PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH

  • M Ishaq Shamad Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar
    (ID)

Abstrak

Tulisan ini menyajikan beberapa aspek penting kaitan antara teknologi komunikasi dan informasi dengan peningkatan dan pengembangan dakwah, termasuk dakwah melaui pendidikan. Dalam kehidupan manusia di era global saat ini, manusia selalu berhubungan dengan teknologi, yang pada hakikatnya adalah alat untuk mendapatkan nilai tambah dalam menghasilkan produk yang bermanfaat. Teknologi sekarang ini perkembangannya sudah sangat pesat. Situasi masyarakat membawa kepada keadaan yang sejalan dengan kecenderungan global yang ditandai dengan era informasi, era keterbukaan, era demokratisasi, deregulasi dan desentraralisasi. Namun demikian euphoria kebebasan dan perubahan  ini jangan sampai membawa  bangsa tenggelam di dalam perubahan-perubahan yang amat cepat, tetapi bagaimana  sebagai individu dan kelompok baik pada tingkat lokal, nasional maupun global memposisikan diri dalam menghadapi gejolak perubahan tersebut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. Referensi Cetak

Gibson, Rowan. 1997. Rethinking The Future, London: Nicholas Brealy

Publishing.

Pandapotan, Sianipar. 1996.Panduan Menggunakan Internet, Jakarta : Elex Media Computindo, Kelompok Gramedia.

Rose, Collin and Nicholl, Malcolm J. 1997.Accellerated Learning For The21st Century, New York : A Dell Trade Paperback.

Sasono, Adi. 2000. Pendidikan dan Teknologi Kerakyatan, Makalah

disampaikan di dalam Kovensi Nasional Pendidikan Indonesia, UNJ: Jakarta.

Turney, C et.all. 1992.The School Manager : Educational Management Roles and Tasks, NSW Australia : Allen & Unwin.

Wahab, Azis.2000. Pengelolaan Berbasis Sekolah, Makalah disampaikan di dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, UNJ: Jakarta.

Dokumen :

http://www.whitehouse.gov/WH/EOP/edtech/index-source.

http://members.tripod.com/~homelessness/education

Diterbitkan
2017-05-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 519 times