Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Media Pembelajaran Power Point pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

  • Basri Basri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Power Point

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media pembelajaran power point pada peserta didik kelas V SD IT Wihdatul Ummah Kab.Takalar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di SD IT Wihdatul Ummah Kabupaten Takalar dengan jumlah subyek sebanyak 10 peserta didik kelas V. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi motivasi belajar dan lembar observasi media power point. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data observasi motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik  Kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengalami peningkatan dari siklus ke siklus secara signifikan melalui  media power point dalam pembelajaran. Penggunaan media power point dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada siswa kelas V SD IT Wihdatul Ummah Kabupaten Takalar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Achmadi, H., Suharno, & Suryani, N. (2014). Penerapan Model Assure dengan Menggunakan Media Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 35–48.

Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communications Technologies) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika, 7(2), 67–76.

Anas, A. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Pangkep. Universitas Negeri Makassar.

Arjuna, M. A., Alwi, M. I., & Setiawan, H. R. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Power Point dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMP PAB 1 Klumpang. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–16.

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta; Raja GrafindoPersada.

Ayudhityasari, R. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 105–116.

Darmawan. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fitriany, L. (2017). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PAI pada Siswa SMAN 1 Lhoknga. Universitas Islam Negeri Ar Raniry.

Hamzah, K. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Topik Lingkaran Terhadap Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Hendra, M. Y., Utaya, S., & Amirudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Power Point. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Indrawati, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Masa Pandemi Covid-19. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.501

Ismail. (2013). Kurikulum 2013: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Kerangka pegembangan Perangkat Pembelajaran). Jakarta: Tim penelaah buku teks pelajaran PAI dan Budi Pekerti kurikulum.

Keller, J. M. (2016). Motivation, Learning, And Technology: Applying The ARCS-V Motivation Model. Participatory Educational Research, 3(2), 1–13.

Khadijah, S. (2014). Motivasi belajar. UIN Syarif Hidayatullah.

Mahsus. (2021). Penggunaan Media Powerpoint Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Man Bangkalan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mubarak, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Media Powerpoint Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mutmainah, Syarif, C. R., & Yuhana, Y. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jtppm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech And Intructional Research Journal, 5(2).

Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760–2768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.931

Nursyaida, & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 71–76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092

Riyana, I. (2008). Pemanfaatan OHP dan Presentasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (Gp) Press.

Rohendi, T., Syarbini, A., & Asmawati, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jtppm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech And Intructional Research Journal, 3(1).

Sawitri, R. E. (2020). Problem-Based Learning: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Melati. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 173–179.

Supriyatno, Y. J. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Lanjan Kecamatan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Suwartini. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Dengan Powerpoint di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1).

Tseng, H., & Walsh, E. J. (2016). Blended vs. Traditional Course Delivery: Comparing Students’ Motivation, Learning Outcomes, and Preferences. Quarterly Review of Distance Education, 17(1).

Widiasworo, E. (2015). 19 Kiat Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winarsih, T., Purwanti, H., & Hendriyanti, L. M. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Wirausaha Siswa Kelas 6 SD Negeri 1 Bonyokan Melalui Media Power Point dengan Berbantu Aplikasi Google Meet Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimensi Pendidikan, 16(2), 44–56.

Wiyoko, T., H, P. W., & Setiawan, I. (2019). Penerapan Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 238–245. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.121

Diterbitkan
2022-07-16
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 479 times