Prinsip-Prinsip Komunikasi Dakwah Berbasis Media Online

(Studi Retorika KH. Buya Syakur Yasin Pada Channel Akun Youtube KH Buya Syakur Yasin MA)

  • Siti Hudayana Husri UIN Mataram
    (ID)
Kata Kunci: Prinsip Komunikasi, Dakwah Buya Syakur, Media Online

Abstrak

Penelitian ini mengkaji prinsip-prinsip komunikasi dakwah berbasis media online melalui studi retorika yang dilakukan oleh KH. Buya Syakur Yasin pada channel akun YouTube KH Buya Syakur Yasin MA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pesan-pesan komunikasi dakwah dan gaya retorika komunikasi dakwah Buya Syakur Yasin pada channel akun youtube KH Buya Syakur Yasin MA. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) Ada tiga bentuk pesan-pesan komunikasi dakwah yang disampaikan Buya Syakur, yaitu pesan keagamaan, pesan moral dan etika, serta pemahaman terhadap islam. (2) Gaya retorika yang digunakan meliputi gaya retorika yang sederhana, menggunakan contoh nyata, menunjukkan empati, dan menjaga konsistensi serta keaslian dalam berdakwah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan penting dalam pengembangan strategi dakwah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aziz, Moh. Ali. Public Speaking: Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2019. https://books.google.co.id/books?id=6QLwDwAAQBAJ.
Handayani, Ricka. “Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah Di Tengah Pandemi.” Hikmah 15, no. 1 (2021): 123–38. https://doi.org/10.24952/hik.v15i1.3569.
KH. Syakur Yasin. “Akhirnya Buya Syakur Buka Suara.” Buya syakur Lovers (Youtube Channel), 2022. https://www.youtube.com/shorts/UPCfPmMs2xk.
———. “Dialog Psikologi Tasawuf "Transformasi Jiwa ".” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2020. Dialog Psikologi Tasawuf %22Transformasi Jiwa %22%0A.
———. “Kajian Bedah Buku Islam Tasawwuf.” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2020. https://www.youtube.com/playlist?list=PLS9Ppp5TZD60N68sX7KVR8t4fPg2fRRya.
———. “Kajian Kitab Al Hikam.” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2022. https://www.youtube.com/watch?v=-ZfDLaQ1l88.
———. “Kajian Kitab La Tahzan Bersama Buya Syakur.” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2019. https://www.youtube.com/watch?v=DcF27CuoU6c&list=PLS9Ppp5TZD61DgqOf5npwza_tVUnmxu2R&index=1.
———. “KH Buya Syakur Yasin MA Youtube Channel.” Youtube, 2017. https://www.youtube.com/@KHBuyasyakurYasinMA.
———. “Live Kajian Rutin Kitab Fi Zhilalil Qur’an Bersama Buya Syakur.” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2019. https://www.youtube.com/watch?v=cBO0SWvXVB4&list=PLS9Ppp5TZD60DVvIwnzBHS44KXNrujcRi.
———. “Ngaji Virtual Terminologi Agama Islam Bersama Buya Syakur Dan Yenni Wahid.” KH. Buya Syakur Channel Youtube, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=OxSoy2p8ybw&list=PLS9Ppp5TZD63uso5cbZqctroQxVOZK2v7.
Mahmudan, Ali. “Pengguna Youtube Indonesia Terbesar Ketiga Di Dunia Pada 2022.” DataIndonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-youtube-indonesia-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-2022.
Muhimatul Khoiroh, Fitri Febrianti, Dindin Solahudin, and Aang Ridwan. “Youtube Sebagai Media Dakwah.” Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4, no. 4 (2019): 363–81. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i4.1062.
Rahman, Regi Raisa, Atjep Muhlis, and Acep Aripudin. “Retorika Dakwah Ustadz Evie Effendi Di Video Youtube.” Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4, no. 1 (2020): 45–64. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i1.803.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sumarta. MOTIVASI PEMBELAJARAN PADA SURAT AL-KAUTSAR Studi Analisis Makna Dalam Perspektif Pemikiran Dr. Kh. Abdul Syakur Yasin. Indramayu: Penerbit Adab, 2023. https://books.google.co.id/books?id=jBbAEAAAQBAJ.
Susanti, Elvi. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Ummah, Athik Hidayatul. “DAKWAH DIGITAL DAN GENERASI MILENIAL (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara).” TASÂMUH 18, no. 1 (2020): 54–78. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v18i1.2151.
Verolyna, Dita, and Intan Kurnia Syaputri. “Cyber Dakwah: Plus Minus Penyiaran Islam Pada Era Disruptif.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 6, no. 1 (2021): 23. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2955.
Diterbitkan
2023-11-30
Bagian
Vol. 9 No.2, November 2023
Abstrak viewed = 171 times