Pengaruh Terpaan Media Tentang Covid-19 Terhadap Kecemasan Masyarakat Pada Pemberitaan Bontangpost.id Di Bontang Permai Kelurahan Api-Api

  • Andi Ainun Namri Universitas Mulawarman
    (ID)
Kata Kunci: Kata Kunci : Terpaan Media, Kecemasan , Berita , Ketergantungan Media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan media tentang covid-19 terhadap kecemasan masyarakat pada pemberitaan bontangpost.id di bontang permai kelurahan api-api. Variabel X pada penelitian ini adalah terpaan media bontangpost.id tentang covid-19 sedangkan variabel Y pada penelitian ini adalah kecemasan masyarakat. Metode dan Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori ketergantungan media (Dependency Theory) yang dimana semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka  media  tersebut  menjadi  semakin  penting  untuk  orang  itu.

Berdasarkan data yang diperoleh analisis regresi linear sederhana, diperoleh hasil  Y= 7,407 + 0,468X  dan memperoleh nilai t hitung sebesar 9.078 > t tabel 1.998, angka tersebut menunjukkan bahwa jumlah t hitung lebih dari jumlah t tabel sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh terpaan media tentang pemberitaan covid-19  di bontangpost.id terhadap tingkat kecemasan warga Bontang Permai Kelurahan Api-Api. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial Ha yang menyatakan berita covid-19 (X) berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kecemasan (Y) warga Bontang permai Kelurahan Api-api terbukti.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

BUKU
Abdullah, M. Q. (2012). Teori komunikasi media massa. Teori Komunikasi Media Massa, (1996).
Ardianto, Elvinaro & Erdinaya, L. K. (2005). Komunikasi Massa :Suatu Pengantar. Bandung: Bandung :Remaja Rosdakarya.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset. In Kencana Prenada Media Grup.
McPhail, C. (2004). Understanding Anxiety and Panic Attack.
Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.
Musman, A. & N. M. (2017). Jurnalisme Dasar. Yogyakarta: Komunika.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sarwono, S. W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (Ed.). (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Jurnal
Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sumber Internet
https://bontangpost.id/pertama-di-indonesia-ibu-anak-positif-terjangkit-virus-korona/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/cemas-terhadap-covid-19-polda-kaltim-dan-pemkot-bontang-buka-layanan-konseling/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/ini-riwayat-perjalanan-1-pasien-positif-korona-di-bontang/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/angka-kasus-positif-covid-19-tembus-1-003-pasien/ (diakses pada 11 November 2020)
https://www.pinterpolitik.com/covid-19-dan-propaganda-media/ (diakses pada 11 November 2020)
https://bontangpost.id/kemenkominfo-klaim-temukan-1-000-hoaks-covid-19/ diakses pada 11 November 2020
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Vol. 8 No.2, November 2022
Abstrak viewed = 194 times