PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS AWAL MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BANTA-BANTAENG MAKASSAR

  • Umar Sulaiman

Abstrak

ABSTRAK

Media yang  digunakan dalam proses belajar mengajar khususnya membaca dan menulis permulaan di kelas awal adalah media big book. Dengan penggunaan media big book, diharapkan dapat menjadi alternatif pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan pembelajaran membaca dan menulis dan sebagai pemecahan masalah bagi siswa yang kesulitan meningkatkan keterampilan membaca dan menulisnya. Media big book ini selain lebih mudah membuat dan merancangnnya juga lebih mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran proses pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar dengan menggunakan media big book. (2) gambaran keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar sebelum dan setelah menggunakan media Big book. (3) pengaruh penggunaan media Big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-ekperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-bantaeng Makassar. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media Big book siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar, keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar sebelum dan setelah menggunakan media Big book, pengaruh penggunaan media Big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Data dikumpulkan dengan instrumen pedoman observasi, dan catatan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes keterampilan literasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua, yaitu:  analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media Big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Selain itu, adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media big book terhadap keterampilan literasi siswa dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu diperoleh nilai p-value= 0,019 < 0,05 yang menunjukkan bahwa  diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Big book terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar.

Keywords: Media Big Book, Dalam Pembelajaran, Keterampilan Literasi.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi.Prosedur Penelitian, Cet. XV, Jakarta; Rineka Cipta, 2013.

Arikunto, S, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar.Media Pembelajaran, Cet. III; Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2002.

Ary, Donald, Luchy Cheser Jacobs, dan Asghar Razavieh. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, terj. Arief Furchan. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Bungin, B, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2011.

Chaniago Amran YS.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Cet.V; Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Garafido Persada, 2013.

Depertemen Agama Al-qur’andanterjemahan, juz. 28. Bandung: AL-Jumanaali, 2005.

Ibrahim, M. Kasir.Kamus Lengkap 700 Miliyard, Cet. I; Surabaya: Putra Jaya, 2008, h. 51.

P, Joko Subagyo. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.

Mania, Sitti, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Cet.I; Makasaar: Alauddin University Press, 2013.

Mulayana, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosialnya Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

M. BasyiruddinUsman & Asnawir, Media Pembelajaran, Cet. 1; Jakarta: CiputatPers, 2002.

Nambiar, Mohana. Early Reading Instruction-Big Books in the ESL Classroom. Jurnal The English Teacher (Vol XXII), 1993.

Nasution, S., Metode Research, Cet. X; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Riduwan, Pengantar Statistika Sosial, Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2012.

Riyanto, Yatim.Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. 2; Surabaya: Penerbit SIC, 2001

Republik Indonesia.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. I; Jakarta: BP. Panca Usaha, 2003.

Sanjaya, Wina.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2008.

Sadiman, Arief S.dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatanya, Cet. 5. PT. Raja GrafindoPersada, 1993.

Semi, A, Dasar-Dasar Keterampilan Menulis, Bandung: Angkasa, 2017.

Sudjana, Nana.Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Syaiful Bahri dan Aswin zain, Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Jakarta ; Rineka Cipta.

Syarif, Zulkarnaini dan Sumarno, Pembelajaran Menulis, Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XIV; Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XV; Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitaif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2013.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian, Cet. XXV; Bandung: Alfabeta, 2014.

Sumarno, Alim. Pengaruh Media big book Jurnal Universitas Negeri Surabaya,

Internet; http://www.bruderfic.or.id/h-129/ Yanti Kurniawati.html, Diakses tanggal 17 November 2016.

Tarigan, H.G. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Penerbit Angkasa, 1990.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet, VII; Jakarta: BalaiPustaka, 1994.

Toha, Chabib.Teknik Evaluasi Pendidikan, Cet. V; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. (Jakarta: Eko Jaya, 2006).

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, B Hamzah. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Usman, Husaini dan Purnomo Setia adyakbar, Pengantar Statistika, Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

USAID. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta:USAID, 2014.

Usaid Prioritas.Program Literasi Yang Efektif: Buku Sumber Untuk Dosen LPTK, Makassar: Usaid Prioritas, 2014.

Usaid Prioritas.Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK: Buku Sumber Untuk Dosen LPTK, 2014.

Usaid Prioritas.Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI): Modul Lokakarya, Februari 2015.

Usaid Prioritas. Modul Perkuliaahan Membaca dan Menulis Kelas Awal untuk LPTK, Pre-service Teacher Training Course in Early Grade Reading and Writing Kerjasama USAID PRIORITAS-Florida State University (FSU) Universitas Negeri Semarang (UNNES): 2016.

Usaid Prioritas. Pembelajaran Membaca di Kelas Awal, Praktik yang Baik di Sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI): Revisi III A, Modul Pelatihan , Januari 2016.

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1996. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Diterbitkan
2017-12-11
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 3112 times