PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN STRES DALAM BELAJAR FISIKA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDIN MAKASSAR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kematangan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alaudin Makassar angkatan 2013 sampai 2016. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kematangan emosi dan kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas dan manajemen stres dalam belajar fisika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar. Adapun sampelnya adalah 20% dari populasi yakni 72 mahasiswa, di mana untuk angkatan 2013 diambil sampel sebanyak 11 mahasiswa, 20 mahasiswa dari angkatan 2014, 14 mahasiswa dari angkatan 2015, serta 27 mahasiswa dari angkatan 2016. Karena peneliti menggunakan sistem sampel proporsional stratified Random sampling. Untuk memperoleh data mengenai kematangan emosi dan kecerdasan spiritual, peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Sama seperti kematangan emosi dan kecerdasan spiritual untuk memperoleh data tentang manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar, peneliti peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara yang diberikan pada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kematangan emosi mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar adalah 88,5 dan skor rata-rata kecerdasan spiritual adalah 87,13 serta skor rata-rata manajemen stres dalam belajar fisika adalah 114,13. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 3117.10 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,13. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kematangan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen stres dalam belajar fisika mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar.
Kata kunci : Kematangan, Emosi, Kecerdasan Spiritual, Manajemen Stress.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Adlin, Alfathari dkk. 2007. Editorial, Spiritualitas dan Realitas Kebudayaan Kontemporer. Yoyakarta: jalasutra
Agustian, Ary, Ginanjar. 2008. Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga.
Albin, Summel & Rocelle. 1986. Emosi, Bagaimana Mengenal, Menerima Dan Mengarahkannya. Terj: M. bringd. Yogyakarta: Kanisus
Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Chaplin, JP. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. Terj: Kartono. Jakarta: Rajawali Press
Darwis, M Hude. 2006. Emosi Penjelejahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Mansia Di Dalam Alqur’an. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Doe, Mimi & Walch, Marsha. 2001. 10 Prinsip Spritual Parenting: Bagaimana Menumbuhkan Dan Merawat Sukma Anak Anda. Bandung: Penerbit Kaifa
Feinberg. R Mortmer. 2002. Psikologi Yang Efekif Untuk Manager. Terj: R. Turman Sirait. Jakarta: PT. Mitra Utama
Goleman, Daniel. 1999. Working with emotional intelligence: Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terj: Alex Tri Khanjo Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka
Hardjana, Agus M. 1994. Stres Tanpa Distres, Seni Mengolah Stres. Yogyakarta: Kanisius
Hartono, la. 2007. Stress & stroke: Stres Suatu Faktor Tambahan Penyebab Stroke. Yogyakarta: Kanisius
Hurlock, Elizabet B. 1980. Terj: Istiwidayan Soedjarwo Psikologi Perkembangan (Suatu pengantar Sepanjang Kehidupan). Jakarta: Erlangga
Mahpur, Mohammad, dkk. 2008. Editorial, Jurnal Psikoislamika. Hal vii, vol. 5
Mujib, Abdul Dan Jusuf Mudzakir. 2002. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Mustamin, Muh. Khalifah. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Partanto, A Pius Dan al-Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola
Purwakania, Aliah B. 2004. Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: Rajawali Press
Rasmun. 2004. Stress, Koping, Dan Adaptasi: Teori Dan Pohon Masalah Keperawatan. Jakarta: Agung Seto
Sarlito, Sarwono. 1989. Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Seks. Jakarta: Rajawali Press
Smet, bart. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta : Raja Grafindo
Soesilowindradini. 1995. Psikilogi Perkembangan. Surabaya: Usaha Nasional
Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat Dan Psikologi, Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta
…………………, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
…………………, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tasmara, toto. 2003. Kecerdasan Ruhaniah, Jakarta: Gema Insani Pres
Walgito, bimo. 1986. Psikologi sosial suatu pengantar. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Yani, Ahmad. 2007. Be excellent: Menjadi Pribadi Terpuji, Jakarta: Al-qalam. Yoyakarta: Jalasutra.
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Zohar, Danah dan Marshal, Ian. 2007. SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Terj: Rahmani Astuti, dkk. Bandung: Mizan.