Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan
Abstrak
Pecahan yang merupakan salah satu materi matematika pada jenjang Sekolah Dasar. Matematika masih menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa, khususnya pada operasi penjumlahan pecahan. Oleh karena itu, sebagian orang tua memilih jalan mendatangkan guru privat untuk membantu anaknya memahami matematika. Pengabdian ini adalah pendampingan pembelajaran bagi siswa di kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk melatih siswa menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan melalui media kartu pecahan. Pengabdian ini dilakukan oleh beberapa dosen Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar sebanyak 7 kali pertemuan, dengan membuat media kartu pecahan untuk membantu siswa memahami konsep pecahan, khususnya pada operasi penjumlahan pecahan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, para siswa dapat menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan. Temuan lain dari pengabdian ini yaitu masih ada siswa yang belum menguasai operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat, sehingga kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Cahyani, Y., Rasyid, M. R., Nur, F., & Sulasteri, S. (2019). Efektivitas Media Blok Pecahan dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10969
Fauziah, I. B., Sukarno, & Sriyanto, M. I. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v9i1.49891
Halawati, & Ranti, M. G. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VB SDN INDRASARI 2 MARTAPURA MELALUI LATIHAN BERJENJANG. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i1.911
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 223–231. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
Ismunandar, D., Rosyadi, Nandang, & Aziz, K. (2020). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi Pecahan di Desa Lajer Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. ABDI WIRALODRA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/abdi.v2i1.24
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1–12. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31949/th.v2i2.699
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603
Kotib, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Pecahan Sederhana melalui Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas VI SDN Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019. PROGRESSA Journal of Islamic Religious Instruction, 4(1), 51–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32616/pgr.v4.1.207.51-68
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBPLK Semarang. Jurnal E-Plus, 4(2), 121–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7307
Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Nurrahmah, A., Hikmah, N., & Kusumawardani, R. (2018). PENERAPAN ALAT PERAGA PAPAN AJAIB UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 124–134. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.970
Rahmawati. (2017). DESAIN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN TIMBANGAN SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 57–67. https://media.neliti.com/media/publications/123217-ID-timbangan-pada-pembelajaran-operasi-peca.pdf
Rohmah, S. K. (2019). ANALISIS LEARNING OBSTACLES SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7
Sao, S., Mei, A., Ningsih, Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. (2021). BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193–201. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031
Siegler, R. S., Fazio, L. K., Bailey, D. H., & Zhou, X. (2013). Fractions: The new frontier for theories of numerical development. Trends in Cognitive Sciences, 17(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tics.2012.11.004
Suarjana, I. M., Parmiti, D. P., & Safitri, P. E. A. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417
Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2021). Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Religiusitas dan Hasil Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).