Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMA Negeri 6 Sinjai Barat

  • Jamilah Jamilah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ummul Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Syamsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sofyan Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdiaan masyarakat ini ialah untuk melakukan pendampingan kepada pengelola laboratorium dalam pengelolaan laboratorium IPA di sekolah. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 6 Sinjai Barat. Kegiatan pendampingan pengelolaan laboratorium IPA meliputi beberapa kegiatan terkait penataan dan inventarisasi laboratorium. Ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian diperoleh melalui penyebaran instrumen survei kepada pihak sekolah. Hasil kegiatan ini adalah dibuatnya inventaris alat bahan praktikum, pembuatan struktur organisasi laboratorium, tata tertib kegiatan praktikum, dan membuat jadwal kegiatan praktikum. Disamping itu dilakukan pula penataan ruang alat seperti lemari alat, ruang praktikum, meja praktikum, dan pendampingan membersihkan alat-alat praktikum. Berdasarkan survei untuk mengukur ketercapaian kegiatan pengabdian mendapatkan respon positif dari pihak sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carin, AA. (1997). Teaching Modern Science (Edisi ke-7). New Jersey: Merril Publishing Company.

Emda, Amna (2017). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83-92. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2061/pdf.

Hamalik, Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani, Anti Damayanti (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga.

Indrawan, Irjus dkk (2020). Manajemen Laboratorim Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus versi online/daring (dalam jaringan): sains. Retrieved from https://kbbi.web.id/sains.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015. Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Standar Sarana dan Prasarana.

Sofah, Rahmi dan Sucipto, Sigit Dwi (2017). Optimalisasi Pemanfaatan Laboratorium dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI Prodi BK FKIP Unibversitas Sriwijaya. Makalah dipresentasikan pada Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4 –6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Sudarisman, Suciati (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29-35. Diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403/374.

Susilowati (2012). Administrasi dan Inventarisasi Alat Laboratorium Sains Sekolah. Makalah disampaikan dalam rangka Pelatihan Pengelolaan Laboratorium IPA FMIPA UNY.

Published
2022-01-30
How to Cite
Jamilah, J., Hasanah, U., Syamsul, S., Syahriani, S., Taufiq, A. U., & Sofyan, S. (2022). Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMA Negeri 6 Sinjai Barat. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50-57. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i1.26869
Section
Artikel
Abstract viewed = 399 times