Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMA Negeri 6 Sinjai Barat
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdiaan masyarakat ini ialah untuk melakukan pendampingan kepada pengelola laboratorium dalam pengelolaan laboratorium IPA di sekolah. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 6 Sinjai Barat. Kegiatan pendampingan pengelolaan laboratorium IPA meliputi beberapa kegiatan terkait penataan dan inventarisasi laboratorium. Ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian diperoleh melalui penyebaran instrumen survei kepada pihak sekolah. Hasil kegiatan ini adalah dibuatnya inventaris alat bahan praktikum, pembuatan struktur organisasi laboratorium, tata tertib kegiatan praktikum, dan membuat jadwal kegiatan praktikum. Disamping itu dilakukan pula penataan ruang alat seperti lemari alat, ruang praktikum, meja praktikum, dan pendampingan membersihkan alat-alat praktikum. Berdasarkan survei untuk mengukur ketercapaian kegiatan pengabdian mendapatkan respon positif dari pihak sekolah.
Downloads
References
Carin, AA. (1997). Teaching Modern Science (Edisi ke-7). New Jersey: Merril Publishing Company.
Emda, Amna (2017). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83-92. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2061/pdf.
Hamalik, Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, Anti Damayanti (2008). Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga.
Indrawan, Irjus dkk (2020). Manajemen Laboratorim Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.
KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus versi online/daring (dalam jaringan): sains. Retrieved from https://kbbi.web.id/sains.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015. Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Standar Sarana dan Prasarana.
Sofah, Rahmi dan Sucipto, Sigit Dwi (2017). Optimalisasi Pemanfaatan Laboratorium dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI Prodi BK FKIP Unibversitas Sriwijaya. Makalah dipresentasikan pada Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4 –6 Agustus 2017, Malang, Jawa Timur, Indonesia.
Sudarisman, Suciati (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29-35. Diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/403/374.
Susilowati (2012). Administrasi dan Inventarisasi Alat Laboratorium Sains Sekolah. Makalah disampaikan dalam rangka Pelatihan Pengelolaan Laboratorium IPA FMIPA UNY.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).