ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB JURNALIS (STUDI PEMBERITAAN HOAX MELALUI MEDIA ONLINE DI KOTA MAKASSAR)

  • Andi Fadli Jurnalistik FDK UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Pengaruh besar digitalisasi teknologi informasi makin dirasakan saat ini. Pada konteks penyebaran informasi, digitalisasi membuka tranformasi atau pertukaran informasi dan pengetahuan pada arena yang lebih luas dengan jejaring yang serba cepat dan menjangkau hingga ke pelosok daerah. Digitalisasi teknologi informasi juga membawa informasi semakin dekat dengan individu baik dari segi waktu dan tempat. Lebih pesat lagi karena lahirnya aplikasi telepon pintar berteknologi digital, membuka akses terhadap informasi berlangsung kapan saja, dan di mana saja. Dengan berbekal aplikasi telepon pintar setiap individu bahkan dapat berperan secara langsung sebagai penyebar pesan atas peristiwa yang terjadi di sekelilingnya. Perkembangan ini membawa banyak dampak positif bagi keberlangsungan arus informasi sebagai satu ciri masyarakat yang inklusif dan demokratis. Dalam hal ini, arus informasi publik tidak lagi menjadi milik media-media mainstream yang akhir-akhir ini selalu dicurigai sebagai alat kepentingan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Djuroto, Totok. 2004. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung : Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKiS

Holmes, David. 2012. TEORI KOMUNIKASI : Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kakilangit Kencana

Jakob Oetomo, 2006 Sejarah Sosial Media, Jakarta: Yayasan OBOR Indonesia.

Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningkrat, Purnama. 2012. JURNALISTIK Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.

Littlejohn, Stephen W. 2009. Teori Komunikasi “Theories of Human Communication” edisi 9. Jakarta : Salemba Humanika

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Meleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitaif. Bandung : Rosdakarya. Mulyana, Deddy Iskandar. 2008. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

_________________. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung : Nuansa Cendikia.

Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung : Remaja Rosda Karya

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalitik : Suatu Pengantar Teori dan Praktek. Bogor : Ghalia Indonesia.

Syah, Sirikit. 2011. Rambu Rambu Jurnalistik. Yoyakarta : Pustaka Pelajar. Syaibani, Yunus Ahmad, dkk. 2011. New Media Teori dan Aplikasi. Karanganyar : Lindu Pustaka

Kusmandi, dan Samsuri.2010. Undang-Undang Pers dan Peraturan-Peraturan Dewan Pers. Jakarta: Dewan Pers. Yulia, Wanda. 2010. Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Diterbitkan
2018-12-30
Bagian
Vol.4 No. 2, November 2018
Abstrak viewed = 2187 times