Pendampingan Siswa SMP Negeri 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto dalam Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Aptitude Treatment Interaction

  • Nur Intan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilhamsyah Ilhamsyah Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Santih Anggereni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ummul Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini didasarkan pada kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui apakah model Aptitude Treatment Interaction efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design, dimana penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dan eksperimen.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Bontoramba yang yang terdiri atas 111 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII3 yang terdiri dari 23 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII4 yang terdiri dari 21 orang siswa sebagai kelompok kontrol, kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara acak (random). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelompok kontrol yaitu, nilai rata-rata pretest adalah 56,64 dan nilai rata posttest adalah 65,36. Sedangkan kelompok eksperimen nilai rata-rata pretest adalah 51,40 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,10. Berdasarkan hasil perhitungan data nilai sig > α (0,935 > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian bahwa penerapan model Aptitude Treatment Interaction efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

 

Abstract

This community service was based on the activity that aims to determine the mathematics learning outcomes of class VIII students of SMP Negeri 1 Bontoramba, Jeneponto Regency before applying the Aptitude Treatment Interaction model, to determine the mathematics learning outcomes of grade VIII students of SMP Negeri 1 Bontoramba, Jeneponto Regency after applying the Aptitude Treatment Interaction model and to find out what the Aptitude model is. Treatment Interaction is effective on the mathematics learning outcomes of grade VIII students of SMP Negeri 1 Bontoramba, Jeneponto Regency. This type of research is a quasi-experimental research (Quasi Experimental) using a pretest-posttest control group design, where this study uses two groups, namely the control and experimental class groups. The population in this study were all students of SMP Negeri 1 Bontoramba which consisted of 111 students, while the sample was class VIII3 students consisting of 23 students as an experimental group and class VIII4 consisting of 21 students as a control group, experimental class and class. control is selected randomly (random). The instrument used in this study was a learning outcome test in the form of a pretest and posttest and an observation sheet. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results of the analysis using descriptive statistics in the control group, namely, the mean pretest score was 56.64 and the posttest average score was 65.36. While the experimental group's average pretest score was 51.40 and the posttest average score was 76.10. Based on the results of the calculation of the sig> α (0.935> 0.05) value data, it can be concluded that H0 is rejected. Thus, the application of the Aptitude Treatment Interaction model is effective on the mathematics learning outcomes of grade VIII students of SMP Negeri 1 Bontoramba, Jeneponto Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawi. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Awangpone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Bagindo, R., & Yulia, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar. Phytagoras, 8(April), 41–48.

Bakar, Abu, A., Nursalam, & Mardhiah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Ukuran Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kec. Pattallassang Kab. Gowa. MAPAN: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 46–69. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a4

Dazrullisa. (2016). Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi. Matematika Jurnal, 3(2), 12–21.

Fitri, I. (2017). Self Efficacy Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Aptitude Treatment Interaction. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 167– 175.

Guerriero, C. A. (1981). Team Learning and Aptitude-Treatment Interaction in Seventh Grade Mathematics. The Pennsylvania State University.

Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Inda, A. H. (2017). Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2017, 751–758. Yogyakarta.

Ismayani, I. (2011). Penerapan Model Aptitude treatment Interaction (ATI) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Matematis dan Motivasi Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Munawar, H. A. (2013). Keefektifan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction Berbantuan CD Interatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Universitas Negeri Semarang.

Nuraini, O., Ainy, C., & Suprapti, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 86–104. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.100

Nurdin, S. (2002). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Sesuai dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Quantum Teaching.

Permatasari, N. A. E. F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. IAIN Tulungagung.

Sari, F. L. K., Suharto, & Pambudi, D. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Kelas VIII A Semester Gasal SMP Negeri 2 Glenmore Tahun Pelajaran 2013/2013. Pancaran, 3(4), 15–24.

Serlinda, & Leonard. (2018). Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 381–394.

Suptiana, E., Zubainur, C. M., & Ramli, M. (2021). The enhancement of student’s mathematical understanding ability through the Aptitude Treatment Interaction (ATI) learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1882 012072, 1(1), 1–6. https://doi.org/doi:10.1088/1742-6596/1882/1/012072

Yannidah, Novi, Kurniawan, Lambang, & Aunillah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada Efektivitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 1–12.

Published
2021-05-31
How to Cite
Intan, N., Ilhamsyah, I., Anggereni, S., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2021). Pendampingan Siswa SMP Negeri 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto dalam Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Aptitude Treatment Interaction. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 41-56. https://doi.org/10.24252/khidmah.v1i2.21200
Section
Artikel
Abstract viewed = 167 times