Menakar Peranan Pustakawan dalam Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan

  • Agung Nugrohoadhi Perpustakaan Atma Jaya Yogjakarta
    (ID)

Abstract

Pustakawan dalam era teknologi informasi ini perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi era perpustakaan digital. Kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan ini amat diperlukan karena pemustaka sendiri tentunya  mengharapkan layanan yang berorientasi pada teknologi maju sehingga keakuratan data dan kecepatan informasi dapat diperoleh. Khususnya pada perpustakaan yang melayani lembaga perguruan tinggi akan selalu berkembang baik jumlah koleksi, fasilitas maupun pengembangan profesionalisme para pustakawan. Dalam mendukung aktivitas  kegiatan ini perpustakaan  diharapkan akan selalu sigap dalam menyiapkan kebutuhan pemustaka sehingga koleksi yang disediakan mampu mengimbangi kebutuhan informasi yang diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cargile,Cathleen. (2005). ILS Open Source untuk Pustakawan non-sistem: Sebuah kenyataan? Terjemahan Open Source ILS for the Non-Systems Librarian: A Reality SOURCE: PNLA Q 69 no3 Spr.

Gordon, Rachel Singer. (2003). The Accidental Systems Librarian, New Jersey : Information Today.

Handoyo, M.Z. Eko.(2012). “Membangun Profesionalisme Pustakawan Indonesia Dengan Pendekatan Contiuning Professional Developmen (CPD)” dalam Journal FKP2T Media komunikasi ilmiah perpustakaan perguruan tinggi tahun 4 nomor 1 Juni.

International Encyclopedia of Information and library Science Second edition Edited by John Feather and Paul Sturges, london and New York : Routledge, 2003, dalam Khusnul Khotimah, Multi Dimensi Peran Pustakawan di Perpustakaan Pada Era Teknologi Informasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991). Jakarta: Balai Pustaka.

Lim, Andrian. (2009). “Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Otomasi Perpustakaandi Perguruan Tinggi” dalam Info Persadha, media informasi perpustakaan Universitas Sanata Dharma Vol 7/No2/Agustus.

M. Reitz, Joan, Online Dictionary of Library and Information Science. (2002). dalam Khusnul Khotimah, Multi Dimensi Pustakawan di Perpustakaan Pada Era Teknologi Informasi.

Murdoko, E Widijo Hari. Personal Change Impact, makalah Lokakarya Pengembangan SDM UAJY

Paul Sturges, london and New York : Routledge, 2003, hlm 370 dalam Khusnul Khotimah, Multi Dimensi Peran Pustakawan di Perpustakaan Pada Era Teknologi Informasi.

Pendit, Putu Laxman. (2008). Kompetensi Informasi dan Kompetensi Pustakawan”makalah Lokakarya pustakawan swasta se Jabodetabek, Jakarta 14-15 Januari.

_______. (2009). Perpustakaan Digital Kesinambungan & Dinamika, Jakarta : Cita Karyakarsa Mandiri.

Priyanto, Ida Fajar. (2010). “Teknologi Informasi Perpustakaan dan pengembangannya”, Makalah Seminar sehari Mengupas Koha Open S ource ILS : Software Otomasi Perpustakaan Multi Fitur & Bertaraf Internasional, Perpustakaan UMY Surakarta 14 Oktober.

_______. 2010 “Teknologi Informasi dan Pengaruhnya pada Perpustakaan” makalah seminar sehari Teknologi Informasi untuk perpustakaan era millenium III di ISI Surakarta Rabu 4 Agustus.

Republik Indonesia. (2007). Undang-undang Perpustakaan No 43 tahun 2007, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Restansi,Anisa Sri. (2012). “Solusi dan Strategi Perpustakaan Menghadapi Para Digital Native dalam Journal FKP2T Media Komunikasi Ilmiah Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 4 Nomor 1 Juni.

Soekamto, Soerjono. (1982). Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Press.

Suharti AD. (2009). “Kepuasan Kerja Pustakawan Universitas Islam Indonesia” Uni Lib Jurnal Perpustakaan UII Vol 2 No 1.

Suhartika, I Putu .(2013). “Implementasi Teknologi Informasi Sebagai Usaha Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan” dalam e-print institutional Ripository Dipoegoro University dikutip 22 Januari.

Sulistyo-Basuki. (2010) “Revitalisasi Pendidikan dan Profesi Pustakawan” makalah workshop Revitalisasi dan Profesi Pustakawan di FISIP UNS 21 Desember.

Supriyanto, Wahyu – Ahmad Muhsin. (2008) Teknologi Informasi Perpustakaan , strategi perancangan perpustakaan digital , Yogyakarta : Kanisius.

Thomas, R. Kochtanek , & Joseph R. Mattews, Library Information Systems From Library Automation to Distributed Information Access Solutions, Connecticut : Libraries Unlimited A Divisionnof Greenwood Publishing Group, Inc.

Trimo, Soejono. (1997). Profesionalisme dan Kreativitas Pustakawan dalam , Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan, Jakarta : Binacipta.

Wiranto, FA. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Problematikanya Bagi Perpustakaan Era Millenium Ketiga” makalah seminar sehari Teknologi informasi untuk perpustakaan era milenium III di ISI Surakarta 4 Agustus.

Zain, Labibah. (2011). “Profesi Pustakawan : Problem dan tantangan di Era Global” makalah pada seminar sehari Profesi Pustakawan : Prospek dan Sertifikasi di Masa Depan “ di ISI Surakarta 9 November.

Published
2013-12-20
How to Cite
Nugrohoadhi, A. (2013). Menakar Peranan Pustakawan dalam Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 101-114. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/34
Section
Volume 1 Nomor 2, Desember 2013
Abstract viewed = 2962 times