DINAMIKA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI

  • Usman Usman STAIN Parepare Jurusan Tarbiyah dan Adab
    (ID)

Abstrak

Seiring dengan kemajuan zaman, penerapan teknologi modern dan kekinian semakin digalakkan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan dan pembelajaran baik di kelas konvensional maupun di luar kelas secara online, sehingga diharapkan bahwa semakin modern teknologi tersebut maka semakin mudah bagi para pendidik dalam dalam mencapai tujuan pembelajarannya. Pembelajran bebasis teknologi informasi pada lembaga pendidikan tinggi telah menjadi perhatian serius bagi pengelola lembaga pendidikan, sebab bila lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan tinggi tidak menerapkan atau mengaplikasikan program pembelajaran online dengan dukungan teknologi terkini maka perguruan tinggi tersebut akan tergeser dan ditinggalkan oleh para peserta didiknya. Program pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan berbagai dinamikanya menjadikan pembelajaran semakin menarik dan menantang, karena peserta didik dan pendidik tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu sebagaimana dalam pembelajaran konvensional dalam proses pembelajarannya. Pembelajaran kini menggunakan media komputer berbasis online yang aplikasinya biasa disebut e-learning atau web-learning.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 3; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Emile Durkheim, The rules of Sosiological Method, New York: The Free Press; 1938.

Robert Heinich, Melonda, M. & Rossel, J.D, Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, Integrating Computers an.d Using Media, 3rd Edition Londen: Routledge; 1996.

Diterbitkan
2017-05-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 881 times