Workshop Strategi dan Implementasi Pengelolaan Laboratorium IPA yang Efektif: Program Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Guru IPA/Fisika dan Tenaga Laboratorium Kabupaten Gowa
Abstrak
Workshop "Strategi dan Implementasi Pengelolaan Laboratorium IPA yang Efektif" merupakan pengabdian kepada masyarakat berbasis service learning, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru IPA/Fisika dan tenaga laboratorium di Kabupaten Gowa dalam pengelolaan laboratorium. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman menyeluruh mengenai manajemen alat, bahan, dan lingkungan laboratorium agar dapat mendukung proses pembelajaran yang berkualitas serta meminimalkan risiko kecelakaan. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode service learning yang terdiri atas tiga tahapan utama yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini menunjukkan bahwa respon peserta kegiatan terhadap teknis dan muatan kegiatan berada pada tingkat sangat baik, respon kesesuaian materi berada pada tingkatan sangat sesuai, serta ada peningkatan pemahaman peserta terkait pengelolaan laboratorium IPA setelah mengikuti kegiatan workhshop. Dengan demikian, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh peserta workshop diharapkan dapat diimplementasikan di laboratorium sekolah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alfiyatun, Patmawati, I., Ayuningtias, D., Puspita, G., & Hidayat, Y. (2024). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Ipa Di MTs YPK Cijulang. 1(4), 1152–1157.
Ferazona, S., Suryanti, Fitriani, Muna Rosiyah, M., Utari, R., & Hajar, I. (2023). Pendampingan Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMAN 4 Tanah Putih Rokan Hilir. Community Education Engagement Journal, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.25299/ceej.v5i1.14584
Haffifa, A., & Kosim, A. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Laboratorium IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.592
Harefa, D., Efrata Ge’e, Kalvintinus Ndruru, Mastawati Ndruru, Lies Dian Marsa Ndraha, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, & Fatolosa Hulu. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 105–122. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2062
Hastiana, Y., Saputri, W., & Sriutami, M. (2023). Peranan Dan Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pemanfaatan Dan Pengelolaan Laboratorium Yang Optimal. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(2), 84–90.
Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24
Kartikasari, P., Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 251–258. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6300
Nasir, M., Mayasri, A., & Information, A. (2023). Pelatihan Standardisasi Pengelolaan Laboratorium Bagi Laboran dan Pengelola Laboratorium IPA di Kota Banda Aceh. JGEN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12.
Noorjanah, A. D., Astuti, R., & Sa’diyah, H. (2023). Profil Laboratorium Ipa Di Smp Negeri 2 Karangdowo Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 01–15. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.473
Nurhamudin. (2024). Analisis Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 1 Purwantoro. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 10(1), 107–119.
Nurhayati, N., Zuhra, F., & Septiani, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Calon Guru IPA Melalui Pelatihan Pengelolaan Laboratorium. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 679–687. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2871/pdf_1
Permana, T. I., Nuryady, M. M., Ariesaka, K. M., Ganes, T., & Nazila, F. (2024). Pendampingan Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Muhammadiyah Kota Malang Untuk Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains Siswa. 9(2), 351–362.
Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 89–106.
Reci, R., Wanto, D., & Kusen, K. (2023). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 10(1), 64–77. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.555
Reza, M., Hasnidar, S., & Hanum, L. (2023). Pelatihan Manajemen Laboratorium IPA Berbantuan Game Edukasi Kahoot bagi Laboran/Pengelola Labor. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 392–400. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.219
Rosidin, U., Maulina, D., & Suane, W. (2023). Pelatihan Pengelolaan Laboratorium dan Penggunaan Alat Peraga IPA bagi Guru-guru IPA di SMP/MTs se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 7(1), 95–102.
Rostiyana, F. N., Sanusi, A., & Iriantara, Y. (2022). Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 435–443. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.432
Satibi, I., Firharmawan, H., Isnaini Lilis Elviyanti, Syukron, A. A., Barokah, U., Rahmawati, A., Muhafid, E. A., Zuhdi, R., & Chalisty, V. D. (2023). Bimbingan Teknis Kepala Laboratorium Sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Praktikum Di Laboratorium IPA. Communnity Development Journal, 4(3), 5862–5867.
Septiani, D., Irawan, & Priatna, T. (2023). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) sebagai Bentuk Pengelolaan Sains Islam Level Mikro di Madrasah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 357–363. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i2.3272
Setiawati, E., Sopyan, T., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA dan Alternatif Praktikum IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 229–236. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6290
Silka, S., & Karuru, P. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Di Daerah Terpencil Kabupaten Toraja Utara. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 223–233.
Supriyanto, A., Suciyati, S. W., Marjunus, R., & Manurung, P. (2022). Pelatihan Pengelolaan Dan Pengembangan Laboratorium Fisika SMA Kabupaten Lampung Tengah. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 127–133. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.443
Wati, A. S., Kudadiri, V. O., & Devianty, R. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 276–285.
Zulkifli, L., Zaki, M., & Fitriani, I. (2024). Manajemen Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Lombok Timur. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(6), 1034–1053.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).