Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Kota Makassar

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmawati Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Besse Alfiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Riska Yunus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurhalifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Magfira Syahrul
    (ID)
  • Saskia Hairunnisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Ayu Amaliyah Ramadhani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmatullaili Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quizizz

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian atau PLP 2 ini adalah untuk membantu peserta didik meningkatkan minat atau motivasi dalam belajar matematika. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menggunakan media pembelajaran quizizz dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Quizizz memiliki beberapa fitur yang tidak membuat peserta didik bosan dan jenuh dalam belajar, antaranya: adanya hitungan waktu mundur dalam mengerjakan soal, adanya situasi berkarakter ketika peserta didik kurang tepat dalam mengerjakan soal, adanya penghargaan yang bersifat acak saat peserta didik menjawab soal dengan benar. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan melalaui penggunaan media pembelajaran quizizz mampu meningkatkan minat belajar peserta didik karena media quizizz memberikan suasan baru, mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Relawan Jurnal Indonesia, 2(2).

Andi Syahputra. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM). Jurnal Ilmiah Komunikasi Penyiaran Islam, XI(1), 12–13.

Fatiyyah Azkia, N., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. JPMI, Vol. 6(5), 1873–1886.

Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. 5(2). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII

Listrianti, F. (2022). Konsentrasi Pembelajaran Anak dalam Kerangka Pengembangan Manajemen Permainan Motorik-Sensorik. Obsesi, 6, 3807–3816.

Nasution, S. W. (2022). Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1).

Nurdyansyah. (2020). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.)). Umsida Press.

Nurkhafifah, S., Simamora, L., & Hartati, L. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X IPA SMAN 21 Kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 165–172.

Rohmah, O. I. (2022). Analisis Interaksi Simbolik Kenakalan Remaja Di Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Mumtaz Yogyakarta). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.52166/humanis.v14i1.2785

Simbolon, N. (2019). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Sugiarti, R., Suhardi, F., Virgonita, M., & Pribadi, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Remaja. Helikopter, 8. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844022006375

Susanti, C., Khairati, R., & Badariah, B. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Refleksi, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa Madrasah Tsanawiyah. Biodata, 5, 139–149. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=wEv-UFoAAAAJ&citation_for_view=wEv-UFoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC

Zamidar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizziz Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 4 Banda Aceh.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 56 times