Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Bersuci dari Hadas Kecil melalui Metode Demonstrasi pada Peserta Didik Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi bersuci dari hadas kecil melalui metode demonstrasi peserta didik kelas IV UPT SDI Todakke No 72 Kepulauan Selayar. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran PAI materi bersuci dari hadas kecil kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari kondisi siklus I yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang awalnya 5 atau 50 % peserta didik yang tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 7 atau 70 % dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 10 atau 100% peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi bersuci dari hadas kecil pada peserta didik kelas IV UPT SDI Todakke No.72 Kepulauan Selayar.
Downloads
References
Achmadi. (2010). Ideologi Pendididkan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Mahfani, & Khalilurrahman, M. (2008). Berkah Shalat Dhuha. Jakarta Selatan: PT. Wahyu Media.
Asma. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada SIswa Kelas X di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma, 7(3). 1135-1142.
Devi, S. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) Kelas IV MIN Medan Tembung Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis. Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Nurohman, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Way Kenanga Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. IAIN Metro.
Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Semiadi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Membaca Surat Al-Falaq melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 9(2). 66-74. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v9i2.831
Sams, H. R. ( 2010). Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Putra.
Syafe’I, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII DI SMPT AL-Muridiyyah Pasawahan Purwakarta. Skripsi. Universitas Nahdatul Ulama Indonesia.
Yulinar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam tentang Penyelenggaraan Shalat Jenazah melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni, 6(5). 468-483.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).