Peran Data dalam Manajemen Perpustakaan di Indonesia

  • Anindya Gita P. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Perpustakaan senantiasa mendorong penggunanya untuk mencari dan menggunakan informasi yang terpercaya dan telah teruji. Oleh karena itu sudah seharusnya perpustakaan juga melakukan upaya pencarian informasi mengenai “dirinya” melalui riset untuk mendapatkan data. Upaya pencarian informasi ini di Indonesia umumnya masih sebatas data koleksi, data peminjaman, dan kunjungan pengguna. Ada banyak opini dan kekhawatiran yang bervariasi yang disampaikan oleh pustakawan dan staf dalam pengembangan perpustakaan. Data dapat menjadi pelengkap pemikiran disini, juga sebagai penengah berbagai pemikiran. Berdasarkan pemaparan tersebut maka peneliti tertarik untuk membahas bagaimana posisi data dalam manajemen perpustakaan. Keberadaan data sangat penting sebagai dasar dalam mengambil keputusan di perpustakaan. Begitu juga dalam manajemen perpustakaan, seorang kepala perpustakaan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memperoleh data yang digunakan untuk mengambil kebijakan.

ABSTRACT

The library constantly encourages its users to search and use reliable and tested information. Therefore the library should also make efforts to search information about "itself" through research to obtain data. This information search effort in Indonesia is generally still limited to data collection, lending data, and user visits. There are many varied opinions and concerns delivered by librarians and staff in library development. Data can be a complement to thinking here, as well as mediating thoughts. Based on the exposure, the researcher is interested to discuss how the data position in library management. The existence of data is very important as the basis for making decisions in the library. Likewise in library management, a library head should research first in order to obtain the data used to take policy


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heffy, M. (2009). Reformasi Manajemen Pelayanan Publik Menuju Good Governance. Jurnal Borneo Administrasi, 5(2). Diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=250595&val=6702&title=reformasi%20manajemen%20pelayanan%20publik%20menuju%20good%20governance.

Massis, B. (2016). Data Driven Decision Making In the Library. New Library World, 117(1/2), 131-134. DOI:10.1108/NLW-10-2015-0081.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks.

Priyanto, I. F. (2016), Data Management, UIN-sesi 7. Disampaikan pada mata kuliah desain sistem informasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Qalyubi, S. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Fulop, J. (2016, 5 Juni). Introduction to Decision Making Methods. Diakses dari http://academic.evergreen.edu/projects/bdei/documents/decisionmakingmethods.pdf.

Dinas Kelautan dan Perikanan. (2016, 14 Juni). Arti Penting Data Prespektif Perencanaan. Diakses dari http://www.dislautkan.jogjaprov.go.id.

Published
2017-12-11
How to Cite
Gita P., A. (2017). Peran Data dalam Manajemen Perpustakaan di Indonesia. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(2), 160-163. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a3
Section
Articles
Abstract viewed = 905 times