PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI SEKOLAH PADA SDIT AL-FITYAN KABUPATEN GOWA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak di sekolah SDIT al-Fityan Gowa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk pendidikan anak di sekolah pada SDIT al-Fityan Gowa dan bentuk partisipasi dan pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di sekolah pada SDIT al-Fityan Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendapatkan gambaran tentang bentuk pendidikan anak di sekolah yang dilaksanakan di SDIT al-Fityan Gowa dan mengevaluasi program yang dilaksanakan sekolah yang melibatkan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT al-Fityan dengan sumber data pengurus yayasan, kepala sekolah SDIT al-Fityan, bagian kesiswaan, guru dan orangtua siswa. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis mengikuti format penelitian evaluasi model Stake. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa pendidikan anak di sekolah yang dilakukan SDIT al-Fityan melalui kegiatan pembelajaran dengan mengikuti kurikulum muatan nasional (2013) dan muatan lokal dengan materi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, al Quran, dan TIK, juga beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti tahfidz, hafalan al Quran juz 29 dan 30, English Club dan Arabic Club, Computer Kids, Science dan Math Club, dan beberapa kegiatan olahraga dan seni. Adapun bentuk pelibatan partisipasi orangtua dilakukan melalui kegiatan home visit, pengajian bulanan, belajar al Quran mingguan dan buku muhatabaah yaumiyah. Adapun faktor pendukung dari program ini adalah dukungan manajemen yang baik, dan sumber daya sekolah yang sangat menunjang, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih banyaknya orangtua yang masih sangat sibuk sehingga belum memberi partisipasi yang maksimal. Untuk mengatasi hal itu, beberapa upaya telah dilakukan yaitu dengan menerapkan penilaian pada setiap bentuk partisipasi yang diberikan.
Kata Kunci: Pelibatan Orangtua, Pendidikan Anak, Manajemen SekolahReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Al Bukhari al Ju’fi, Muhammad Ibnu Ismail Abu Abdullah, (1422 H) Shahih al-Bukhari. Cet. I, Juz 2, Dar’Tawuf An-Najah. Damaskus.
Al-Bukhariy, Imam. 1992. Shahih al-Bukhari, Juz I. Cet. 1. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmi.
Centre for Real-World Learning (2010) The impact of parent engagement on learner success. Research into Practice, No. 1
Chowa, G., Masa, R., & Tucker, J. (2013). The effects of parental involvement on academic performance of Ghanaian youth: Testing measurement and relationship using structural equation modeling. Children and Youth Services Review, 35(12), 2020-2030. doi:10.1016/ j.childyouth.2013.09.009
Conway, K.S., & Houtenville, A.J. (2008). Parental Effort, School Resources and Student Achievement, The Journal of Human Resources. XLIII.2, 438-453
Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: Sage Publication Inc., Thousand Oaks
Engkoswara & Aan Komariah, 2011, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Epstein, J.L., Sanders, M.G., Simon, B.S., Salinas, K.C., Jansorn, N.R. and Voorhis F.L. (2002) School, Family and Community Partnerships: Your Handbook for Action (2nd edition). Corwin, Thousand Oaks, California
Erwan Agus Purwanto. (2006). Pelayanan Publik Partisipatif. dalam Agus Dwiyanto (Ed). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. (h.173-222). Jogjakarta: Gadjah Mada university Press.
Fattah, N. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gulick, Luther. (1965, 1 Maret) Management is a science, Academy of Management Journal, Vol. 8, No.1, h. 7-13
Junianto, Dwi. (2015). Pengaruh Kinerja mengajar guru, keterlibatan orangtua, aktualisasi diri terhadap motivasi berprestasi, Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 3 Mei 2015
Machali, Imam dan Ara Hidayat, (2016) The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, Jakarta: Kencana
Nurkolis, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo
Ridhotullah, Subeki dan Mohammad Jauhar. (2015) Pengantar Manajemen, Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek, Edisi ke 9, Jilid 2. Jakarta: Indeks
Steinberg, L. (1996). Beyond The Classroom: Why School Reform has Failed and what Parent Need to Do. New York: Simon & Schuster
Stoner, J.A.F. dan Wankel Charles. 1986. Manajemen. terj. Wilhelmus W. Bakowatun. Jakarta: Intermedia.
Stoner, James A.F. (1982). Management. New York: Prentice/ Hall International, Inc. Englewood Cliff
Sugihandari.(2015, 5 Mei) Pentingnya Partisipasi Keluarga dalam Pendidikan Anak, Kompas online
Syamsudduha, St., 2004, Manajemen Pesantren: Teori dan Praktek, Yogyakarta: Graha Guru
Syamsudduha, St., 2014, Governance dalam Manajemen Pendidikan, Makassar: Alauddin University Press
Syamsudduha, St., dan Dion Ginanto, (2016) Parental Involvement in Indonesia: A study on two Public Schools in Makassar, Yogyakarta: UNY Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 66 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administra tion and Pedagogy (YICEMAP)
Wilcox, D.,1994, The Guide to Effective Participation, akses via internet www.partnership.org.uk
Wildensyah, Iden. (2015,12 Oktober) Tahapan Pendidikan Anak dalam Islam yang Penting Diketahui oleh Orangtua dan Guru, dari Abiummi.com
Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Cet ke-3. Jakarta: Rajawali Pers