KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ROLEPLAYER DALAM MEMBANGUN SEBUAH HUBUNGAN PERTEMANAN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER
Abstrak
Salah satu aktifitas media sosial terdiri dari komunikasi interpersonal untuk menjalin hubungan satu sama lain. Salah satu aktifitas ini adalah permainan peran (Roleplaying). Permain peran dijelaskan sebagai aktifitas pelakonan sebuah figur tertentu di media sosial seperti Facebook, Twitter, Telegram dan sebagainya. Aktifitas ini biasanya dilakoni oleh sekelompok penggemar film, K-Pop atau budaya populer lainnya. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola komunikasi yang digunakan pemain peran dan mempelajari bagaimana mereka membangun hubungan satu sama lain. Teori dramaturgi digunakan dalam penelitian ini, sementara penelitiain ini akan berjenis kualitatif dengan tradisi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa aktifitas permainan peran yang dilakukan untuk bersosialisasi, mengisi waktu luang dan mempelajari sebuah kebaruan terhadap individu lain yang memiliki ketertarikan yang serupa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asrarudin, Purwana, D., & Madhakomala, R. (2020). Do Transformational Leadership, Interpersonal Communication, and Career Development Have Direct and Indirect Effect on Diplomats’ Organizational Commitment at the Ministry of Foreign Affairs Republic of Indonesia in Jakarta? IJHCM (International Journal of Human Capital Management), 4(1), 59–73. https://doi.org/10.21009/ijhcm.04.01.05
Aulia, I. M., & Sugandi, M. S. (2020). Pengelolaan Kesan Roleplayer K-Pop Melalui Media Sosial Twitter (Studi Dramaturgi Pada Akun Twitter Fandom Di Kota Bandung). Epigram, 17(1), 75–84. https://doi.org/10.32722/epi.v17i1.3367
Ball, S., McConnell, A., & Stark, A. (2021). Dramaturgy and crisis management: A third act. Public Administration, padm.12775. https://doi.org/10.1111/padm.12775
Chinmi, M., & Marta, R. F. (2020). RuangGuru as an Ideation of Interaction and Education Revolution during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(2Sup1), 118–129. https://doi.org/10.18662/rrem/12.2Sup1/297
Fernando, J., Marta, R. F., & Hidayati, R. K. (2020). Reaktualisasi mahasiswa diaspora Indonesia dalam menjaga identitas budaya bangsa di Benua Australia. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 194–206. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.25219
Fernando, J., Sasongko, Y. P. D., & Marta, R. F. (2020). Aktivasi Psikologi Kognitif Melampaui Kesepian dengan Perspektif Komunikasi dalam Film Joker. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 109–119. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.517
Fuad, F. M. (2021). Strategi Pengembangan Industri Florikultura dalam Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Kabupaten Pekalongan. Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 5(01), 22–38. https://doi.org/10.54687/jurnalkajenv5i01.3
Hardjati, S., & Febrianita, R. (2019). The Power of Interpersonal Communication Skill in Enhancing Service Provision. Journal of Social Science Research, 14, 3192–3199.
Harry, H., Marta, R. F., & Bahruddin, M. (2022). Pemetaan Ideologi Performatif dan Represif dalam Video Dokumenter di Kanal Youtube: Sebuah Perspektif Multimodalitas Budaya Kota Lasem. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(01), 38–51. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i01.4727
Harry, H., Marta, R. F., & Briandana, R. (2021). Memetakan Tautan Budaya Lasem melalui Dokumenter Net . Biro Jawa Tengah dan MetroTVNews. ProTVF, 5(2), 227–246. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i2.33411
Komalasari, M. A., & Fajarica, S. D. (2019). Proses Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Bima di Kawasan Lawata , Kota Mataram. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 2(2), 5–8. https://jcomm.unram.ac.id/index.php/jcomm/article/viewFile/32/33%0D
Latukolan, J. J., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). When Words Matter: Language Choices and Brand Building on Two Global Coffee Shop Retail Brands in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2899–2906. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1974
Lumampauw, A., Lestari, R., Marta, R. F., & Fernando, J. (2020). Awakening Revealed through Rose’s Visual Analysis on #LangkahHijau Commercial Ads. Avant Garde, 8(2), 121. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1231
Marta, R. F., Fernando, J., & Kurniawati, L. S. M. W. (2020). Tinjauan Peran Komunikasi Keluarga Pada Kinerja Public Relations Melalui Konten Laman Resmi Media Daring Kpppa. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42. https://doi.org/10.46937/18202028620
Marta, R. F., Syarnubi, K. L., Wang, C., Cahyanto, I. P., Briandana, R., & Isnaini, M. (2021). Gaining public support: Framing of esports news content in the COVID-19 pandemic. SEARCH Journal of Media and Communication Research, 13 no. 2(2), 71–86.
Milana, R., & Muksin, N. N. (2021). Kampanye Politik Calon Legislatif Perempuan (Studi Fenomenologi pada Pemilihan Umum 2019). KAIS Kajian Ilmu Sosial, 41–51.
Pah, T., & Darmastuti, R. (2019). Analisis Semiotika John Fiske dalam Tayangan Lentera Indonesia Episode Membina Potensi Para Penerus Bangsa di Kepulauan Sula. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 1. https://doi.org/10.37535/101006120191
Putra, A. M., Anggoro, A. D. A. D., Aunul, S., & Putra, R. D. (2021). Understanding the Motives and Typifications of Youtuber Gaming on Social Media: A Phenomenology Study. ASPIRATION Journal, 2(1), 22–50.
Samiaji, A., Bahruddin, M., Harry, H., & Hidayat, E. (2022). Nation Branding Construction and Public Diplomacy from @america in Muslim Community of Indonesia. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 276–290. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).8836
Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati selama Pandemi COVID-19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Indah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 451–468. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4125
Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. SOCIETY Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
Staksrud, E., & Milosevic, T. (2022). Social Networking Sites and Children’s Social Development. In The Wiley‐Blackwell Handbook of Childhood Social Development (pp. 707–725). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119679028.ch38
Syawbriyanti, F. (2021). Ideologi Bahasa dan Diskursus Identitas dalam Permainan Roleplay Bilingual di Twitter. Antropologi Indonesia, 42(1). https://doi.org/10.7454/ai.v42i1.12417
Tjajadi, O. P., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). Women’s Resistance on Instagram Account @singlemomsindonesia. JHSS Journal of Humanities and Social Studies, 5(2), 111–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3710
Yang, S., Wang, Y., Lee, Y., Lin, Y., Hsieh, P., & Lin, P.-H. (2022). Does Smartphone Addiction, Social Media Addiction, and/or Internet Game Addiction Affect Adolescents’ Interpersonal Interactions? Healthcare, 10(5), 963. https://doi.org/10.3390/healthcare10050963
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.