Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan serta penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, tahun ajaran 2020/2021 semeseter I. Subjek penelitian adalah peserta didik SD kelas IV SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan yakni peningkatan hasil belajar dari kurang baik menjadi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata pra siklus peserta didik hanya mencapai 63,68, namun setelah penerapan metode make a match dalam tema Aku Anak Shaleh, hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 57 Kaca mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pada siklus 1 adalah 76,84, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai peserta didik menjadi 89,47, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,63.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Fathurrahman, Pupuh, & Sutikno, S. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gagne, R. M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Renehart and Winston.
Kunandar. (2012) . Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).