Kepemimpinan di Perpustakaan Berdasarkan Emotional Intellegience dalam Menghadapi Globalisasi Informasi

  • Miftahunnisa' Igiriza Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga
    (ID)

Abstract

Pemimpin dalam sebuah kepemimpinan menjadi salah satu faktor maupun penghambat dari perkembangan organisasi dalam menghadapi fenomena perubahan yang kerap terjadi. Kemampuan kecerdasan emosional pemimpin memiliki peran yang penting bagi organisasi dan orang-orang yang bekerja pada organisasi tersebut. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui bahwa kepemimpinan berdasarkan emotional intelligence dibutuhkan dalam gaya memimpin suatu organisasi seperti di perpustakaan yang menjadi pusat informasi. Artikel ini disusun berdasarkan studi literatur. Dapat diketahui, terjadinya globalisasi informasi, pola kepemimpinan yang baik di perpustakaan sangat dibutuhkan. Pola kepemimpinan berdasarkan emotional intelligence yang di dalamnya terdiri dari visioner, pembimbing, afiliatif, demokratis, penentu kecepatan, dan memerintah bisa menjadi pilihan pola kepemimpinan yang diterapkan di perpustakaan. 

ABSTRACT

Leader in a leadership became one of the factors as well as inhibiting the development of the organization in the face of the phenomenon of changes that often occur. Emotional intelligence abilities leaders have an important role for the organization and the people who work in these organizations. The purpose of this paper is to know that leadership is based on emotional intelligence needed to lead an organization like the style in which the library is a resource center. This article draws on literature studies. It can be seen, the globalization of information, a pattern of good leadership in the library is needed. The pattern of leadership based on the emotional intelligence of which consists of a visionary, coaching, affiliative, democratic, pacesetting, and commanding leadership style choice can be applied in the library.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beni, R. (2002). Transisi Masyarakat Indonesia: Suatu Pemikiran Awal, dalam Sekapur Sirih Pendidikan Perpustakaan di Indonesia 1952-2002. KOMPAS, p. 50.

Chandra, G. (2010). Panduan Pendamping Kecerdasan Emosional. Mojokerto: Manuscript.

Goleman, D. (2002). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Habernas, J. (2002). Conversation about God and the World, Religion and Rationality. MIT Press.

Labbaf, & dkk. (2011). The Impact of the Emotional Intelligence on Dimensions of Learning Organization: the Case of Isfahan University. Interdisciplinary Business Research, Vol. Interdisciplinary Business Research, Vol. 3 No. 5, 536-545.

Martin, W. J. (1995). The Information Society. Hampshire: Aslib Gower.

Nawai, I. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Prenadamedia.

NS, S. (2005). Tangungg Jawab Perpustakaan: dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Panta Rei.

Rivai, V. (2010). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Yuki, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Indeks.

Published
2017-06-20
How to Cite
Igiriza, M. (2017). Kepemimpinan di Perpustakaan Berdasarkan Emotional Intellegience dalam Menghadapi Globalisasi Informasi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 113-120. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a10
Section
Literature Studies
Abstract viewed = 591 times