Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Kota Makassar
Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian atau PLP 2 ini adalah untuk membantu peserta didik meningkatkan minat atau motivasi dalam belajar matematika. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menggunakan media pembelajaran quizizz dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Quizizz memiliki beberapa fitur yang tidak membuat peserta didik bosan dan jenuh dalam belajar, antaranya: adanya hitungan waktu mundur dalam mengerjakan soal, adanya situasi berkarakter ketika peserta didik kurang tepat dalam mengerjakan soal, adanya penghargaan yang bersifat acak saat peserta didik menjawab soal dengan benar. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan melalaui penggunaan media pembelajaran quizizz mampu meningkatkan minat belajar peserta didik karena media quizizz memberikan suasan baru, mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Relawan Jurnal Indonesia, 2(2).
Andi Syahputra. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM). Jurnal Ilmiah Komunikasi Penyiaran Islam, XI(1), 12–13.
Fatiyyah Azkia, N., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. JPMI, Vol. 6(5), 1873–1886.
Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. 5(2). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII
Listrianti, F. (2022). Konsentrasi Pembelajaran Anak dalam Kerangka Pengembangan Manajemen Permainan Motorik-Sensorik. Obsesi, 6, 3807–3816.
Nasution, S. W. (2022). Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1).
Nurdyansyah. (2020). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.)). Umsida Press.
Nurkhafifah, S., Simamora, L., & Hartati, L. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X IPA SMAN 21 Kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 165–172.
Rohmah, O. I. (2022). Analisis Interaksi Simbolik Kenakalan Remaja Di Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Mumtaz Yogyakarta). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.52166/humanis.v14i1.2785
Simbolon, N. (2019). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Sugiarti, R., Suhardi, F., Virgonita, M., & Pribadi, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Remaja. Helikopter, 8. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844022006375
Susanti, C., Khairati, R., & Badariah, B. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Refleksi, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Siswa Madrasah Tsanawiyah. Biodata, 5, 139–149. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=wEv-UFoAAAAJ&citation_for_view=wEv-UFoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Zamidar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizziz Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 4 Banda Aceh.
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).