Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks

  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Badaruddin Amin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Fatmah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azmin D Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: HOTS, Matriks, Pendampingan Belajar

Abstrak

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan analisis, evaluasi, dan mencipta. Sejalan dengan penerapan kurikulum yang menekankan pada pengembangan HOTS, masih terdapat kendala dalam kemampuan peserta didik menghadapi soal HOTS, khususnya pada materi matriks. Beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep matriks secara analitis dan kritis dalam menyelesaikan soal-soal yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Pengabdian ini adalah pendampingan peserta didik kelas XI Paket 9 MAN 2 Kota Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan interaktif dan berbasis latihan praktis terkait soal HOTS. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilakukan melalui tes hasil belajar yang mencakup soal HOTS dan angket respons peserta didik. Berdasarkan analisis tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 58,68 dengan kategori sedang. Adapun hasil analisis respons peserta didik diperoleh persentase respons sebesar 91,11 dengan kategori sangat positif. Hasil evaluasi ini mengindikasikan bahwa pendampingan belajar dalam menyelesaikan soal HOTS sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

Referensi

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.

Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344

Damayanti, S. Y., & Senjayawati, E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA dalam Memecahkan Permasalahan Soal pada Materi Matriks Ditinjau dari Teori Kastolan. 6(5), 1973–1982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20101

Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2404

Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Membuktikan Luas Lingkaran Dengan Pendekatan Luas Bangun Datar Lainnya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 385–395. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4047

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatera Barat). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2631–2640. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674

Novianti, N., Khaulah, S., Nuri, B., Safitri, F., & Marnita, M. (2022). Pelatihan Penyelesaian Soal Matematika SD Berbasis Literasi dan Numerasi di Desa Bandar Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1718

Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Andi Mattoliang, L., & A. Sriyanti. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778

Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Matriks. Adiba: Journal of Education, 2(2), 282–291.

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923

Ramadhani, F., & Saraswati, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 1 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.580

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Tresnaningsih, S., Prastiti, T. D., Mairing, J. P., & Sulistyono. (2022). Pendampingan Guru Dalam Mengembangkan Tes HOTS pada Mata Pelajaran Matematika SD. 4–9.

Verawati, N. N. S. P., Sahidu, H., Gunawan, G., Busyairi, A., & Ardhuha, J. (2020). Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Fisika Berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.78

Wahyudi, B., Mardliyah, S., & Priatna, N. (2023). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Matriks Berdasarkan Skema Fong. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 355–368. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1716

Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2020). Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 68–78. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2253

Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 104 times