Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks
Abstrak
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan analisis, evaluasi, dan mencipta. Sejalan dengan penerapan kurikulum yang menekankan pada pengembangan HOTS, masih terdapat kendala dalam kemampuan peserta didik menghadapi soal HOTS, khususnya pada materi matriks. Beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep matriks secara analitis dan kritis dalam menyelesaikan soal-soal yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Pengabdian ini adalah pendampingan peserta didik kelas XI Paket 9 MAN 2 Kota Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan interaktif dan berbasis latihan praktis terkait soal HOTS. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilakukan melalui tes hasil belajar yang mencakup soal HOTS dan angket respons peserta didik. Berdasarkan analisis tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 58,68 dengan kategori sedang. Adapun hasil analisis respons peserta didik diperoleh persentase respons sebesar 91,11 dengan kategori sangat positif. Hasil evaluasi ini mengindikasikan bahwa pendampingan belajar dalam menyelesaikan soal HOTS sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344
Damayanti, S. Y., & Senjayawati, E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA dalam Memecahkan Permasalahan Soal pada Materi Matriks Ditinjau dari Teori Kastolan. 6(5), 1973–1982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20101
Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2404
Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Membuktikan Luas Lingkaran Dengan Pendekatan Luas Bangun Datar Lainnya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 385–395. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4047
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatera Barat). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2631–2640. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674
Novianti, N., Khaulah, S., Nuri, B., Safitri, F., & Marnita, M. (2022). Pelatihan Penyelesaian Soal Matematika SD Berbasis Literasi dan Numerasi di Desa Bandar Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1718
Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Andi Mattoliang, L., & A. Sriyanti. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778
Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Matriks. Adiba: Journal of Education, 2(2), 282–291.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635
Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
Ramadhani, F., & Saraswati, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 1 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.580
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Tresnaningsih, S., Prastiti, T. D., Mairing, J. P., & Sulistyono. (2022). Pendampingan Guru Dalam Mengembangkan Tes HOTS pada Mata Pelajaran Matematika SD. 4–9.
Verawati, N. N. S. P., Sahidu, H., Gunawan, G., Busyairi, A., & Ardhuha, J. (2020). Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Fisika Berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.78
Wahyudi, B., Mardliyah, S., & Priatna, N. (2023). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Matriks Berdasarkan Skema Fong. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 355–368. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1716
Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2020). Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 68–78. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2253
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).