Sosialisasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Pendekatan Saintifik dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII

  • Fatmariani Fatmariani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ilyas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Scopus ID: 57202603572, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis bagi peserta didik sangat penting diperhatikan agar mampu menyelesaikan soal-soal matematika. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya agar pendekatan agar meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta dididk pada kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar yang terdiri dari 5 kelas, dengan penyebaran yang homogen. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengolahan data dan analisis data adalah statistik deskriptif dan statistk inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji sample t test. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelompok dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta dididk pada kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Sehingga memberikan kontribusi pada sekolah tersebut terkait pendekatan-pendekatan pembelajaran yang mampu menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=o1BIRx4AAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6017029&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. Statistical and Data Analysis. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2015 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) Auladuna : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2018-sekarang
Contact Person: Hp. +6285255759016 email: [email protected]

Referensi

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643

Gani, R. A. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Model Alberta terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Hayati, L., & Mulyani, M. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 44–49. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.998

Heryan, U., & Zamzaili, Z. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.

Hidayat, A. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Prestasi Belajar Kelas IB SD N 1 Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. UIN Sunan Kalijaga.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Cet. I). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Muhajirin, M. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk MeningkatkanKemampuan Berfikir Kretif Siswa SMP. Universitas Muhammadiyyah Surakarta.

Nirmala, B. A. P., Juliangkary, E., & Yuliyanti, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 17 Mataram dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inquiry Pada Pokok Bahasan Segitiga. Media Pendidikan Matematika, 4(2), 54–56. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.370

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1223.

OECD. (2018). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saragih, S. (2017). Developing Learning Model Based on Local Culture and Instrument for Mathematical Higher Order Thinking Ability International Education Studies. Canadian Center of Science, 10(6). https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p114

Shadiq. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Siregar, R. N., Mujib, A., Hasratuddin, & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338

Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjend Dikti Depdiknas.

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Suparman. (2014). Desain Instruksional Modern, Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan (Cet. IV). Jakarta: Erlangga.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Wahyudin. (2008). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57.

Diterbitkan
2022-01-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 129 times