Merawat Intelektual dan Kekeluargaan di Bumi Masenrempulu Desa Pundilemo

  • Imam Permana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros
    (ID)
  • Edy Setiadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Nur Fira Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursul Hijriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kekeluargaan, Merawat Intelektual

Abstrak

Merawat intelektual dan kekeluargaan di bumi Masenrempulu Desa Pundilemo. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pendampingan, memberdayakan masyarakat dalam implementasi pembinaan keagamaan dan nilai-niai kekeluargaan di  Desa Pundilemo. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 45 hari. Tim pengabdian melaksanakan persiapan kegiatan dalam bentuk tindakan awal, yaitu melakukan pendekatan dengan warga setempat, Aparat desa dan juga melakukan survey selama kurang lebih seminggu sebagai langkah awal untuk menyusun program kerja. Metode yang digunakan dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats). Metode analisis SWOT adalah metode praktis yang digunakan untuk mencari tahu kekuatan, kelemahan, kesempatan dan hambatan dari setiap permasalahan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah berhasil menumbuhkan nilai-nilai intelektual dan kekeluargaan di Desa Pundilemo utamanya di bidang pendidikan, keagamaan, dan kesehatan. Selain itu respon masyarakat juga sangat bagus meskipun implementasi dari program kerja yang masih belum 100% sempurna.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hamalik. O. (2021). Memahami Metode Problem Solving di Organisasi. Retrivied from Memahami Metode Problem Solving di Organisasi - Blog Sodexo

LP2M, Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahasiswa Program S1 (UIN Alauddin, 2021).

Maduwu, B. (2016). “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah.” Warta Darmawangsa, (50).

Malik et. al. (2020). Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah.

Muldi, A. (2017). Model-model Pengembangan Masyarakat.

Nur, F.A. (2022). Analisis SWOT: Faktor, Cara Membuat dan Contohnya. Retrieved from Analisis SWOT: Faktor, Cara Membuat dan Contohnya (koinworks.com)

Soegeng, A.Y. (2017, July). Konsep Pendidikan dan Pengajaran Rangkuman Telaah Kritis Perbedaan, hubungan, dan penerapannya. In Seminar Nasional FIP 2016.

Syamhari & Suryadi, “Pembinaan Keagamaan dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Pujananting,” Penghulu Abdi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)

Syardiansah, “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa,” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam)7, no. 1 (2019): 57.

Ulil et. al., “Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Wujud Pengabdian kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021),” E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, No. 1 (2021).

Umara, E. L. (2021). Pentingnya Menjaga Kesehatan di Musim Pandemi Covid-19. Doi: 10.31219/osf.io/4ghrf

Diterbitkan
2022-07-23
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 113 times