Pendampingan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Pembelajaran Adventure of Algebra (AOA) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila di MTsN Gowa
Abstrak
Bhineka tunggal Ika merupakan kekuatan besar dan menjadi pondasi berdirinya negara Republik Indonesia. Perkembangan zaman harus tetap diiringi dengan penanaman nilai nilai dasar Pancasila khususnya dalam hal toleransi keberagaman melalui pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pendampingan belajar menggunakan media pembelajaran yang mengintegrasikan penanaman nilai-nilai sila ketiga Pancasila dengan pelajaran matematika. Adventure Of Algebra (AOA) merupakan solusi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang tidak hanya mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik namun dapat menjadi ruang untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila khususnya pada sila ketiga Pancasila yaitu persatuan Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara luring/offline di kelas selama 3 jam pembelajaran. Adapun tahapan pembelajaran yang dilakukan dimulai pada tahap perencanaan, pre-test, demonstrasi penggunaan media pembelajaran, post-test, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pendampingan belajar sebelum menggunakan media AOA diperoleh data pengetahuan awal terkait nilai-nilai pancasila menunjukkan bahwa hanya sekitar 45% dari jumlah peserta didik di kelas IX.5 yang memahami dengan baik nilai-nilai pancasila. Sedangkan hasil pendampingan belakar menggunakan media AOA diperoleh data kecenderungan peserta didik paham akan nilai-nilai pancasila meningkat menjadi 85% yang digambarkan pada proses pembelajaran yang berlangsung secara aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Dengan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan juga mesti menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan dengan sub materi yang dipelajari peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39-52.
Eko Riyadi, S. H. (2020). Pemenuhan Hak Atas Rasa Aman Bagi Masyarakat Di Kota Wamena Pasca Kerusuhan 23 September 2019.
Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218-231.
Imron, M. J. (2019). Dampak Multimedia bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 4(1), 122-145.
Jayanti, R., Rinayuhani, T. R., & Hasanudin, C. (2022). Pendampingan Peserta didik SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 281-290.
Mattoliang, L. A., Nur, M. J. A., & Riswandi, A. (2022). Development Of Explorative Mathlet Learning Media Based On Adobe Flash Cs6 With Islamic Nuances On Linear Equations System With Three Variables Material. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 10(2), 428- 442.
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53-61.
Nabilah, T., & Abadi, A.P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659-663
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun civic conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34-46.
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264-279.
Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Rahmawati, D., & Hermanto, H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Nilai-Nilai Karakter Pancasila Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 112-124.
Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155-168.
Silvi, K. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar e-LKS Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Siswa, B., Dasar, S., Puspitasari, R.Y., & Airlanda, G.S. (2021). Jurnal basicedu. 5(2). 1094- 1103.
Sulianti, A., & Efendi, Y. (2020). JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(1). https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020
Tambunan, P., Siboro, E. S., Sitohang, J. A., Maha, R. S., & Yunita, S. (2022). Implementasi Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(08), 1451- 1461.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).