Pendampingan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Pembelajaran Adventure of Algebra (AOA) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila di MTsN Gowa

  • Muh. Aprizal Irawan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fatmalasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Susi Susanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahida Jamaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Pancasila

Abstrak

Bhineka tunggal Ika merupakan kekuatan besar dan menjadi pondasi berdirinya negara Republik Indonesia. Perkembangan zaman harus tetap diiringi dengan penanaman nilai  nilai dasar Pancasila khususnya dalam hal toleransi keberagaman melalui pendidikan  karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pendampingan belajar menggunakan media pembelajaran yang mengintegrasikan penanaman nilai-nilai sila ketiga Pancasila dengan pelajaran matematika. Adventure Of Algebra (AOA) merupakan solusi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang tidak hanya mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik namun dapat menjadi ruang untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila khususnya pada sila ketiga Pancasila yaitu persatuan Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara luring/offline di kelas selama 3 jam pembelajaran. Adapun tahapan pembelajaran yang dilakukan dimulai pada tahap perencanaan, pre-test, demonstrasi penggunaan media pembelajaran, post-test, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pendampingan belajar sebelum menggunakan media AOA diperoleh data pengetahuan awal terkait nilai-nilai pancasila menunjukkan bahwa hanya sekitar 45% dari jumlah peserta didik di kelas IX.5 yang memahami dengan baik nilai-nilai pancasila. Sedangkan hasil pendampingan belakar menggunakan media AOA diperoleh data kecenderungan peserta didik paham akan nilai-nilai pancasila meningkat menjadi 85% yang digambarkan pada proses pembelajaran yang berlangsung secara aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Dengan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan juga mesti menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan dengan sub materi yang dipelajari peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39-52.

Eko Riyadi, S. H. (2020). Pemenuhan Hak Atas Rasa Aman Bagi Masyarakat Di Kota Wamena Pasca Kerusuhan 23 September 2019.

Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218-231.

Imron, M. J. (2019). Dampak Multimedia bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 4(1), 122-145.

Jayanti, R., Rinayuhani, T. R., & Hasanudin, C. (2022). Pendampingan Peserta didik SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 281-290.

Mattoliang, L. A., Nur, M. J. A., & Riswandi, A. (2022). Development Of Explorative Mathlet Learning Media Based On Adobe Flash Cs6 With Islamic Nuances On Linear Equations System With Three Variables Material. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 10(2), 428- 442.

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53-61.

Nabilah, T., & Abadi, A.P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659-663

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun civic conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34-46.

Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264-279.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Rahmawati, D., & Hermanto, H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Nilai-Nilai Karakter Pancasila Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 112-124.

Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155-168.

Silvi, K. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar e-LKS Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Siswa, B., Dasar, S., Puspitasari, R.Y., & Airlanda, G.S. (2021). Jurnal basicedu. 5(2). 1094- 1103.

Sulianti, A., & Efendi, Y. (2020). JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(1). https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020

Tambunan, P., Siboro, E. S., Sitohang, J. A., Maha, R. S., & Yunita, S. (2022). Implementasi Identitas Nasional Sebagai Salah Satu Determinan Pembangunan Bangsa dan Karakter. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(08), 1451- 1461.

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 47 times