PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS. NEGERI GOWA

  • Saprin Saprin
    (ID)

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian jenis expost facto yang bertujuan menjawab rumusan masalah, yaitu 1) bagaimana penerapan manajemen kelas di MTs. Negeri Gowa?, 2) bagaimana aktivitas belajar peserta didik di MTs. Negeri Gowa?, dan 3) apakah penerapan manajemen kelas berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik di MTs. Negeri Gowa? Penelitian dilakukan pada populasi sebesar 649 orang yang disampel dengan teknik proportionate stratifield random sampling sebesar 5% atau 33 orang peserta didik dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data untuk dianalisis dengan teknik statistik, baik statistik deskriptif maupun statistik inferensial. Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu 1) persentase rerata penerapan manajemen kelas sebesar 76.30855% > 75%, berarti penerapan manajemen kelas di MTs. Negeri Gowa dinyatakan positif, 2) persentase rerata aktivitas belajar peserta didik sebesar 80.4867% > 75%, berarti aktivitas belajar peserta didik di MTs. Negeri Gowa dinyatakan positif, 3) uji regresi sederhana menghasilkan persamaan regresi sebesar Ý = 0.0308902 + 1.077006 (99) = 0.0308902 + 106.6236 = 106.6545, berarti nilai aktivitas belajar peserta didik diperkirakan menjadi 106.6545 bila nilai penerapan manajemen kelas dinaikkan menjadi 99 atau untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sebesar 1, maka nilai rerata penerapan manajemen kelas harus dinaikkan sebesar (99 : 106.6545) = 0.928231. Artinya, penerapan manajemen kelas efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik karena nilai yang diperoleh lebih besar dari nilai yang dikeluarkan (1 > 0.928231). Implikasinya, manajemen kelas menurut teori yang dikaji dapat diterapkan di MTs. Negeri Gowa karena hasilnya positif, peserta didik di MTs. Negeri Gowa dapat beraktivitas belajar sesuai teori yang dikaji karena hasilnya positif, dan aktivitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui penerapan manajemen kelas karena hasilnya berpengaruh positif.

Kata kunci : Manajemen kelas, aktivitas belajar.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

al-Qur'än al-Karim

A. Kozulin, Lev Vygotsky dalam A. Kazdin, Encycopedia Psychology (Washington, DC. and New York: American Psycological Association and Oxpord University Press, 2000). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan.

Abin Syamsuddin Makmun, Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul (Cet. IX; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Cet. III; Jakarta: Kencana, 2014)

Ade Kuswana, “Pengembangan Model Materi Ajar Semantik: Penelitian dan Pengembangan Model Materi Ajar Semantik di Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Sastra Daerah FKIP Universitas Jambi”, Lentera Pendidikan 17, no. 1 (2014)

B. Algozzine dan P. Kay, Preventing Problem Behaviors (Thousand Oaks CA., Corwin Press, 2002). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology (Dallas: McGraw-Hill Company Inc., 2004). Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan (Cet. I; Jakarta: Kencana, 2007)

D. J. Bearison dan B. Dorval, Collaborative Cognition (Westport, CT: Ablex, 2002). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan

D. W. Johnson dan F. P. Johnson, Joining Together: Group Theory and Group Skills (Boston: Allyn & Bacon, 2003). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan

E. T. Emmer, dkk, Classroom Management for Successful Teachers (Boston: Allyn & Bacon, 2000). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan.

Hidayatullah, “Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Penerapan Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber pada AMK Negeri 1 Kota Serang”, Jurnal Teknologi Pendidikan 13, no. 2 (2011)

J. G. Brooks dan M. G. Brooks, In Search of Understanding: The Case for Constructivist Classroom (Upper Saddle River, NJ: Merrill, 2001). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan

J. S. Eccles, School and Family Effects on the Ontogeny of Children’s Interests, Self-Perceptions, and Activity Choice, dalam J. Jacobs, Nebraska Symposium on Motivation (Lincoln: University of Nebraska Press, 1993). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan.

Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi (Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

John W. Best, Research in Education, Third Edition (India: Prentice-Hall), terj. Sanapiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso, Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).

John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan

Khaerudin, “Model Pembelajaran Blanded Learning Berbasis Pendekatan Konstruktivistik pada Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar”, Jurnal Teknologi Pendidikan 13, no. 2 (2011)

Khaerun Abd. Wahab (50 Tahun), Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum di MTs. Negeri Balangbalang Kabupaten Gowa, Wawancara, Balangbalang, 28 September 2017.

M. Gauvain, The Social Context of Cognitive Development (New York: Guilford, 2001). Dikutip dalam John W. Santrock, Educational Psychology. Terj. Tri Wibowo, Psikologi Pendidikan

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai (Jakarta:LP3ES, 1989)

Mohamad Mustari, Manajemen Pendidikan. Edisi Pertama (Cet. I; Jakarta: Jajawali Pers, 2014)

N. L. Gage dan C. D. Berliner, Educational Psychology (Chicago: Rand McNally, 1975). Dikutip dalam Abin Syamsuddin Makmun, Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul (Cet. IX; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Cet. I; Bandung: Sinar Baru, 1989)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan.

Sardiman A. M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008)

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D (Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2011).

---------------, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif, dan R & D) (Cet. XVIII; Bandung: Alfabeta, 2013).

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian (Cet. XI; Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Edisi Kelima (Cet. XXII; Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis (Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar (Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2010).

Tatang Syarifuddin, Landasan Pendidikan (Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI., 2009).

Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam. Edisi Pertama (Cet. VI; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)

Diterbitkan
2017-12-11
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1123 times