Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikat Gigi pada Peserta Didik Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Khafifa Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf T TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
  • Hamsah TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Menyikat Gigi, Metode Bernyanyi, Service Learning

Abstrak

Pengetahuan tentang menyikat gigi merupakan hal yang penting diketahui anak usia dini, agar mampu menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini. Pengetahuan tentang menyikat gigi mulai dari pentingnya menyikat gigi sampai pada cara melakukan menyikat gigi perlu diajarkan sejak awal yang akan berguna bagi kesehatan gigi dan mulut anak. Oleh karena itu penting dilakukan stimulasi yang tepat salah satunya menggunakan metode bernyanyi agar anak usia 5-6 tahun dapat cepat menyadari pentingnya menyikat gigi dan mengetahui tata cara menyikat gigi yang baik dan benar. Penelitian pengabdian masyarakat  dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal ll Perumnas Cabang Karunrung dengan jumlah partisipan sebanyak 3 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar cheklist dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengabdian menunjukkan peserta didik memiliki pengetahuan menyikat gigi melalui metode bernyanyi. Temuan dalam penelitian pengabdian ini mengimplikasikan bahwa guru dapat menggunakan berbagai metode yang menyenangkan seperti bernyanyi dalam mengajarkan anak tentang menyikat gigi agar anak juga dapat menerapkannya dengan menyenangkan tanpa terpaksa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abadi, P., Wahyu, N. Y., & Suparno. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161

Afiati, R., Adhani, R., Ramadhani, K., & Diana, S. (2017). Hubungan Perilaku Ibu Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Karies Gigi Anak (Tinjauan Berdasarkan Pengetahuan, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Di TK ABA 1 Banjarmasin). Dentino : Jurnal Kedokteran Gigi, 2(1), 56–62. https://doi.org/dx.doi.org/10.20527/dentino.v2i1.2601

Amila, & Hasibuan, E. K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini dalam Perawatan Kesehatan Gigi dan Mulut. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(1), 30–41.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Ardayani, T., & Zandroto, H. T. (2020). Deteksi Dini Pencegahan Karies Gigi pada Anak dengan Cara Sikat Gigi di Paud Balqis, Asifa dan Tadzkiroh di Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 59–67. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.33

Budiarti, S. N. U. R. I. (2021). Meningkatkan Kesehatan Anak Melalui Pembiasaan Sikat Gigi di TK Negeri Pakunden. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 117–123. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.65

Fadlillah, M. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas untuk Anak Usia Dini melalui Metode Bernyanyi. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(2), 11–19.

Femala, D., & Ayatullah, M. I. (2020). Penyuluhan Media Audio Terhadap Pengetahuan dan Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut. Journal of Oral Health, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.29238/ohc.v8i1.615

Harmita, A. A. N. (2020). Pengaruh Penyuluhan Metode Bernyanyi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Prasekolah di Paudini Cendana Rumbai 2020. Universitas Sriwijaya.

Haryanto, R., R., S., Hastuti, P. E., Saepudin, A., Rohmawati, A., Ifolisa, Laila, N., Hijiria, N., Sitompul, H. O., Nurlela, R., Annisa, R., Wulandarai, N. R., Gristine, R., & Wibowo, Y. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar melalui Penyuluhan Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(2), 393–399. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i2.3832

Hasanuddin, H. S. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Usa Pra Sekolah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI. Pusdatin Kemkes. https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/info datin/infodatin-gigi.pdf

Khafifah, N. R. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31219/osf.io/kewy3

Khasanah, N. N., Susanto, H., & Rahayu, W. F. (2019). Gambaran Kesehatan Gigi dan Mulut Serta Perilaku Menggosok Gigi Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 1–8.

Krisnanto, D. P., & Fitriana, B. l. (2021). Perbedaan Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Siswa Kelas V Dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang. Seminar Nasional UNRIYO.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 395–408. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.962

Novianti, R. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019.

Permataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2022). Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini melalui Metode Montessori selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1042

Prajawati, Y. K., Thriharini, M., & Asmoro, C. P. (2014). Meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Melalui Metode Bernyanyi. Pediomaternal Nursing Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.20473/pmnj.v3i1.11755

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2002). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Saputri, D., Novita, C. F., & Zakky, M. (2017). Perbandingan Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Starus Oral Hygine pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan dan Pedesan. Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 2(2), 90–96.

Septiarini, D., Isnanto, & Ulfah, S. F. (2021). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Bernyanyi Terhadap Pengetahuan Tentang Cara Memelihara Kebersihan Gigi dan Mulut di TK Hilma Surabaya. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(2), 386–394. https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.724

Susilawati. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif tentang Penerapan Metode bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Empowerment, 3(2), 141–151. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p141-151.581

Timoneno, A. J., Takaeb, A. E., & Ndun, H. J. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa/I Sekolah Dasar Kelas IV Tentang Cara Menyikat Gigi Yang Benar. CMHK Health Journal, 3(2), 1–5.

Diterbitkan
2022-07-27
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 540 times