Kepemilikan Sertifikasi Kompetensi Dalam Seleksi Frontliners Bank Syariah Bumn di Yogyakarta

  • Nur Ellyanawati Esty Rahayu Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan kepemilikan sertifikasi kompetensi dalam seleksi penerimaan frontliners perbankan untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten. Hal ini dikarenakan saat ini pemerintah mendorong perbankan untuk lebih memprioritaskan tenaga kerja terampil. Perbankan dapat mensyaratkan kepemilikan sertifikasi kompetensi dalam proses penerimaan tenaga kerja. Metode penelitian deskriptif kualitatif dan analisa Chi-Square.  Sampel yaitu Pimpinan Bank Syariah Mandiri Yogyakarta, Pimpinan BRI Syariah Yogyakarta, dan Pimpinan BNI Syariah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kepemilikan sertifikasi kompetensi dengan seleksi penerimaan  frontliners bank syariah. Penerimaan frontliners tahun 2019 belum mensyaratkan kepemilikan sertifikasi kompetensi. Namun pelamar yang memiliki sertifikat kompetensi lebih diprioritaskan karena memiliki manfaat yaitu mendapatkan tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja, mengurangi biaya pelatihan tenaga kerja, bank dapat cepat mencapai target yang ditetapkan manajemen baik dalam hal jumlah rekening, layanan kepada nasabah, maupun target laba. 

Author Biography

Nur Ellyanawati Esty Rahayu, Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia
Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Islam Indonesia

References

Alvionita, V (2018), Persepsi Karyawan Hotel terhadap Manfaat Sertifikasi Kompetensi Pariwisata Bidang Perhotelan Di Kota Bandung, Journal of Indonesian Tourism and Recreation, Vol. 1, No. 2.

Atallah (2013), The Impact of Knowledge Management Functions on the Organizational Excellence from the Perspective of the University of Al-Taif Staff, Interdiciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 5, No.3 : 172-192.

Avrianingsih, S (2016), Arsitektur Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi (Studi Kasus Sertifikasi Profesi Perbankan dan Sistem Pengendalian Online Sertifikasi Kompetensi pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 5, No. 1.

Azmy, A (2015), Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Career Ready Profesional di Universitas Tantri Abeng, Jurnal Binus Business Review, Vol. 6, No. 2 : 220-232.

Budiman (2018), Peranan Penerapan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru (Integrasi Psikologi Industri dan Organisasi Islami), Jurnal Psikologi Islami, Vol. 4, No. 1 : 74-81.

Efendi (2009), Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Metro, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Lampung.

Erman (2017), Standar Kompetensi Pengelola Koperasi Simpan Pinjam Syariah Di BMT Taqwa Muhammadiyah Padang, Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 2 : 193–203.

Hapsari, M, (2016), Pengkajian Program Kursus dan Pelatihan Terkait dengan Jenis Ketrampilan, Sertifiksi dan Penempatan Lulusan, Journal of Nonformal Education, Vol. 2, No. 1.

Ikatan Bankir Indonesia (2016), Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Jauhari, T (2009), Mengasah Kompleksitas Kompetensi Melalui Sertifikasi, Ikatan Bankir Indonesia, Jakarta.

Mahdane, A (2018), Pengaruh SKKNI dan Kompetensi SDM terhadap

Pengembangan SDM di Unit Profesi SDM dalam Menghadapi Era MEA,

Jurnal Manajemen IKM, Vol. 13, No.1, :1-9.

Mahmud (2012), The Role of Organizational Development to Improve the Kordanian Universities Effectiveness, International Journal of Business and Management, Vol. 7, No. 19 : 76-83, Canadian Center of Science and Education.

Martina K, dkk ( 2012), Identification of Managerial Competencies in Knowledge Based Organization, Journal of Competitiveness, Vol. 4, No. 1 : 129-142.

Murwati, H (2013), Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMK di SMK Negeri se-Surakarta, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), Vol. 1, No.1.

Pedoman Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) No. 101-2005

Prasetya, dkk (2018), Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Seleksi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Jurnal Kompetensi, Vol. 12, No. 2.

Prasetyo, dkk (2018), Pengaruh Kompetensi Karyawn Terhadp Promosi Jabatan Pada PT Bank CIMB Niaga Tbk Bintaro Griya Niaga, Jurnal Widya Cipta,

Vol. 2, No. 1.

Rahmayanty, N (2010), Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Riesminingsih (2013), Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA YADIKA 3 Karang Tengah, Jurnal MIX, Vol. 3, No. 3 : 263-271.

Sahaka, A. dll, (2017), Sistem Rekruitmen Karyawan pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Bone, Jurnal Diskursus Islam, Vol. 5, No. 2.

Saskiawardani, N (2009), Program Sertifikasi Bankir Umum, Media Bankir, Ikatan Bankir Indonesia, Jakarta.

Shaputra, dkk (2015), Pengaruh Kompetensi, Komitmen, dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru, Jurnal Tapak, Vol. 7, No.1.

Silitonga, P (2007), Perbandingan Penerapan Sistem Sertifikasi Kompetensi di Indonesia dan di Negara-Negara Lain, Jurnal Panorama Nusantara, Vol. 2, No. 1.

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suwarsi, dkk (2014), Implementation of Coumpetency Based Human Resource and Knowledge Management to Organizational Culture and Implication to Organizational Performance, International Journal of Human Resource Studies, Vol. 4, No. 3 : 255-268.

Tho’in, M (2016), Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berdasarkan

Prinsip-Prinsip Syariah Islam (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah Surakarta), Jurmal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 2, No.02 .

Triana, H (2017), Pengembangan Kualitas SDM Indonesia dengan Sertifikasi Profesi, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 Pasal 18

Wahyudi, F (2014), Peran Kompetensi Dalam meningkatkan Kinerja Pegawai

Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur, eJournal

Administrative Reform, Vol. 2, No. 1.

Wirjoatmodjo, K (2017), Transformasi Digital Suatu Keniscayaan, Majalah Infobank, Jakarta.

Wulandari, dkk (2018), Identifikasi Kompetensi Manajerial Pada Level

Manajemen Menengah dalam Industri Perbankan Indonesia, Jurnal Siasat

Bisnis, Vol. 22, No. 1 : 20-31.

Yamu’alim (2015), Sertifikat Kompetensi Sebagai Standar Kompetensi Kerja, Jurnal Forum Manajemen, Vol. 6, No. 1.

Published
2020-04-09
How to Cite
Rahayu, N. E. E. (2020). Kepemilikan Sertifikasi Kompetensi Dalam Seleksi Frontliners Bank Syariah Bumn di Yogyakarta. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 1-18. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v7i1.12989
Section
Artikel
Abstract viewed = 766 times