Peningkatan Perilaku Kerja Sama Anak Usia Dini Melalui Metode Diskusi Kelompok di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa

  • Nurul Asisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • M. Rusdi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Kustiah TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa
    (ID)
Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Kerja Sama, Perkembangan Moral

Abstrak

Perkembangan sosial pada anak khususnya dalam perilaku kerja sama sangat penting distimulasi sejak dini, karena merupakan hal yang mendasar pada anak dalam berinteraksi dengan orang sekitarnya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kerja sama setelah penerapan metode diskusi kelompok pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa Kota Makassar  dengan jumlah partisipan sebanyak 10 anak. Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja kegiatan Pengurutan Ukuran Hewan, lembar observasi ketercapaian perilaku kerja sama anak dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengabdian menunjukkan anak mampu meningkatkan perilaku kerja sama dalam kelompok. Hasil temuan dalam pengabdian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok efektif dalam merangsang interaksi sosial dan kolaborasi diantara anak-anak yang menjadi fondasi dasar untuk bekerja sama dan meningkatkan keterampilan sosial mereka dimasa depan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abidah, A. F., & Dewi, N. K. (2018). Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 104–112.

Afiefah, N. (2014). Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 53–65.

Amri, M. & Assad, A.B.M., (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTS As’adiyah Puteri 1 Kabupaten Wajo. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 1(2), 1–12.

Arisnaini. (2021). Upaya Guru DalamMenerapkan Sikap Saling Menghargai Sesama Anak Usia Dini Di TK Tunas Muda Ulee Tuy Darul Imarah Aceh Besar. Serambi Konstruktivis, 3(1), 251–260.

Assyifa, S.H., Nurhasanah, Tahir, M., (2023). Analisis Kemampuan Kerjasama dalam Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 37 Cakranegara Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1577–1582.

Asteria, Mering, A., Ali, M., (2015). Peningkatan kerjasama anak dalam bermain melalui metode kerja kelompok. 1–12.

Babullah, R., Qomariyah, S., Neneng, N., Natadireja, U., Nurafifah, S., Jl, A., Balandongan, L., No, J. B., & Citamiang, K. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2).

Budiarti, M., Rachim, H. A., & Syauqina, D. A. (2018). Komunikasi Kelompok Sebagai Faktor Pendorong Terbentuknya Kerjasama Dalam Menyelesaikan Pekerjaan K3L Di Lingkungan Universitas Padjadjaran. 5(2), 198–204.

Dzaky, M. W., Ubaidillah, D. A., & Susanti, E. (2024). Efektivitas metode diskusi sebagai sarana peningkatan keterampilan berbicara pada siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 187–195.

Eka, S. (2022). Perilaku Empati Siswa Pendahuluan Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang banyak mengubah cara berpikir, bersikap, dan bagaimana cara beradaptasi dengan orang lain dan lingkunganya. Sekolah diharapkan dapat menciptakan ide-ide yang gemilang. Journal of Guidance and Counseling, 1(4), 12–22.

Ginting, S.U.B. & Sembiring, M.H., (2020). Pengaruh Belajar Kelompok Pendidikan kewarganegaraan (PKN) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMKS-PP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 77–83.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran. Jurnal Didaktika, 9(4), 411–422.

Hariyadi, W., Murdiono, M., Cathrin, S., (2024). Application Of Percentage Method And Group Discussion To improve The Ability To Present Student Opinion In Learning Pancasila. JOSS : Journal of Soc ial Science. JOSS: Journal of Social Science, 3(3), 1264–1282. https://joss.al-makkipublisher.com/index.php/js

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). Cooperative learning: The foundation for active learning. Active Learning in Higher Education, 18(1), 1-14.

Kristin, F. (2016). Analis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2 (1) , 90–98.

Kumara, A. (2017). Bimbingan Kelompok, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

Kusyairy, U., Qalby, N., Rusdi, M., Muzakkir, Prihatin, I.,danang (2022). Penerapan Bermain Puzzle Gambar Melalui Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Sikap Mau Membantu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 175–184.

Nugroho Danang. (2024). Pengaruh nilai-nilai moral dalam praktik kemanusiaan dalam kominitas berbagi nasi. Jurnal Multidisplin Ilmu Sosial, 2(10), 31–40.

Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., & Swastika, A. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel , Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008

Pareda. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 286–291.

Putri, A. N., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Kelas 1 Sdn Tangerang 19. Jurnal Pendidikan Dasar, 157–170. https://doi.org/doi.org/10.21009/jPD.011.17

Rachman, S. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Jurnal Murhum Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70

Rahmat, A., (2017). Small Group Discussion Strategy towards Students’ Reading Comprehension of SMA Negeri 11 Bulukumba. Journal of English Language, Literature and Teaching, 11(1), 92–105.

Ridwan, A., Mustofa, T., & Abdurrohim. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN PLAWAD 04. 276–283.

Sa’diyah, H., islamiah, R., Fajari, L.E.W., (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok: Literature Review. Journal of Professional Elementary Education, 1(2), 148–157.Shofiah Aji Nur, F. (2023). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle Aji. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 207–218. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Saputra, E. B., Saputra, E., Satriawan, N., & Ekasakti. (2019). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 19 Padang . Jurnal Penelitian Aktual Dan Kajian Analisis Reformasi Pendidikan, 17(1), 91–102.

Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 104–116.

Smith, J. A., Brown, L. M., & Lee, K. (2020). Social interaction and child development: A comprehensive review. Journal of Child Psychology, 45(2), 123-145.

Syarifuddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73.

Tetep, Murdiati, A. R., Mulyana, E., & Widyanti, T. (2021). Cooperation Skills Based on Students ’ Perceptions Through Integration of the Group Discussion and Group Project Method. Proceedings of the 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICORSH, 584(Icorsh 2020), 475–481.

Diterbitkan
2025-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 52 times