Hubungan Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Citra BAPUSPIDA Provinsi Jawa Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis survei eksplanatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan Bapusipda yang aktif memanfaatkan perpustakaan pada bulan April tahun 2016 yaitu sebanyak 664 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat, dengan koefisien korelasi (0.721), artinya hubungan kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat pada taraf yang kuat.
ABSTRACT
The aim of the research is to know the correlation between the service quality and the image Bapusipda Library West Java Province. This research uses a quantitative approach with survey explanative analysis. Data collection techniques used in this research are questionnaire, interview, observation, and literature study. The population in this research are 664 active members of Bapusipda who use the library in April 2016, while the sample in this research as many as 87 people. The sampling technique used in this research is simple random sampling technique. The results of this research indicate that there is a significant positive correlation between the quality of library services and the image of the Bapusipda library West Java Province, with correlation coefficients (0721), it means that the correlation between the service quality and the image Bapusipda Library West Java Province is on a strong level.
Downloads
References
Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. (1997). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bavakutty, M. dan K. C. Abdul Majeed. (2005). Methos For Measuring Quality of Libraries. New Delhi: Ess Ess Publications
Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo
Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo
Hamidi. (2007). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: Umm Press
Kaplan, R. M. (2012). Pengukuran Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika
Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Lasa H.S.. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media
Morrisan, M.A. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana
Nasution, M.N. (2004). Manajemen jasa Terpadu (Total Service Management). Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurhadi, M. A. (2003). Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia. Yogyakarta: Andi
Rahayuningsih, F. (2007). Pengelolaan perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Shadily, H. (1980). Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: Ichtiar
Siegel, S. (1986). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda
Sulistyo-Basuki, (2010), Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sutarno N.S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto
Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Sumber lain:
https://www.libqual.org/ diakses 26 April 2016
http://kbbi.web.id/ diakses 26 April 2016
http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2012/09/14/203421/perpustakaan- jabar-kekurangan-38-juta-judul-buku diakses 26 April 2016
Komariah, Neneng dkk.. 2009. Survey Deskriptif Tentang Persepsi Pengguna Terhadap Layanan Gelar Buku Baca Santai. Laporan penelitian Universitas Padjajaran Tersedia pada http://repository.unpad.ac.id/6257/1/persepsi_pengguna_thdp_layanan_gelar_buku_bacaan_santai.pdf Diakses 26 April 2016
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License