Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro’ untuk Mengurangi Angka Buta Huruf Al-Qur’an

  • Rappe Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Munawwir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mappasiara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erlangga Syarifuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hasriati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Learning how to read the Qur’an, Iqro Method Qur’an illiteracy

Abstrak

Masyarakat adalah pelopor, penentu kemajuan, dan kesejahteraan suatu negara dan bangsa. Oleh karena itu, pemerintah suatu negara harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat, terlebih lagi para generasi muda yang baru tumbuh di kalangan masyarakat. Para generasi muda inilah yang akan menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan nanti, karena pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan. Negara kita yaitu Indonesia memiliki berbagai banyak keberagaman agama, budaya, dan lain sebagainya. Indonesia juga merupakan negara yang agamis, dapat terlihat di dalam ideologi bangsa yaitu Pancasila. Sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” namun, masyarakat bangsa Indonesia mayoritas penganut agama Islam tidak dapat membaca al-Qur’an, atau dengan kata lain mereka buta huruf al-Qur’an. Sebanyak 65% dari 223 juta umat Islam tidak mampu membaca al-Qur’an, dan ini merupakan masalah serius bagi umat Islam di Indonesia. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pembinaan serta pembelajaran pada anak-anak generasi bangsa untuk membaca al-Qur’an dengan baik dan sesuai dengan ilmu tajwid. Penggunaan metode Iqro’ mengacu pada pola pendidikan “Child Centered” memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai kemampuan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an serta mengurangi angka buta huruf di Indonesia terutama di kelurahan Matangnga, kabupaten Polewali Mandar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Badruzzaman, M. Yunus, & Eni Z., (2019). Strategi pengentasan buta huruf Alqur’an di kalangan pelajar. Cirebon: LP2I IAI Bungan Bangsa Cirebon.

Febri N., Rini, Ratnawati. (2021). Strategi murabbi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an mahasantri, 4(1), 78-89.

Gusman, (2017). Analisis faktor penyebab kurangnya mahasiswa dalam baca tulis Al-Qur’an di MTsN Kedurang Bengkulu Selatan, 2(2), 231-238.

https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an

Iswandi. (2023). Buta huruf Al-Qur’an masih menimpa banyak umat Islam. UPT Perpustakaan Universitas Bung Hatta, https://pustaka.bunghatta.ac.id/index.php/457-buta-huruf-al-quran-masih-menimpa-banyak-umat-islam

Muhammad Y., Ade J., (2016). Studi Al-Qur’an. Pekanbaru: CV. Asa Riau.

Nur’ani A., Hamdan J., Muh. Wayong, Ulfiani R. (2021). Peranan Orang tua dalam menumbuhkan minat membaca al_Qur’an anak di kota Makassar, 6(1).

Oon S. (2020). Studi komparatif pelaksanaan bimbingan baca tulis al-Qur’an melalui metode Ummi dan metode Iqro’ di sekolah menengah kejuruan Cendekia Utama, 2(2), 203-225. Doi: https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.27

Suparno, Sapto, P., Septha, S., Samuel. (2017). Implementasi nilai-nilai Pancasila pada sila pertama dala kehidupan masyarakat diDesa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang, 6(2), 153-163.

Siti A. (2020). Peranan pemerintah dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an, 3(2), 273-288.

Siti N., A. Sobandi. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa, 1(1), 128-135.

Suwendi, (2016). Relasi agama dan negara, direktorat pendidikan diniyah dan pondok pesantren kementrian agama RI.

Suci A., Hemawati, Nurhasanah, (2023). Pengaruh penggunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di TPQ Aisyiyah Binjay, 4(1), 32-54.

Via N.A. (2023). Metode Iqro’ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini, 2(1), 91-101.

Zulfitria, Zeinal A. (2018). Penerapan metode iqro sebagai kemampuan dasar membaca Al-qur’an di TK Hiama Kids, 57-66.

Diterbitkan
2023-07-30
Bagian
Vol. 3 No. 2
Abstrak viewed = 115 times