Pendampingan dan Pelatihan Menghafal Al-Qur’an untuk Mengembangkan Program Tahfiz di Pesantren Sultan Hasanuddin, Gowa
Abstrak
Masyarakat di Indonesia mayoritas beragama Islam, dengan al-Qur’an dan al-Sunnah sebagai pedoman mereka. Dewasa ini kegiatan menghafal al-Qur’an dan para penghafal al-Qur’an di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Pengabdian ini dilakukan untuk melakukan pendampingan dan pelatihan menghafal al-Qur’an kepada santri-santri yang mengikuti program tahfiz di Pesantren Sultan Hasanuddin agar para santri mampu menghafal al-Qur'an. Pesantren Sultan Hasanuddin sebenarnya bukan sebuah Pesantren Tahfidz al-Qur’an, tapi keinginan dari para santri dan orang tua mereka sehingga muncullah program tahfiz yang masih baru ini di lingkungan Pesantren Sultan Hasanuddin sebagai respon positif dari pihak pesantren bagi para orang tua dan santri-santri yang ingin menghafal al-Qur’an. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pendampingan dan pelatihan kepada santri yang mengikuti program tahfiz yang selama ini terhenti akibat tidak adanya pembina yang bertanggung jawab atas program tersebut. Setelah dilakukan pengabdian, santri-santri yang mengikuti program tahfiz memiliki minat yang sangat tinggi untuk menghafal al-Qur'an. Hal ini menunjukkan bahwasanya program tahfiz tersebut perlu dikembangkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Qur'an al-Karim
Abdul K.H., ani S., Mahdi, (2021). Implementasi metode menghapal al-Qur'an melalui metode Takrir di Pondok Pesantren. 4(1), 29-34.
Doni S., (2021). Implementasia metode Tasmi' dan Takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur'an santri. 2(4), 161-182.
Dwi Ika M., M. Misbah, (2022). Metode Tikrar dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an al-Karim Baturaden. 8(2), 1332-1338. Doi: 10.36312/jime.v8i2.3070/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Damis, Ahmad S.H.G., (2020). Penerapan metode tahsin bin-nadhar dan tahfidz bil-ghoib terhadap peningkatan hafalan santri. 2(1), 106-119.
Galuh M.A., Iwan, Darrotul J., (2021). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an siswa dalam program tahfidz al-Qur’an pada masa pandemi Covid-19 di MTs Assalafiyah Sitanggal Kabupaten Brebes. 12(2).
Isnawardatul B., (2022). Fungsi metode terhadap pencapaian tujuan dalam komponen pembelajaran. 12(1), 143-159.
Iqlima Z., (2017). Pembelajaran tahfizh al-Qur'an pesantren Nurul Huda Mergosono Malang. 5(1), 53-66.
Keswara, (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (menghafal al-Qur’an) di Pondok Pesantren AL Husain Magelang, 6(2), 62-73.
Lu’ Ailu’ L., Ahmad S., (2022). Implementasi meode Sima’I pada program tahfiz al-Qur’an. 7(1), 34-58. Doi: 10.32505/azkiya/ V7i1.3620
Mahmud A.D., (2016). Keutamaan-Keutamaan al-Qur’an. Alukah.
M. Ilyas, (2020). Metode Muroja’ah dalam Menjaga Hafalan al-Qur’an, 5(1), 1-24.
M. Roihan D., (2017). Studi pendekatan al-Qur'an. 1(1), 31-45.
Mughni N., (2018). Implementasi metode Takrir dalam menghafalkan al-Qur'an bagi santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. 8(3), 333-342.
Muhammad Y., Ade J., (2016). Studi Al-Qur’an. Pekanbaru: CV. Asa Riau.
Mutammimul U., Risawandi, Rosdian, (2019). Sistem pengenalan dan penerjemahan al-Qur'an surah al-Waqi'ah melalui suara menggunakan Transformasi Sumudu. 11(1), 104-113. Doi: https://doi.org/10.29103//techsi.v11i1.1294
Rosanti, Purwanti, Luhur W., (2022). Studi tentang stres akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak. 11(9), 1576-1583.
Shinta U.R., Partono, (2022). Penerapan metode Tasmi’ dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur;an di Pondok Pesantren Putri tahfidz al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. 3(2), 133-144.
Suwendi, (2016). Relasi Agama dan Negara, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI.
Syarifuddin, (2021). Peran guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan santriwati di asrama utama putri al-Azizah Kapek Gunungsari Lombok Barat tahun 2021. 2(2), 39-53.
Syahratul M., (2019). Strategi tahfidz al-Qur'an mu'allimin dan mu'allimat Nahdhatul Wathan. 4(1), 1-17.
Yusron M., (2018). Implikasi psikologis bagi penghafal al-Qur'an. 18(1), 18-35.
Tri R, (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. 11(1), 33-41.
Zheihan A.A., Ajat R., Undang R.W., (2022). Pengaruh metode Talaqqi terhadap peningkatan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik kelas al-Qur'an TPQ Darussalam. 5(1), 282-301.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).