Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Polinomial

  • Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-2741-4978
  • Muhammad Nur Ihsan Hamin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisa Kurnia Syam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Aminullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: HOTS, polinomial, pendampingan belajar

Abstrak

Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan tahap analisis, evaluasi, dan mencipta merupakan tahapan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS). Implementasi kurikulum menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir HOTS. Beberapa kendala yang ditemukan diantaranya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal dengan tipe HOTS termasuk pada materi polinomial. Terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan polinomial secara konseptual dengan analisa dan kritis dalam menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan suatu pemikiran tingkat tinggi. Pengabdian yang dilaksanakan berupa pendampingan kepada peserta didik kelas XI Paket 8 MAN 2 Kota Makassar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi polinomial. Pengabdian dilaksanakan dengan pendekatan yang interaktif dan berbasis latihan-latihan yang praktis terkait soal HOTS. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilaksanakan melalui tes hasil belajar yang mencakup soal HOTS dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa nilai rata-rata peserta didik sebesar 78,8 dengan kategori sedang. Adapun hasil analisis respons peserta didik diperoleh persentase respons sebesar 80,53 dengan kategori positif. Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa pendampingan berbasis latihan praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik pada materi polinomial. Dengan demikian, kegiatan pengabdian berupa pendampingan dalam menyelesaikan soal HOTS layak untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Email: [email protected]

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=r71n7TEAAAAJ&hl=en&oi=ao

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=5998683&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education, Educational Measurement, Assessment, Statistical and Data Analysis. My research about mathematics education and Assessment.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar
  • Master Statistika, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2003 - sekarang
  • Fasilitator USAID PRIORITAS, 2012-2017
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang
  • Tim Pengelola Jurnal Lentera Pendidikan
  • Sekretaris Pusat Peningkatan dan Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar, 2008 - 2010
  • Sekretaris Jurusan/Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Alauddin Makassar, 2014 - 2015
CERTIFICATIONS / AWARDS
  • Short Course Pendidikan Sains PPs UNY Yogyakarta
  • Fasilitator Pelatihan dalam Pelaksanaan Program USAID PRIORITAS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Indonesia, 2012-2017
TEACHING EXPERIENCS
  • Assesor Sertifikasi Guru Rayon LPTK UIN Alauddin Makassar, 2009 - 2016
  • Instruktur Sertifikasi Guru Rayon LPTK UIN Malang, 2017
  • Fasilitator Program LAPIS PGMI, AusAID, 2009 - 2010
  • Fasilitator Program USAID PRIORITAS, 2012 - 2017
CURRENT ACTIVITIES
  • Ketua Ikatan Alumni Pascasarjana Statistika ITS Surabaya, 2007 - 2009
  • Anggota Himpunan Evaluasi Pendidikan Indodnesia
  • Ketua Center for Training, Social Sevice and Empowerment 2008 - Sekrang
Contact Person:   Hp. +6281342007864   email: [email protected]   ORCID ID: 0000-0003-2741-4978

Referensi

Adharini, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dengan Pendekatan Open-Endeed Pada Materi Polinomial. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i1.365

Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk Sma Kelas Xi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/813

Aristiyo, D. N., Triastuti, I. Y., & Fasha, E. F. (2021). Pengembangan Instrumen Soal Hots Matematika Tingkat Sma/Smk Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Matematis. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1262

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, Murtiyasa, B., & Sumardi. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660

Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Radzi Rathomi, M., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2404

Fajri, H. N., Purwanto, A., & Utomo, E. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.

Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9506

Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan Kemampuan Hots Siswa Berdasarkan Standar Pisa Dan Timss Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatera Barat). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2631–2640.

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674

Mujito. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Polinomial Melalui Penerapan Pembelajaran KOOPERATIF JIGSAW. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 7(2), 152–161.

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4854

Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Andi Mattoliang, L., & A. Sriyanti. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778

Oktaviani, R. (2020). Mistake Analysis of Ma Students Solve Math Mathematics on Polynomial Materials. Journal Of Educational Experts (JEE), 3(1), 25. https://doi.org/10.30740/jee.v3i1p25-30

Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Vania, A. S., Sabilla, A., Hakim, A. N., Sudrajat, V. H., & Sianturi, Y. R. (2022). Revitalisasi Pembelajaran Berbasis HOTS di Abad 21. Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2066–2070.

Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/article/view/618

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 20 times