Pengaruh Terpaan Media Tentang Covid-19 Terhadap Kecemasan Masyarakat Pada Pemberitaan Bontangpost.id Di Bontang Permai Kelurahan Api-Api
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan media tentang covid-19 terhadap kecemasan masyarakat pada pemberitaan bontangpost.id di bontang permai kelurahan api-api. Variabel X pada penelitian ini adalah terpaan media bontangpost.id tentang covid-19 sedangkan variabel Y pada penelitian ini adalah kecemasan masyarakat. Metode dan Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori ketergantungan media (Dependency Theory) yang dimana semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut menjadi semakin penting untuk orang itu.
Berdasarkan data yang diperoleh analisis regresi linear sederhana, diperoleh hasil Y= 7,407 + 0,468X dan memperoleh nilai t hitung sebesar 9.078 > t tabel 1.998, angka tersebut menunjukkan bahwa jumlah t hitung lebih dari jumlah t tabel sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh terpaan media tentang pemberitaan covid-19 di bontangpost.id terhadap tingkat kecemasan warga Bontang Permai Kelurahan Api-Api. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial Ha yang menyatakan berita covid-19 (X) berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kecemasan (Y) warga Bontang permai Kelurahan Api-api terbukti.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, M. Q. (2012). Teori komunikasi media massa. Teori Komunikasi Media Massa, (1996).
Ardianto, Elvinaro & Erdinaya, L. K. (2005). Komunikasi Massa :Suatu Pengantar. Bandung: Bandung :Remaja Rosdakarya.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset. In Kencana Prenada Media Grup.
McPhail, C. (2004). Understanding Anxiety and Panic Attack.
Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.
Musman, A. & N. M. (2017). Jurnalisme Dasar. Yogyakarta: Komunika.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sarwono, S. W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (Ed.). (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Jurnal
Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sumber Internet
https://bontangpost.id/pertama-di-indonesia-ibu-anak-positif-terjangkit-virus-korona/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/cemas-terhadap-covid-19-polda-kaltim-dan-pemkot-bontang-buka-layanan-konseling/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/ini-riwayat-perjalanan-1-pasien-positif-korona-di-bontang/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/angka-kasus-positif-covid-19-tembus-1-003-pasien/ (diakses pada 11 November 2020)
https://www.pinterpolitik.com/covid-19-dan-propaganda-media/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/kemenkominfo-klaim-temukan-1-000-hoaks-covid-19/ diakses pada 11 November 2020
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.