Pelatihan Integrasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Mata Kuliah

  • Wiwin Pramita Arif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Mata Kuliah

Abstrak

Pelatihan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah bertujuan memberikan kompetensi tambahan kepada dosen dalam menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Subyek pengabdian adalah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar sebanyak 8 orang peserta dengan perwakilan dari beberapa prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Pelatihan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah ini sangat sesuai dengan Kebutuhan Peserta yaitu dalam hal ini dosen dalam menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan mencakup seluruh isi dari tema pelatihan. Peserta pelatihan memiliki pemahaman dalam mengaplikasikan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah dan tentunya memberikan manfaat yang besar. Pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan sebuah pedoman integrasi penelitian Dan Pkm Dalam Mata kuliah sebagai acuan dosen dalam merencanakan, melaksanakan dan evaluasi proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Damayanti, E., Meizara, E., Dewi, P., Gunawan, A., Ramdhani, P. P., & Halima, A. (2021). Peran Pelatihan Perencanaan Dan Pengelolaan Karir Dan Jabatan Akademik Terhadap Sikap Dosen Dalam Kenaikan Pangkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (KHIDMAH), 1(2), 1–16.

Handayani, R. A. (2018). Kesesuaian Materi Terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Bahasa Arab. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 28. https://doi.org/10.18326/lisania.v2i1.28-43

Handoko. (2020). Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Google Maps, (01), 5730939. Retrieved from https://www.google.com/maps/place/Raden+Fatah+State+Islamic+University/ @-2.9638732,104.7477684,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e3b7526c10127bd:0xe fcf66830567260b!8m2!3d-2.963405!4d104.7491635

Handoyo, E., Putri, N. A., Sosial, F. I., & Semarang, U. N. (2018). Capacity Building Civitas Academika Fis Unnes. Harmony, 3(2), 157–167.

Kadiri, U. (n.d.). Pedoman Pembelajaran Terintegrasi Penelitian dan PkM UNIVERSITAS KADIRI, (1).

Safrika, Lubis, R., & Idris, S. (2018). Jurnal Sains Riset | Volume VIII , Nomor 2 , Desember 2018 40 Jurnal Sains Riset | Volume VIII , Nomor 2 , Desember 2018 41, VIII(Musfah 2012), 40–45.

Hidayat, syarif dkk (2018). Pedoman Integrasi Penelitian Dan Pkm Dalam Proses Pembelajaran STAI Terpadu Yogyakarta. STAI Terpadu Yogyakarta.

Harini, Sitti M. (2020). Pembuatan pedoman integrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran (integrasi tridharma perguruan tinggi) universitas lambung mangkurat. Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Suhaemi (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Pengajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon

Diterbitkan
2022-07-27
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 253 times