Sosialisasi Penerapan Metode Drill Berbantuan Smart Mathematics Module dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik
Abstrak
Abstrak
Tujuan pengabdian ini adalah melakukan sosialisasi terkait penerapan Metode Drill berbantuan Smart Mathematics Module secara efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 30 peserta didik kelas XI IPA2 yang diajar menggunakan Metode Drill berbantuan Smart Mathematics Module. Sebanyak 29 peserta didik kelas XI IPA3 lainnya tidak diajar dengan Metode Drill berbantuan Smart Mathematics Module. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah berupa pretest-posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis, penerapan Metode Drill berbantuan Smart Mathematics Module efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Abstract
The purpose of this service is to apply the Drill Method effectively that assisted by the Smart Mathematics Module towards the students' mathematical problem-solving abilities through socialization activities. This service was attended by 30 students of class XI IPA2 who were taught using the Drill Method assisted by the Smart Mathematics Module. The other 29 students of class XI IPA3 were not taught using the Drill Method assisted by the Smart Mathematics Module. The instrument used was a test of students' problem-solving abilities, in the form of a pretest-posttest and an observation sheet. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the analysis results, the application of the Drill Method with the Smart Mathematics Module is effective in improving students' mathematical problem-solving abilities.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amri, S. (2013). Pengembangandan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. PT. Prestasi Pustaka Raya.
Arsana, I. M. R., Dantes, N., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Metode Ekspositori yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 2(1), 1–10.
Damayanti, T., Rosita, N. T., & Koswara, U. (2020). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN ALAT PERAGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN. Symmetry: Pasundan Journal of Research Learning and Education, 5(1), 44–58.
Ernia, N. (2012). Pengaruh Perpaduan Metode respon dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII Mts DDI Wacpute Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. UIN Alauddin Makassae.
Fauzi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Dia Press.
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII yang diajarkan akan bertahan lama di latihan . Salah satu metode pembelajaran metode pembelajaran yang menekankan Metode ini m. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267–277.
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 131–140.
Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Y. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan metode drill. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 75–86.
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 49–57.
Lestari, Kurnia Eka; Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (II). Refika Aditama.
Medriati, R., & Hamdani, D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Fisika FKIP UNIB. Artikel Ilmiah Universitas Bengkulu, 2, 243–255.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.
Munawarah, S., Suratmat, S., & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Model Pembelajaran (AIR) Menggunakan Media Mind Mapping pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Shalahuddin Malang. JP3, 14(8), 91–99.
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Nasution, R. S., Muhammad Amin Fauzi, K., & Syahputra, E. (2019). Developing Mathematics Problem Based on PISA Level of Space and Shape Content to Measure Student’s Mathematics Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 7(10), 660–669. https://doi.org/10.12691/education-7-10-1
NCTM. (2000). Learning Mathematics for A New Century. 2000 Yearbook NCTM: Reston VA.
Nurfadhilah AM Hindi, A. (2016). Efektivitas Metode Latihan (Drill) dalam Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/2227/
R.P, M. E. (2013). Efektivitas Metode Drill Berbantuan “Smart Mathematics Module terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Siswa XI SMK Teuku Umar semarang. UNNES.
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS. PT. Prestasi Pustakaraya.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana.
Subhan. (2011). Implementasi Pembelajaran Modul Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI MA Madani Pao-Pao Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar.
Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER), 8(2), 1–10.
Yazgan-Sag, G., & Emre-Akdogan, E. (2016). Creativity from Two Perspectives: Prospective Mathematics Teachers and Mathematician. Australian Journal of Teacher Education, 41(12), 25–40. https://doi.org/10.14221/ajte.2016v41n12.3
Yudha, F. A., Azhar, E., & Wahidin. (2018). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan metode gema dan metode drill 1. Seminar Nasional, 01.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).