Sistem Temu Kembali dengan Keyword (Deskriptif Menggunakan Recall dan Precision pada Judul, Subjek OPAC Perpustakaan Universitas Gadjah Mada)

  • Dwiyantoro Dwiyantoro Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berjudul sistem temu kembali dengan keyword deskriptif menggunakan recall dan precision pada judul, dan subjek  Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Adapun tujuan penelitian ini yaitu bagaimana system temu kembali menggunakan judul dan sabjek dan melihat efektifitas menggunakan metode pengukuran menggunakan recall dan procision, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sabjek penelitian ini adalah temu kembali menggunakan judul dan sabjek dengan mengambil 1 judul dan 1 sabjek dari keseluruhan koleksi yaitu Ekonomi Islam. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari penelususran menggunakan judul persentase reccal sebesar 0.97 dan precision sebesar 0.45, menyatakan kurang efektif karena antara recall dan precision tidak menunjukan hasil yang sama, dan precision lebih rendah dari pada recall. Sedangkan pencarian menggunakan subjek menunjukan persentase recall sebesar 0.78 dan precision sebesar 0.23. berdasarkan pencarian menggunakan sabjek masih kurang efektif karena antara racall dan precision tidak menunjukan perbandingan yang sama dan precision lebih rendah dari pada recall.

ABSTRACT

This research is titled Retrieval System With Descriptive Keyword using Recall and Precision In Title, and Sabjek Library Universitas Gadjah Mada. The purpose of this research is how retrieval system using title and subyek and see the effectiveness of using measurement method using recall and precision, this research type is descriptive quantitative. Subyek this research is a retrieval using title and sabyek by taking 1 title and 1 sabyek from the whole collection of Islamic Economics. From the results of the study showed that from searching using the title of recalculation percentage of 0.97 and precision of 0.45, states less effective because between recall and precision does not show the same results, and precision is lower than the recall. While the search using the subject shows the recall percentage of 0.78 and precision of 0.23. based on a search using a sabyek is still less effective because between racall and precision does not show the same comparison and precision is lower than the recall.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendektan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, H dan Martini M.H. (1995). Instrumen Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pendit, P.L. (2008). Perpustakaan Digital Dari A Sampai Z. Jakarta :Cita karyakarsa.

Pendit, P.L. [et al.] (2007). Perpustakaan Digital; Perpustakaan Digital: Perpekstif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, Jakarta: Sagung Seto.

Pao, M.L. (1989). Concepts of Information Retrieval Libraries Unlimited, Englewood: Colorado.

Siti, F. (2016). “Studi Komparatif Terhadap Efektivitas Penggunaan Dua Sistem Temu Kembali Informasi OPAC di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Press. 2-3.

Jonner, H. (2003). “Penggunaan Bahasa Ilmiah dan Kosa Kata Terkendali dalam Sistem Temu Balik Informasi Berbasis Teks”. Pustaka: (Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi); 2(2), 72-75. https://scholar.google.co.id/citations?user=Miyd7poAAAAJ&hl=id diakses pada tanggal 14-01-2017,

Kusumawardani, D. ” Temu Kembali Informasi dengan keyword (Studi deskriptif tentang sistem temu kembali informasi dengan controlled vocabulary pada field judul, subyek, dan pengarang di Perpustakaan Universitas Airlangga)”Surabaya; Universitas Airlangga Press. http://journal.unair.ac.id/LN@temu-kembali-informasi-dengan-keyword-(studi-deskriptif-tentang-sistem-temu-kembali-informasi-dengan-controlled-vocabulary-pada-field-judul,-subyek,-dan-pengarang-di-perpustakaan-universitas-airlangga)-article-4583-media-136-category-8.html diakses pada tanggal 17-01-2017.

http://OPAC.lib.ugm.ac.id/

Published
2017-12-11
How to Cite
Dwiyantoro, D. (2017). Sistem Temu Kembali dengan Keyword (Deskriptif Menggunakan Recall dan Precision pada Judul, Subjek OPAC Perpustakaan Universitas Gadjah Mada). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(2), 164-175. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a4
Section
Articles
Abstract viewed = 1428 times