Relevansi Kompetensi Petugas Perpustakaan dengan Kepuasan Pemustaka pada UPT Perpustakaan Sultan Agung Tirtayasa Banten

  • Gita Harja Kusuma UNTIRTA Serang Banten
    (ID)
  • Yunus Winoto Universitas Padjajaran Bandung
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dengan kepuasan pemustaka. Lokasi penelitian ini dilakukan di UPT. Perpustakaan Sultan Agung Tirtayasa Banten yang berlokasi di Kampus Pakupatan Jl. Raya Jakarta KM 4 Serang Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksplanasi survey. Populasi dalam penelitian adalah anggota  aktif UPT. Perpustakaan UNTIRTA Serang Banten yang berjumlah 1065 orang dengan ukuran sampel sebanyak 92 orang. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sederhana. Teknik pengumpukan data  dilakukan melalui angket, wawancara, observasi serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pustakawan dengan kepuasan pemustaka pada perpustakaan UNTIRTA Serang banten. Sedangkan kesimpulan secara khusus dapat diketahui bahwa 1). Terdapat hubungan antara pengetahuan petugas perpustakaan dengan kepuasan pengguna, 2). Terdapat hubungan antara keterampilan petugas perpustakaan dengan kepuasan pengguna.

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship between the competence of librarians with pemustaka satisfaction. The location of this research conducted in UPT. Library of Sultan Agung Banten Tirtayasa Pakupatan Campus located at Jl. 4 KM Jakarta Raya Serang Banten Province. The method used in this study using a survey of explanation. The population in this research is an active member of UPT. Library UNTIRTA Serang Banten totaling 1065 people with a sample size of 92 people. For sampling technique using simple random sampling. Mechanical pengumpukan data is done through questionnaires, interviews, observations, and through the study of literature. Based on the survey results revealed that there is a correlation between the competence of librarians with library UNTIRTA pemustaka satisfaction Serang Banten. While the conclusions in particular it is known that one). There is a relationship between knowledge librarian to user satisfaction, 2). There is a relationship between the skills of the librarian to user satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ad, Moh, 1998. Psikologi Industri : Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Liberty.

Arikunto Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Universitas. Airlangga.

Depdiknas. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Nasonal, Jakarta, Balai Pustaka.

E. B. Flippo (1992). Manajemen Personalia. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gomes, Faustino Cardoso ( 2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, (terjemah-

an), Yogyakarta : Andi Offset.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan gary Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Jakarta, PT. Indeks Gramedia.

Harris, O., Jeff. JR, 1987. Managing people at work, concepts and cases in interpersonal behavior, John Willey and Sons Inc. 1987.

Mirabile, R. J. (1997). “Everything you wanted to know about competency modelling”. Training and development journal, Vol. 40 No. 8, p. 73-78.

Malayu S. P. Hasibuan (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, Prabu (2000), ManajemenSumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nitisemito, Alex S. Nitisemito, 1982, Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia. Buchari Zainun, 1979. Manajemen dan Motivasi, Jakarta:Erlangga

Rakhmat, Jalaluddin. (1991). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rianto, Yatim. (1996). Metode Penelitian Kependidikan, Surabaya : SIC.

Soejono Trimo. 1992. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan, Bandung : Remadja Karya.

Soeatimah. (1992). Perpustakaan, kepustakawanan dan pustakawan. Yogjakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabet.

Sugiyono. (2008). Statistik Non-Parametrik, Bandung : Alfabet.

Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian dengan Aplikasi SPSS, Bandung : Alfabet.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Perpusnas RI. 2012. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik

Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang penetapan rancangan standar kompetensi kerja nasional Indonesia sektor jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan, dan perorangan lainnya bidang perpustakaan menjadi standar kompetensi kerja nasional Indonesia, Jakarta : Perpusnas RI.

Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sumber Lainnya :

Undang-undang No. 43 Tahun 2007, tentang Perpustakaan.

Undang-undang No. 12 tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi.

Permenristek Dikti, No. 44Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Published
2017-06-21
How to Cite
Harja Kusuma, G., & Winoto, Y. (2017). Relevansi Kompetensi Petugas Perpustakaan dengan Kepuasan Pemustaka pada UPT Perpustakaan Sultan Agung Tirtayasa Banten. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 94-101. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a8
Section
Articles
Abstract viewed = 677 times