PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN STRES DALAM BELAJAR FISIKA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDIN MAKASSAR

  • Muhammad Yusuf Hidayat
    (ID)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kematangan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alaudin Makassar angkatan 2013 sampai 2016. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kematangan emosi dan kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas dan manajemen stres dalam belajar fisika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar. Adapun sampelnya adalah 20% dari populasi yakni 72 mahasiswa, di mana untuk angkatan 2013 diambil sampel sebanyak 11 mahasiswa, 20 mahasiswa dari angkatan 2014, 14 mahasiswa dari angkatan 2015, serta 27 mahasiswa dari angkatan 2016. Karena peneliti menggunakan sistem sampel proporsional stratified Random sampling. Untuk memperoleh data mengenai kematangan emosi dan kecerdasan spiritual, peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Sama seperti kematangan emosi dan kecerdasan spiritual untuk memperoleh data tentang manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar, peneliti peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara yang diberikan pada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kematangan emosi mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar adalah 88,5 dan skor rata-rata kecerdasan spiritual adalah  87,13 serta skor rata-rata manajemen stres dalam belajar fisika adalah 114,13. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 3117.10  sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,13. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kematangan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar.

Kata kunci :  Kematangan, Emosi, Kecerdasan Spiritual, Manajemen Stress.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adlin, Alfathari dkk. 2007. Editorial, Spiritualitas dan Realitas Kebudayaan Kontemporer. Yoyakarta: jalasutra

Agustian, Ary, Ginanjar. 2008. Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga.

Albin, Summel & Rocelle. 1986. Emosi, Bagaimana Mengenal, Menerima Dan Mengarahkannya. Terj: M. bringd. Yogyakarta: Kanisus

Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Chaplin, JP. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. Terj: Kartono. Jakarta: Rajawali Press

Darwis, M Hude. 2006. Emosi Penjelejahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Mansia Di Dalam Alqur’an. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Doe, Mimi & Walch, Marsha. 2001. 10 Prinsip Spritual Parenting: Bagaimana Menumbuhkan Dan Merawat Sukma Anak Anda. Bandung: Penerbit Kaifa

Feinberg. R Mortmer. 2002. Psikologi Yang Efekif Untuk Manager. Terj: R. Turman Sirait. Jakarta: PT. Mitra Utama

Goleman, Daniel. 1999. Working with emotional intelligence: Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terj: Alex Tri Khanjo Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka

Hardjana, Agus M. 1994. Stres Tanpa Distres, Seni Mengolah Stres. Yogyakarta: Kanisius

Hartono, la. 2007. Stress & stroke: Stres Suatu Faktor Tambahan Penyebab Stroke. Yogyakarta: Kanisius

Hurlock, Elizabet B. 1980. Terj: Istiwidayan Soedjarwo Psikologi Perkembangan (Suatu pengantar Sepanjang Kehidupan). Jakarta: Erlangga

Mahpur, Mohammad, dkk. 2008. Editorial, Jurnal Psikoislamika. Hal vii, vol. 5

Mujib, Abdul Dan Jusuf Mudzakir. 2002. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Mustamin, Muh. Khalifah. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.

Partanto, A Pius Dan al-Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola

Purwakania, Aliah B. 2004. Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: Rajawali Press

Rasmun. 2004. Stress, Koping, Dan Adaptasi: Teori Dan Pohon Masalah Keperawatan. Jakarta: Agung Seto

Sarlito, Sarwono. 1989. Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Seks. Jakarta: Rajawali Press

Smet, bart. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta : Raja Grafindo

Soesilowindradini. 1995. Psikilogi Perkembangan. Surabaya: Usaha Nasional

Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat Dan Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

…………………, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

…………………, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tasmara, toto. 2003. Kecerdasan Ruhaniah, Jakarta: Gema Insani Pres

Walgito, bimo. 1986. Psikologi sosial suatu pengantar. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Yani, Ahmad. 2007. Be excellent: Menjadi Pribadi Terpuji, Jakarta: Al-qalam. Yoyakarta: Jalasutra.

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zohar, Danah dan Marshal, Ian. 2007. SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Terj: Rahmani Astuti, dkk. Bandung: Mizan.

Published
2017-12-11
Section
Artikel
Abstract viewed = 700 times