Pendampingan dan Pelatihan Menghafal Al-Qur’an untuk Mengembangkan Program Tahfiz di Pesantren Sultan Hasanuddin, Gowa

  • Azizul Hakim (SINTA ID : 6773166) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sabaruddin Garancang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erlangga Syarifuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Ahmad Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: program tahfiz, pelatihan menghafal al-Qur'an

Abstrak

Masyarakat di Indonesia mayoritas beragama Islam, dengan al-Qur’an dan al-Sunnah sebagai pedoman mereka. Dewasa ini kegiatan menghafal al-Qur’an dan para penghafal al-Qur’an di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Pengabdian ini dilakukan untuk melakukan pendampingan dan pelatihan menghafal al-Qur’an kepada santri-santri yang mengikuti program tahfiz di Pesantren Sultan Hasanuddin agar para santri mampu menghafal al-Qur'an. Pesantren Sultan Hasanuddin sebenarnya bukan sebuah Pesantren Tahfidz al-Qur’an, tapi keinginan dari para santri dan orang tua mereka sehingga muncullah program tahfiz yang masih baru ini di lingkungan Pesantren Sultan Hasanuddin sebagai respon positif dari pihak pesantren bagi para orang tua dan santri-santri yang ingin menghafal al-Qur’an. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pendampingan dan pelatihan kepada santri yang mengikuti program tahfiz yang selama ini terhenti akibat tidak adanya pembina yang bertanggung jawab atas program tersebut. Setelah dilakukan pengabdian, santri-santri yang mengikuti program tahfiz memiliki minat yang sangat tinggi untuk menghafal al-Qur'an. Hal ini menunjukkan bahwasanya program tahfiz tersebut perlu dikembangkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Qur'an al-Karim

Abdul K.H., ani S., Mahdi, (2021). Implementasi metode menghapal al-Qur'an melalui metode Takrir di Pondok Pesantren. 4(1), 29-34.

Doni S., (2021). Implementasia metode Tasmi' dan Takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur'an santri. 2(4), 161-182.

Dwi Ika M., M. Misbah, (2022). Metode Tikrar dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an al-Karim Baturaden. 8(2), 1332-1338. Doi: 10.36312/jime.v8i2.3070/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Damis, Ahmad S.H.G., (2020). Penerapan metode tahsin bin-nadhar dan tahfidz bil-ghoib terhadap peningkatan hafalan santri. 2(1), 106-119.

Galuh M.A., Iwan, Darrotul J., (2021). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an siswa dalam program tahfidz al-Qur’an pada masa pandemi Covid-19 di MTs Assalafiyah Sitanggal Kabupaten Brebes. 12(2).

https://Indonesia.go.id

Isnawardatul B., (2022). Fungsi metode terhadap pencapaian tujuan dalam komponen pembelajaran. 12(1), 143-159.

Iqlima Z., (2017). Pembelajaran tahfizh al-Qur'an pesantren Nurul Huda Mergosono Malang. 5(1), 53-66.

Keswara, (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (menghafal al-Qur’an) di Pondok Pesantren AL Husain Magelang, 6(2), 62-73.

Lu’ Ailu’ L., Ahmad S., (2022). Implementasi meode Sima’I pada program tahfiz al-Qur’an. 7(1), 34-58. Doi: 10.32505/azkiya/ V7i1.3620

Mahmud A.D., (2016). Keutamaan-Keutamaan al-Qur’an. Alukah.

M. Ilyas, (2020). Metode Muroja’ah dalam Menjaga Hafalan al-Qur’an, 5(1), 1-24.

M. Roihan D., (2017). Studi pendekatan al-Qur'an. 1(1), 31-45.

Mughni N., (2018). Implementasi metode Takrir dalam menghafalkan al-Qur'an bagi santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. 8(3), 333-342.

Muhammad Y., Ade J., (2016). Studi Al-Qur’an. Pekanbaru: CV. Asa Riau.

Mutammimul U., Risawandi, Rosdian, (2019). Sistem pengenalan dan penerjemahan al-Qur'an surah al-Waqi'ah melalui suara menggunakan Transformasi Sumudu. 11(1), 104-113. Doi: https://doi.org/10.29103//techsi.v11i1.1294

Rosanti, Purwanti, Luhur W., (2022). Studi tentang stres akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak. 11(9), 1576-1583.

Shinta U.R., Partono, (2022). Penerapan metode Tasmi’ dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur;an di Pondok Pesantren Putri tahfidz al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. 3(2), 133-144.

Suwendi, (2016). Relasi Agama dan Negara, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI.

Syarifuddin, (2021). Peran guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan santriwati di asrama utama putri al-Azizah Kapek Gunungsari Lombok Barat tahun 2021. 2(2), 39-53.

Syahratul M., (2019). Strategi tahfidz al-Qur'an mu'allimin dan mu'allimat Nahdhatul Wathan. 4(1), 1-17.

Yusron M., (2018). Implikasi psikologis bagi penghafal al-Qur'an. 18(1), 18-35.

Tri R, (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran. 11(1), 33-41.

Zheihan A.A., Ajat R., Undang R.W., (2022). Pengaruh metode Talaqqi terhadap peningkatan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik kelas al-Qur'an TPQ Darussalam. 5(1), 282-301.

Diterbitkan
2023-07-31
Bagian
Vol. 3 No. 2
Abstrak viewed = 173 times