Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar (Tinjauan Psikologi Perkembangan dan Pendidikan)
Abstrak
Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada psikolog dan praktisi pendidikan yang menjadi peserta. Kegiatan penelitian pengabdian oleh APPI Sulawesi dalam bentuk webinar nasional dengan tema “Sudah Siapkah Anakku Masuk Sekolah?” dilakukan secara online dengan menggunakan media zoom meeting. Jumlah peserta sebanyak 80 orang yang berasal dari tingkat pendidikan dan latar belakang pekerjaan/profesi yang berbeda-beda. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengabdian kepada masyarakat ini dinilai sesuai dengan kebutuhan peserta karena sangat dibutuhkan peserta dalam mendeteksi kesiapan anak masuk sekolah dasar. Kesiapan sekolah merupakan kesiapan yang dibutuhkan anak untuk memasuki jenjang sekolah dasar dengan mengacu pada capaian perkembangan yang diperlukan sebagai penunjang keberhasilan anak dalam belajar di sekolah. Capaian yang dimaksud yaitu hal yang berkaitan dengan tingkat perkembangan anak untuk menanggapi tuntutan sekolah melalui aspek perkembangan fisik dan motorik, kognitif, sosial dan emosional. Selain itu, tiga hal utama yang menjadi pertimbangan siap masuk sekolah pada lingkup keluarga diantaranya: value keluarga, kondisi finansial dan karakter anak yang sebagai upaya pemenuhan kebutuhan anak.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Berns, R. M. (2010). Child, Family, School, Community: Socialization And Support. Singapore: Cengage Learning.
Essa, E. (2011). Introduction to Early Childhood Education. Singapore: Cengage Learning.
Boethel. (2004). Readiness: School, Family and Community Connections. http://www.sedl.org/connections/ resources/readiness-synthesis.pdf
Griffiths, G., Oates, B., & Lockyer, M. (2007). Evolving a Facilitation Process towards Student Centred Learning: A Case Study in Computing. Journal of Information Systems Education, 18(4), 459 – 468.
Hairina, Y. (2017). Profil Kesiapan Sekolah Anak Prasekolah Memasuki Sekolah Dasar Berdasarkan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (Nst) (Studi di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, Tahun 2017). Mu’adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak, IV(1), 27–40.
Hendriani, W. (2020). Pertimbangan Psikologis untuk Anak Masuk Sekolah: Tinjauan Psikologi Perkembangan. Materi Webinar. Disampaikan Dalam Webinar Sudah Siapkah Anakku Masuk Sekolah? Yang Dilaksanakan Pada 31 Oktober 2020.
Kompas.com. (2021). Soal Rencana Pembukaan Sekolah Tatap Muka Juli 2021 Ini. Kompas. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/29/080500165/ soal-rencana-pembukaan-sekolah-tatap-muka-juli-2021-ini-kata-idai?page=all.
Lemelin, J. P., Boivin, M., Forget-Dubois, N., Dionne, G., Seguin, J. R., Brendgen, M., Vitaro, F., Tremblay, R. E., & Perusse, D. (2007). The Genetic-Environmental Etiology of Cognitive School Readiness and Later Academic Achievement in Early Childhood. Child Development, 78(6), 1855–1869. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2007.01103.x
Mashburn, A. J., Pianta, R. C., Mashburn, A. J., & Pianta, R. C. (2016). Social Relationships and School Readiness and School Readiness. Early Education and Development, 17(1), 151–176. https://doi.org/10.1207/s15566935eed1701
Morrison, G. S. (2012). Fundamentals of Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Ed.
Nurdin, & Anhusadar, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135.
Pandia, W. S. S. (2020). Pentingkah Anak Sekolah Sedini Mungkin? Materi Webinar. Disampaikan Dalam Webinar Sudah Siapkah Anakku Masuk Sekolah? Yang Dilaksanakan Pada 31 Oktober 2020.
Pandia, W. S. S., Widyawati, Y., Irwan, A. Y. S., Irwanto. (2012). Kesiapan bersekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. faktor-faktor yang memengaruhinya. Smeru Newsletter no. 33, hal. 14 - 23.
Permendikbud PPDB Tahun 2021.
Permendikbud no. 44 tahun 2019.
Rahmawati, A., Tairas, M., & Nawangsari, N. (2018). Profil Kesiapan Sekolah Anak Memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 201–210. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.01
Siagian, G. (2020). Strategi Memilih Sekolah bagi Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Materi Webinar. Disampaikan Dalam Webinar Sudah Siapkah Anakku Masuk Sekolah? Yang Dilaksanakan Pada 31 Oktober 2020.
Snow, K. L. (2010). Early Education and Development Measuring School Readiness : Conceptual and Practical Considerations. Early Education and Development, 17(1), 37–41. https://doi.org/10.1207/s15566935eed1701_2
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).