Pembinaan Public Speaking di Desa Samaturue

  • Wardayanti Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Irmayanti Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID) https://orcid.org/0000-0001-8045-0607
  • Muh. Judrah Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Mustamir Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Pembinaan, Public Speaking

Abstrak

Teknik penyampain pesan atau public speaking adalah keterampilan yang selalu menjadi pusat perhatian. Secara keilmuan, public speaking termasuk dalam kategori ilmu komunikasi adalah hal yag mutlak. Kemampuan public speaking harus dimiliki oleh seorang pendidik. Seorang public speaker dituntut untuk mampu membawa pengaruh atau meyakinkan pendengarnya melalui kata-kata yang keluar dari mulutnya. Untuk itu, diperlukan latihan untuk mengasah keterampilan berbicara pada setiap orang, mengingat bukan hanya pendidik yang memerlukan public speaking yang baik dan benar. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar tenaga pendidik dan pengurus karang taruna yang ada di Desa Samaturue mampu memahami tehnik public speaking atau berbicara di depan umum dengan lebih percaya diri, lebih berani tampil dan mengemukakan pendapat, selain itu terkhusus pendidik di Desa Samaturue dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dalam suasana belajar mengajar. Ada beberapa tahapan yaitu sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Adapaun hasil pembinaan yang telah dilaksanakan juga diharapkan terlaksana lebih lanjut ke depannya melihat antusias dan umpan balik masyarakat di Desa Samaturue kepada pemateri dalam kegiatan ini.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agusriani, A., Sumiati, S., Ismail, W., Nurhayati, A., & Rachmatiah, S. (2022). Penggunaan Alat Peraga Dalam Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 141–150.

Anggriani, D., Halima, N. W., Azka, K. F. L., & Nanda Saputra Umara. (2022). Mengembangkan Keterampilan Berbicara dan RasaPercaya Diri Melalui Public Speaking Bagi Anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. Pengabdian Masyarakat.

Arfan, A., Permata, S., & Irmayanti, I. (2022). Pembinaan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Pada Siswa di Desa Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Madaniya, 3(3), 567–572.

Ekwina Anggaini Putri. (2018). Pentingnya Keterampilan Public Speaking Bagi Sekertaris. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitri Sona Purnama. (2022). Pengaruh Kemampuan Public Speaking Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMK Nasional Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Lasmery RM Girsang. (2018). Public Speaking Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2, 82.

Maria Rahayu Anwar. (2019). Guru PAUD dan Kemampuan Public Speaking di Era MEA. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2.

Nara Setya Wiratama. (2021). Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17.

Ongky Hojanto. (2013). Public speaking mastery : 16 rahasia meningkatkan kekayaan dan melejitkan karier dengan teknik public speaking (rev). Gramedia Pustaka Utama.

Siti Maesaroh. (2014). Urgensi Public Speaking Terhadap Kinerja Guru. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tarsinih, E., & Imas Juida. (2021). Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Literasi, 5.

Diterbitkan
2023-07-31
Bagian
Vol. 3 No. 2
Abstrak viewed = 81 times