Pendampingan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MTS Madani Alauddin Pao-Pao melalui Penerapan Model Project Based Learning
Abstract
Abstrak
Pengabdian ini tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar matematika dengan tujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (2) hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (3) apakah penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IX MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa terdiri dari 48 peserta didik sedangkan sampelnya adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas IXA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IXB sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 peserta didik dan 23 peserta didik dan dikategorikan dalam tekenik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, berupa pretest-posttest dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen 82,5 dan rata-rata post-test kelas kontrol 72,59. Sedangkan hasil analisis inferensial disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IX MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Abstract
This research is about the effectiveness of the application of project-based learning models (Project Based Learning) on mathematics learning outcomes with the aim of knowing (1) mathematics learning outcomes of students being taught without using project-based learning models (2) mathematics learning outcomes of students being taught using project-based learning model (3) whether the application of the project-based learning model is effective in improving mathematics learning outcomes in class IX students of MTs Madani Alauddin Paopao, Gowa Regency. This research is a type of experimental research using a Quasi Experimental Design research design in the form of Nonequivalent Control Groups Design. The population in this study were all students of class IX MTs Madani Alauddin Paopao, Gowa Regency consisting of 48 students while the sample was the whole population, namely class IXA as the experimental class and class IXB students as the control class, each of which consisted of 25 students and 23 students and categorized in saturated sampling technique. The instrument used in this study was a test of student learning outcomes, in the form of a pretest-posttest and observation sheets. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results of the descriptive statistical analysis showed that the post-test average for the experimental class was 82.5 and the post-test average for the control class was 72.59. While the results of inferential analysis in testing the data hypothesis show that the t-count value is greater than the t-table value (3.25> 2.01) and the average learning outcomes of the experimental class are higher than the average learning outcomes of the control class, thus it can be concluded that the application of project-based learning models is effective in improving mathematics learning outcomes in class IX students at MTs Madani Alauddin Paopao, Gowa Regency.
Downloads
References
Abduh, M. (1999). Tafsir Juz ’amma. Bandung: Mizan.
Ahmad, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arsana, I. M. R., Dantes, N., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Metode Ekspositori yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 2(1), 1–10.
Departemen Agama RI. (2017). AL-Qur’anul Karim Terjemahan & 319 Tafsir Tematik. Bandung: PT. Cordoba Internasional-Indonesia.
Depertemen Agama Republik Indonesia. (2007). AL-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI.
Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ihsan, F. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Khanah, N., & Sutrisno. (2019). Efektivitas Model Project Based Learning dan Model Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Matematika Sisw Kelas VIII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4thsenatik) Program Studi Pendidikan Matematika, 135–145. Semarang: FPMIPATI Universitas PGRI Semarang.
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214.
Rahmawati, D. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Study Quasi Eksperimen di SMPN 48 Jakarta).
Sari, D. K. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Bermain Diluar Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Materi Pokok Himpunan Pada Peserta Didik Kelas VII MTs NU 01 Tarub Kab. Tegal Tahun Ajaran 2010/2011. IAIN Walisongo.
Shofiana, N. (2011). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Materi Garis Dan Sudut. IAIN Walisongo.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudiyono, A. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti, E. I. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Karang Binangun, Lamongan. IAIN Sunan Ampel.
Trisnawati, I. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Model PBL (Project Based Learning) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).