Penerapan Metode Drill sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas V
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V UPT SDN 1 Kepulauan Selayar. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Hal tersebut dibuktikan sebelum tindakan dilakukan, peserta didik memperoleh nilai persentase 40,0% pada kategori tidak baik. Selanjutnya pada siklus I memperoleh nilai persentase 55,6% dengan kategori kurang baik. Pada siklus II memperoleh nilai persentase 65,0% dengan kategori cukup baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh nilai persentase 81,3% dengan kategori baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, R. (2017). Efektivitas metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa SDIT Bunaya Medan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora. 2(1); 179-186.
Al-Munawwir. (2007). Kamus Versi Indonesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progressif.
As-Syilasyabi, A. Y. (2007). Cara Mudah Membaca Al-Qur’an sesuai Kaidah Tajwid, Yogyakarta: Dasar Ibnu Hamz.
Arifin. (1991). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, & Zain, A. (2006). Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasbullah. (1999). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayah, N. (2011). Pengertian dan Hukum Ilmu Tajwid, diakses tanggal 09 Juni 2011.
Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran pada siswa di kelas IV SD Kaifa Bogor. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.
Maidir, H., dkk. (2007). Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta: Depag Badan Litbang dan Puslitbang.
Manan, A & Lailiyah, H. (2018). Penerapan metode drill sebagai upaya peningkatan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis MI Islamiyah Soko Glagah Lamongan. Akademika. 12(2). 193-202.
Martinis, Y. (2007). Disain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.
Munir, M. (2005). Ilmu dan Seni Qiro’atil Al-Qur’an, Semarang: Binawan.
Musthafa, S., F. (2009). Kurikulum Pendidikan Analk Muslim. Surabaya: Pustaka Elba.
Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa SMP pertiwi medan. MathEducation Nusantara. 1(1); 89-96.
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuah pada topik persamaan garis lurus. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. 1(2). 135-149.
Roestiyah. 2001. Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramayulis. 1994 Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek.(Jakarta: Rineka Cipta, 1998)
Surasman, O. (2002). Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani.
Suryana, T., dkk. (2004). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Tiga Mutiara.
Wardani. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).