PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Layanan bimbingan dan konseling merupakan layanan yang ada pada setiap jenjang pendidikan termasuk jenjang perguruan tinggi. Hal ini dilakukan dengan melihat banyaknya problema yang dihadapi oleh seorang mahasiswa dalam perkembangan studinya, baik yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan pemilihan studi, maupun dalam pengelolaan dirinya sebagai mahasiswa. Dalam kaitan dengan permasalahan tersebut, seorang mahasiswa dituntut untuk dapat mengelola hidupnya dan dapat mengatur kehidupannya sendiri. Namun, dalam merealisasikan kemandirian dan perkembangan, mahasiswa tidak selalu mulus dan lancar. Banyaknya hambatan dan problema yang dihadapi dalam proses kehidupan sehingga membutuhkan layanan bimbingan dan konseling.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bimo Walgito, Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir,) Edisi IV; Yogyakarta: Andi, 2005.
Cholid Narkubo, et.al., Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahnya dan Tajwid Sistem Warna sesuai Standar Kementerian Agama RI, PT. Karya Toha Putra Semarang, 2013.
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Desmita, Psikologi Perkembangan, Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Dewa Ketut Sukardi, Proses Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Hadari Nawawi dan Martini Hadari, Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Cet. II; Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.
Hadari Nawawi, Metode Penelitian Sosial, Cet. IX; Yogyakarta : Gajah Mada University Press, 2000.
Hallen A, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
John M. Echols & Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Cet. XXVI; Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Mar’at, Sikap Manusia; Perubahan serta Pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1991.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Cet.2; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Muhammad Hamka, Hubungan antara Persepsi terhadap pengawasan kerja dengan motivasi berprestasi Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press, 2002.
Nadhifah Attamimi, Komponen Pembelajaran dan Prestasi Belajar, Cet. I; Jakarta: Hilliana Press, 2010.
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000.
Parida, “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang di Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’an IMMIM Makassar” Tesis, Makassar: PPS UIN Alauddin, 2008.
Prayitno dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.
Prayitno, Buku Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Prayitno, dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Pupuh Fathurrohman, Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi Merajut Asa Fungsi dan Dimensi Dosen sebagai Konselor, Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.
Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Republik Indonesia, Undang-undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI, Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Wajib Belajar, Cet. 5; Bandung:Citra Umbara, 2012.
Reta Atkinson, Pengantar Psikologi, Terj. Nurdjannah dan Rukmini Barhana, Jakarta: Erlangga, 1991.
Riswandi, Ilmu Komunikasi, Cet. I; Jakarta: Ilmu Universitas Mercubuana, 2009.
Rochman Natawidjaja, Pendekatan-pendekatan Penyuluhan Kelompok, Bandung: Dipoonegoro, 1987.
S. Arindita, Hubungan antara Persepsi kulaitas pelayanan dan Citra Bank dengan Loyalitas Nasabah Surakarta; UMS Press, 2003.
S.P. Robbins, Perilaku Organisasi, Jilid I, Jakarta: PT. Indeks Gramedia, 2003.
Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Sosial, Cet. I; Jakarta: Erlangga, 2001.
Schemidt, Counseling in schools: Essential service and Comprehensive Programs (1993) dalam WS.Winkel dan M.M Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Cet. 3; Yogyakarta : Media Abadi, 2004.
Shalahuddin Mahfudz, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Sinar Jaya, 1986.
Shertzer dan B. Stone, Fundamentals of Counseling (Boston: Houghton Mifflin Company, 1980) dalam WS.Winkel dan M.M Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Cet. 3; Yogyakarta : Media Abadi, 2004.
Sofyan S. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, Cet. I; Bandung: CV. Alfabeta, 2004.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. 16: Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet.16; Bandung: Allfabeta, 2013.
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Cet. IX; Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Sukardi, Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya, Cet. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Sunaryo Kartadinata, Bimbingan diSekolah Dasar, Bandung: Maulana, 1998.
Syamsu Yusuf dan A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan Konseling, Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Tohari Musnamar, et.al., Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, Yogyakarta: UII Press, 1992.
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah ( Berbasis Integrasi), Cet. I; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, ed.1; Cet.3; Jakarta : Rajawali Pers, 2013.
Umar dan Sartono, Bimbingan dan Penyuluhan, Cet. II; Bandung: Pustaka Setia, 2001.
W.A. Gerungan, Psikologi Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama, 1996.
WS.Winkel dan M.M Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Cet. 3; Yogyakarta : Media Abadi, 2004.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.