Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Materi Aku Anak Saleh melalui Model Discovery Learning bagi Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI pada materi Aku Anak Saleh melalui model discovery learning bagi siswa kelas IV SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Adapun objek penelitian ini yakni peserta didik kelas IV. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari pencatatan laporan dan tes/kuis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan indikasi sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa pada siklus I pertemuan I dan II berada dalam kategori rendah dan sedang skor rata-rata sebesar 63,66 dan 70,0 dari skor ideal 100. (2) Skor rata-rata hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa pada siklus II pertemuan III berada dalam kategori tinggi skor rata-rata sebesar 80,33 dari skor ideal 100.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aliasmin. (2020). Penggunaan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Seluma. Ghaitsa, 1(1). 42-48.
Anita, S, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Annisa, & Sholeha, D., (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education 2(1). 218-225.
Arsyad. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chatib, M. (2010). Sekolahnya Manusia. Bandung: Mizan Media Utama.
Djamarah, B. S. & Aswan, Z. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Rineka Cipta.
Fikriyah, N. (2019). Model Discovery Learning dalam pembelajaran PAI ditinjau dari Qs. Al-an'am ayat 74-79. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hilal, S. (2018). Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran PAI (Studi Multi Situs di SMPI Hasanudin Kesamben dan SMPI Assalam Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.
Ramadhan. T. (2010). http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/ diakses 01 Janauri 2012.
Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sanjaya. (2011). Pengertian, Definisi Hasil Belajar Murid. http://aadesanjaya. blogspot.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html., diakses tanggal 06 Januari 2012.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. http://smacepiring.wordpress.com/ diakses tanggal 30 November 2011.
Sunartombs. (2011). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http://sunartombs. wordpress.com/2011/10/10/faktor-yang- mempengaruhi-hasil-belajar/ diakses tanggal 06 Januari 2012.
Surya, dkk. (2008). Kapita Selekta Kependidikan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Techonly 13. (2009). Pengertian Hasil Belajar. http://techonly13.wordpress. com/2009/07/04/pengertian-hasil-belajar/ diakses tanggal 22 September 2011.
Tim Dosen FIP-IKIP Malang. (1987). Pengantar Dasar-dasar Kepemimpinan. Malang: Team Penilis.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardhani, IGAK, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Widodo, R. (2010). http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-16-talking-stik/ diakses 01 Janauri 2012.
Winataputra, U. S. dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winarti & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2).
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).