Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Memahami Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Geogebra
Abstrak
Pendampingan belajar dengan bantuan Geogebra merupakan langkah yang positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi grafik fungsi kuadrat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar peserta didik mampu belajar secara mandiri dengan memanfaatkan Geogebra sebagai media dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap grafik fungsi kuadrat. Metode yang digunakan adalah pendampingan belajar dengan pendekatan edukatif dalam memahami materi fungsi kuadrat berbantuan Geogebra, terutama subtopik mengeksplorasi karakteristik grafik fungsi kuadrat. Pelaksanaannya dilakukan secara offline selama 3 jam. Tahapan pendampingan belajar melalui 7 tahapan, mulai dari tahapan perencanaan, pre test, demonstrasi, simulasi (post test), dokumentasi, penggunaan Geogebra, dan evaluasi. Hasil pretest menunjukkan rata-rata 79 sedangkan hasil post test peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 85. Pendampingan belajar ini menunjukkan peningkatan dalam pemahaman peserta didik terhadap konsep grafik fungsi kuadrat. Sebagai evaluasi, hasil kuesioner kemandirian belajar menunjukkan 77% peserta didik memiliki inisiatif belajar. Dengan memahami tingkat kemandirian belajar individu, pendamping dapat menyesuaikan metode, teknik, atau pendekatan yang tepat untuk mendukung mereka agar dapat belajar secara mandiri dengan lebih baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, H. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4776
Erlinawati, C. E. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 53–57.
Fatmawati, & Yusrizal. (2020). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 4(4), 8150–8154. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2733/pdf
Fattah, B., Zawawi, I., & Midjan, M. (2018). Representasi Matematis Peserta Didik Menurut Pandangan Bruner Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24(2), 123. https://doi.org/10.30587/didaktika.v24i2.333
Febriyanti, I., Purnama Sari, P., & Rahma Yuniarti P, T. (2023). Rezeki dalam Al-Qur’an (Analisis Perbandingan Tafsir Al-Qurṭubĭ dan Tafsir Al-Azhar). REVELATIA Jurnal Ilmu Al-Qur`an Dan Tafsir, 4(1), 27–40. https://doi.org/10.19105/revelatia.v4i1.8713
Fitrah, A., Mania, S., Sulasteri, S., Suharti, & Baharuddin. (2021). Pendampingan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xi Mts Madani Alauddin Pao-Pao Melalui Penerapan Model Project Based Learning Assistance In Improving Of Mathematics Learning Outcomes Students Of Grade Xi Mts Madani Alauddin Pao-Pao T. Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 17–29.
Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 33–40.
Hamidah, N., Afidah, I. N., Setyowati, L. W., Sutini, S., & Junaedi, J. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15–24. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.2
Handayani, L. (2021). Pemanfaatan Software Geogebra Melalui Plikasi Android Pada Materi Persamaan Kuadrat. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 164–169. https://doi.org/10.51878/science.v1i2.419
Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612–620. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662
He, X., & Lu, J. (2023). Modeling planar response of vascular tissues using quadratic functions of effective strain. International Journal for Numerical Methods in Biomedical Engineering, 39(4), 1–17. https://doi.org/10.1002/cnm.3653
Heswari, S. (2023). Graphmatica Pada Materi Fungsi Kuadrat. 10(3), 143–150. file:///C:/Users/Acer/Documents/kty/kkkkkkkttttttyyyyyyy/3.Sonyaheswari.pdf
Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112
Komariah, S. S., & Nuruddin, M. (2023). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 3549–3557. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2273
Lusita, S, Hasanah, N. (2023). Pendidikan Matematika: Urgensi Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Mandiri. Dikmat: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 1–4.
Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731
Ng, A. P., & Rosli, R. (2023). Systematic Literature Review: The Use of GeoGebra Software in Geometry Learning: Sorotan Literatur Bersistematik: Penggunaan Perisian GeoGebra dalam …. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 13(1), 64–78. https://ojs.upsi.edu.my/index.php/JPSMM/article/view/7624
Pradnyana, M., & Pradnyana, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fase E Perhotelan 4 SMK Negeri 1 Sukasada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 101–109. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/3178
Prasetia, I., Sadikin, A., Sidabutar, T., Banurea, T., & Nasution, A. (2023). Keterkaitan Pengembangan Kurikulum dengan Kurikulum Sekarang. 4(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13612
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Salsabilah, S. A., & Rahaju, E. B. (2022). Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat. MATHEdunesa, 11(3), 924–937. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p924-937
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351
Siregar. (2017). Efektivitas Penggunaan Simulasi Geogebra pada Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat. Edumatica, 07(April), 11–20.
Siregar, R. F., Hafiz, M., & Anisa, Y. (2023). Pendampingan Pelatihan Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Olimpiade di Sekolah Dasar ( SD ) Darussalam. 2(3), 439–447.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).