Pelatihan Integrasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Mata Kuliah
Abstrak
Pelatihan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah bertujuan memberikan kompetensi tambahan kepada dosen dalam menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Subyek pengabdian adalah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar sebanyak 8 orang peserta dengan perwakilan dari beberapa prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Pelatihan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah ini sangat sesuai dengan Kebutuhan Peserta yaitu dalam hal ini dosen dalam menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan mencakup seluruh isi dari tema pelatihan. Peserta pelatihan memiliki pemahaman dalam mengaplikasikan integrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm)ke mata kuliah dan tentunya memberikan manfaat yang besar. Pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan sebuah pedoman integrasi penelitian Dan Pkm Dalam Mata kuliah sebagai acuan dosen dalam merencanakan, melaksanakan dan evaluasi proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Damayanti, E., Meizara, E., Dewi, P., Gunawan, A., Ramdhani, P. P., & Halima, A. (2021). Peran Pelatihan Perencanaan Dan Pengelolaan Karir Dan Jabatan Akademik Terhadap Sikap Dosen Dalam Kenaikan Pangkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (KHIDMAH), 1(2), 1–16.
Handayani, R. A. (2018). Kesesuaian Materi Terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Bahasa Arab. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 28. https://doi.org/10.18326/lisania.v2i1.28-43
Handoko. (2020). Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Google Maps, (01), 5730939. Retrieved from https://www.google.com/maps/place/Raden+Fatah+State+Islamic+University/ @-2.9638732,104.7477684,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e3b7526c10127bd:0xe fcf66830567260b!8m2!3d-2.963405!4d104.7491635
Handoyo, E., Putri, N. A., Sosial, F. I., & Semarang, U. N. (2018). Capacity Building Civitas Academika Fis Unnes. Harmony, 3(2), 157–167.
Kadiri, U. (n.d.). Pedoman Pembelajaran Terintegrasi Penelitian dan PkM UNIVERSITAS KADIRI, (1).
Safrika, Lubis, R., & Idris, S. (2018). Jurnal Sains Riset | Volume VIII , Nomor 2 , Desember 2018 40 Jurnal Sains Riset | Volume VIII , Nomor 2 , Desember 2018 41, VIII(Musfah 2012), 40–45.
Hidayat, syarif dkk (2018). Pedoman Integrasi Penelitian Dan Pkm Dalam Proses Pembelajaran STAI Terpadu Yogyakarta. STAI Terpadu Yogyakarta.
Harini, Sitti M. (2020). Pembuatan pedoman integrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran (integrasi tridharma perguruan tinggi) universitas lambung mangkurat. Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Suhaemi (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dan Pengajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).