Penyuluhan Isra’ dan Mi’raj sebagai Upaya Menumbuhkan Kecintaan kepada Rasulullah SAW kepada Anak
Abstrak
Kegiatan Penyuluhan Isra’ Mi’raj merupakan kegiatan berbentuk sosialisasi atau ceramah yang cukup sering ditemui di kalangan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDN 1 Pucanganak dengan peserta antara lain murid atau siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 beserta para guru dan karyawan SD. Metode pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga bagian antara lain tahap observasi, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap observasi merupakan tahapan mengunjungi sekaligus melakukan pengamatan lokasi tujuan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, pada tahap observasi dilakukan proses konsultasi dengan pihak kepala sekolah dan guru terkait mengenai semakin minimnya anak usia dasar mengidolakan Rasulullah SAW. Tahapan setelah observasi adalah pelaksanaan. Tahap pelaksanaan merupakan tahapan inti pada kegiatan penyuluhan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di SDN 1 Pucanganak dengan peserta sejumlah 85 orang siswa mulai kelas 1 sampai kelas 6 SD. Tahapan terakhir adalah evaluasi. Evaluasi dilakukan dalam bentuk umpan balik (feed back) antara pemateri dan partisipan atau siswa. Umpan balik yang diberikan kepada peserta berasal dari materi yang disampaikan oleh narasumber. Umpan balik bertujuan untuk menguji tingkat pemahaman dari para peserta penyuluhan. Dari adanya penyuluhan mengenai Isra’ Mi’raj diharapkan dapat meningkatkan kecintaan seluruh siswa kepada Rasulullah SWA sekaligus dapat menumbuhkan karakter sesuai dengan latar belakang dan perjuangan Rasulullah SAW.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anisa, A., Sari, Y., Nur’aini, R. D., Aqli, W., & Afgani, J. J. (2022). Penyuluhan Arsitektur Ramah Usia bagi Komunitas Ibu Hebat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 4(1), 43–48.
Annur, S., Khairunnisa, A., Wachyudianta, B., Divy, E. O., Khumaidi, I., Oktarina, W., Astuti, S. W., Muhtadi, M., Lusitania, N., & Astri, A. (2023). REFLEKSI KISAH ISRA MI’RAJ DALAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT DI MASJID NURUL HIDAYAH LUBUK LINGGAU. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1186–1190.
Celina, F. M., & Suprapto, N. (2020). Study of relativity theory of Einstein: The story of Ashabul Kahf and Isra’Mi’raj. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(3), 118–126.
Gamar, M. M. (2022). Penyuluhan Keagamaan bagi Mahasiswa Sulawesi Tengah pada Peringatan Isra Mi’raj di Masa Pandemi Covid 19. Abdi Sosial: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 66–75.
Hidayatullah, H. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Siswa SMP Sultan Agung Seyegan Melalui Peringatan Isra’Mi’raj. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 373–381.
Hidayatullah, M. R., Saputra, S. Y., & Anam, K. (2022). Pelatihan Manajemen Referensi “Mendeley” pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 24–27.
Ibrahim, I., Burhanuddin, B., Saleh, M., Sobry, M., Syafruddin, A., & Salahuddin, S. (2022). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MELALUI BUDIDAYA IKAN NILA MELALUI EKSTENSIF PLUS MASA PANDEMI COVID-19 DI PAGESANGAN KOTA MATARAM. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(1), 1–6.
Istiqomah, H., & Sholeh, M. I. (2020). The Concept of Buraq in the Events of Isra’Mi’raj: Literature and Physics Perspective. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5.
Marwan, I., & Taufiq, W. (2019). The Study of Narrative Semiotics in the Story of Isra Mi’Raj. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 18(1), 58–67.
Miswari, M., & Fahmi, D. (2019). Historitas dan rasionalitas Isra’Mi’raj. At-Tafkir, 12(2), 152–167.
Nasution, A. G. J., Siregar, H. D., Siregar, N. H., & Berutu, N. A. (2022). NARASI PERISTIWA ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW PADA BUKU SKI DI MI. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 175–183.
Putra, D., & Hamid, A. (2021). the Partice of the Isra’Mi’Raj Value of the Mandailing Natal Community. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 20(2), 243–268.
Ramadhan, R. F., & Amalia, L. F. (2023). Pembekalan dan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Generasi Z di Era 5.0. Journal of Research Applications in Community Service, 2(2), 59–65.
Sasi, G. A., & Rayanti, R. E. (2022). Remembering the Disaster: Isra Miraj Commemoration at the Telomoyo Slope Inscription Site during COVID-19 Pandemic. Islah: Journal of Islamic Literature and History, 3(1), 1–16.
Willyansah, W., Zulafwan, Z., Suwarti, S., Wulandari, D., Hafsah, H., Aziz, S., & Syahrul, S. (2022). Memaknai nilai Isra’dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW bersama Jamaah Masjid Raya Irham Pekanbaru. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 2(1), 67–75.
Zakaria, A. (2019). Isra Mi’raj Sebagai Perjalanan Religi: Studi Analisis Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Menurut Al Qur’an Dan Hadits. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(01), 99–112.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).