjadi trend dan banyak digunakan di perguruan tinggi terkemuka di dunia. Menurut Vernadakis, et al (2012) model pembelajaran Blended Learning mampu menciptakan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Dalam proses pelaksanaannya, dengan keterlibatan dan partisipasi dalam proses pembelajaran, Blended Learning dapat meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik. Selain itu, adanya interaksi dalam model pembelajaran Blended Learning menciptakan suatu motif kepada peserta didik untuk berkompetisi dalam belajar.
Downloads
References
Allen, IE, Seamen, J. & Garret, R. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium, 2007
Carman, J.A. 2005. Blended learning Design: Five Key Ingredients. (Online). (http://www.agilantlearning.com/pdf/Blended-Learning-Design.pdf/, diakses tanggal 1 Juni 2018).
Chaeruman, U.A. 2008. Contoh Penerapan Blended learning. (Online). (http:// www.teknologipendidikan.net_files/Contoh-Penerapan-Blended-Learning; diakses tanggal 1 Juni 2018).
Chaeruman, U.A. 2011. Implementing Blended Learning: A Case Based Sharing Experience. http://www.teknologipendidikan.net/2011/06/21/ implementing-blended-learning-a-case-based-sharing-experience/ pada tanggal 25 Juni 2018.
Curtis J. Bonk, Charles R & Graham. (2006). The Handbook of Blended Learning.bUSA : Preiffer
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Jakarta: Bumi Aksara, 1995
Darsono, Belajar & Pembelajaran, Semarang : CV IKIP Semarang Press, 2000
Depdiknas. 2008. Pembelajaran Tatap Muka, Penugasan Terstruktur, dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
E. Mayer, Richard. (2009). Multimedia Learning;Prinsip-prinsip dan aplikasi. ITS Press.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education : Framework, principles and guidelines. San Fransisco: Josey-Bass.
Garrison, D.R. & Vaughan, N.D. 2008. Blended learning in Higher Education. San Francisco: Jossey-Bass.
Graham, C.R. 2005. Blended learning system: Definition, current trends and future direction. In: Bonk, C.J., Graham, C.R. (eds.) Handbook of Blended learning: Global Perspectives, Local Designs, pp.3-21. San Francisco: Pfeiffer.
Graham, Charles R, 2004 . Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. http://www.publicationshare.com/ grahamintro, Diakses pada tanggal 12 Juni 2018.
Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 67-76.
Kaye Thorne and David Mackey, Everything You Ever Needed to Know About Training, (London: Kogan Page Publishers, 2007),
Lucy Barnard, Y.Lan, W., M.To, Y., OslandPaton, V., & Shu-LingLai. (2009). Measuring self-regulation in online and blended learning environments. The Internet and Higher Education, 1-6.
Mayer, R.E. 2009. Multimedia learning: Prinsipprinsip dan aplikasi. (Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo) Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun 1999)
McGrath, A. L. (2014). Content, Affective, and Behavioral Challenges to Learning: Students’ Experiences Learning Statistics. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 1-21.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial . Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1-11.
Noer, M. 2010. Blended learning Mengubah Cara Kita Belajar di Masa Depan. (Online). (http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan, diakses tanggal 1 Juni 2018).
Sa’ud, Udin Saefudin, Inovasi Pendidikan Bandung: AlfaBeta, 2008
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung: Penerbit Alfabeta. 2006
Sjukur, S.B. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Nomor 3. Volume 2
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Srisakdi, Pedoman Pengembangan Bahan Ajar Berbasis web, Departemen Pendidikan Nasional, 2006 , h.55
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2007
Suprijono, Agus, Coopertaive Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2012
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 234-249.
Thorne, Kaye, How To Integrate Online And Traditional Learning, London : Kogan Page, 2003
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Vernadakis, N., Giannousi, M., Derri, V., Michalopoulos, M., & Kioumourtzoglou, E. (2012). The impact of blended and traditional instruction in students performance. Procedia Technology 1, pp. 439-443.
Wahyuningsih, Dian. 2013. Implementasi Blended Learning By The Constructive Approach BLCA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY. Thesis, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.2013
Watson, Jhon . 2008 . Blended Learning : The Converge of Online and Face-to-Face Education. Diambil dari http://www.inacol.org/cms/wp-content/uploads/2012/09/NACOL_PP-BlendedLearning-lr.pdf pada tanggal 16 Juni 2018.
Yusuf, T, M.. Mengenal Blended Learning. Jurnal Lentera Pendidikan. No. 2. Volume 14 Desember 2011
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice, 64-70.
Zumbrunn, S., Tadlock, J., & Roberts, E. D. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature . Virginia: Virginia Commonwealth University
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.