Peran Pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Karir dan Jabatan Akademik Terhadap Sikap Dosen dalam Kenaikan Pangkat

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Arie Gunawan H.Z Universitas Bosowa
    (ID)
  • Paras Putri Ramdhani APPI Sulawesi
    (ID)
  • Andi Halima Universitas Negeri Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstrak

Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta agar mereka paham regulasi dan mengetahui secara teknis hal yang harus dilakukan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen. Kegiatan penelitian pengabdian yang dilakukan oleh APPI Sulawesi dalam bentuk Pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Karir dan Jabatan Akademik Dosen yang dilakukan secara online dengan menggunakan media zoom meeting. Jumlah peserta sebanyak 39 namun yang menjadi responden sebanyak 27 orang yang berasal dari latar belakang pendidikan dan jabatan yang berbeda dari berbagai kampus/instansi di Sulawesi Selatan, bahkan ada dari Jawa Barat dan Sulawesi Barat. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data diolah menggunakan analisis deskriptif. Pengabdian kepada masyarakat ini dinilai bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan peserta. Materi yang disajikan dapat menyadarkan peserta tentang pentingnya perencanaan dan pengelolaan karir mulai dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Setelah pelatihan, keseluruhan peserta menyatakan akan membuat perencanaan karir dosen.

 

Abstract

This service research aims to provide participants with knowledge and skills of technical rules and regulations that lecturers must follow for the promotion and functional positions. The study was conducted by APPI Sulawesi in form of Lecturer Career Planning, Management Training, and Academic Position. It was carried out online by using the Zoom meeting media. The total number of participants was 39, with 27 respondents coming from various educational backgrounds and positions at many campuses and agencies in South Sulawesi, some even from West Java and West Sulawesi. The data instrument used was a questionnaire distributed via a google form. The data was analyzed descriptively. This community service is advantageous and meets the needs of the participants. The material presented has the potential to make participants aware of the significance of career planning and management, beginning with educational activities, research, and community service. People who have participated in the training agree will make career plans after they have completed their training.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agasi, A., & Hadi, A. (2018). Perencanaan Sistem Informasi Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen dengan Framework Laravel Berbasis Web. VoteTEKNIKA : Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2), 87–94.

Budi Susilo, T. A. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Kompetensi, Dan Pelatihan Terhadap Pembelajaran Organisasional, Pengembangan Karir, dan Kinerja Dosen di Sekolah Tinggi PGRI Se-Jawa Timur (Skripsi). Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dewi, M., Wibowo, A., & Arifin, S. P. (2020). Aplikasi Terintegrasi untuk Pengelolaan Nilai Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen Berbasis Service Oriented ARchitectured. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 13–24.

Djuwita, T. M. (2004). Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya dengan Profil Dosen yang Produktif. Artikel Penelitian.

Fenia, S. Z. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Pelatihan Dosen, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Dosen pada Sekolah Tinggi X di Sumatera Barat. Jurnal Benefita, 3(1). https://doi.org/10.22216/jbe.v3i1.2361

Fidyastutik, E. (2014). Pelaksanaan Kenaikan Pangkat Dosen Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Hukum, 1–19.

Hardyanti, A. Implementasi Sistem Informasi Kenaikan Pangkat Dosen dan Pegawai di UIN SUSKA Riau. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Istichomah, (2010). Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Jabatan Fungsional Dosen dengan Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Belajar Mengajar di STIKES Yogyakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Kasihani, N. N. (2017). Analisis Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen Politeknik Kesehatan. Jurnal Kesehatan Manarang, 3(2), 95–101. https://doi.org/10.33490/jkm.v3i2.44

Mahyuni, Karnan, Safruddin, Intiana, S. R. H., & Rispawati. (2020). Strategi Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1), 53–56. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.22

Muslim, A. B., & Candra, B. Y. (2019). Pelatihan Aplikasi Penilaian Angka Kredit Dosen dan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen Dengan Sistem Online Pada STIT Islamic Village dan STES Islamic Village Tangerang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 65–71. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.645

Suib, M. (2011). Kebijakan dan Pengembangan Mutu Dosen. Jurnal Cakrawala Kependidikan 9 (2).

Tim Panitia ad HOC. (2013). Pengembangan Karir Dosen (Naskah Akademik). Institut Pertanian Bogor.

Widawati, L., Styanu, Y., & Nadya, D. (2010). Profil Komitmen Dosen dalam Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. MIMBAR, XXVI (1). 93-104.

Yuniansyah. (2019). Pengembangan Sistem Pemandu Kenaikan Pangkat dan Jabatan Akademik (Studi Kasus di Universitas Internasional Batam). Jurnal Informatika AMIK Lembah Dempo, 8(1). Retrieved from https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/56

Diterbitkan
2021-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 550 times