Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Polinomial
Abstrak
Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan tahap analisis, evaluasi, dan mencipta merupakan tahapan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS). Implementasi kurikulum menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir HOTS. Beberapa kendala yang ditemukan diantaranya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal dengan tipe HOTS termasuk pada materi polinomial. Terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan polinomial secara konseptual dengan analisa dan kritis dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan suatu pemikiran tingkat tinggi. Pengabdian yang dilaksanakan berupa pendampingan kepada peserta didik kelas XI Paket 8 MAN 2 Kota Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi polinomial. Pengabdian dilaksanakan dengan pendekatan yang interaktif dan berbasis latihan-latihan yang praktis terkait soal HOTS. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilaksanakan melalui tes hasil belajar yang mencakup soal HOTS dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa nilai rata-rata peserta didik sebesar 78,8 dengan kategori sedang. Adapun hasil analisis respons peserta didik diperoleh persentase respons sebesar 80,53 dengan kategori positif. Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa pendampingan berbasis latihan praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik pada materi polinomial. Dengan demikian, kegiatan pengabdian berupa pendampingan dalam menyelesaikan soal HOTS layak untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adharini, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dengan Pendekatan Open-Endeed Pada Materi Polinomial. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i1.365
Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk Sma Kelas Xi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/813
Aristiyo, D. N., Triastuti, I. Y., & Fasha, E. F. (2021). Pengembangan Instrumen Soal Hots Matematika Tingkat Sma/Smk Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Matematis. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1262
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, Murtiyasa, B., & Sumardi. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660
Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2404
Fajri, H. N., Purwanto, A., & Utomo, E. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9506
Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan Kemampuan Hots Siswa Berdasarkan Standar Pisa Dan Timss Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatera Barat). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2631–2640.
Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674
Mujito. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Polinomial Melalui Penerapan Pembelajaran KOOPERATIF JIGSAW. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 7(2), 152–161.
Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4854
Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Andi Mattoliang, L., & A. Sriyanti. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778
Oktaviani, R. (2020). Mistake Analysis of Ma Students Solve Math Mathematics on Polynomial Materials. Journal Of Educational Experts (JEE), 3(1), 25. https://doi.org/10.30740/jee.v3i1p25-30
Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Vania, A. S., Sabilla, A., Hakim, A. N., Sudrajat, V. H., & Sianturi, Y. R. (2022). Revitalisasi Pembelajaran Berbasis HOTS di Abad 21. Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2066–2070.
Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/618
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).