Bauran Pemasaran dan Sharia Compliance Terhadap Loyalitas Pelanggan

  • Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare
    (ID)
  • Akramunnas Mahesa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study adds to the influence of marketing mix and sharia compliance on customer loyalty of Avansa cars at PT. Haji Kalla Alauddin Branch who purchases through Islamic financing. 100 samples were selected using purposive technique. Data were analyzed using multiple regression. the results of the study concluded that the marketing mix: product, price, promotion, and location and sharia compliance partially influenced the customer loyalty of Avansa cars at PT. Haji Kalla Alauddin Branch who purchases through Islamic financing. The marketing mix and Sharia Compliance partially influence the customer loyalty of Avansa cars at PT. Haji Kalla Alauddin Branch who purchases cars through Islamic financing.

Author Biography

Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Abdul,Qawi,Othman dan Lynn,Owen. 2001. The Multi Dimensionality of CARTER Model to Measure Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banking Industry ( A Study in Kuwait Finance House). International Journal of Islamic Financial Service. Vol. 3, No. 4;

Adiwarman A Karim, Ekonomi Mikro Islam, Edisi Ketiga (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2011);

Ali Hasan, 2008, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.

Ansori, ―Pengungkapan Shariah compliance dan Kepatuhan Bank syariah terhadap Prinsip Shari’ah‖, dalam Jurnal Dinamika Akuntasi, Vol.3, Nomor. 2, (Maret, 2001), 3 dalam http://journal.unnes.ac.id/index.php/jda (diakses 06 November 2013);

Antonio, Muhammad Syafei, Bank syariah Bagi Banker Dan Praktisi Keuangan , (Jakarta TazkiaInstitute, 1999) 12;

Ari Wibowo, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di D’stupid Baker Surabaya, (Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 3, No. 12 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), 2014,;

Armstrong dan Kotler. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Intermedia.;

Asiyah, Siti (2017) Pengaruh Ketaatan Pada Prinsip Syariah (Kps) Terhadap Loyalitas Nasabah, Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan–Volume 1, Nomor 1, Maret 2017 : 104–121;

Assauri (2003), Manajemen Pemasaran Jasa, jilid1, Jakarta.PT Gramedia. Hal. 2003;

Bagya Agung Prabowo, Aspek Hukum Pembiayaan Murabahah pada Perbankan Syariah, (Yogyakarta: UII Press Yogyakarta, 2012;

Basu Swastha dan Irawan, (2000), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Basu, Swastha. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta:PT Raja Grafindo. Persada;

Evi Husniati Sya’idah Tontowi Jauhari. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal EkoNiKa, Vol. 3. No. 1, April 2018. Hal. 23-30

Fandy Tjiptono, 2002 ,Manajemen Jasa, Penerbit ANDI YOGYAKARTA hal.95;

Gari Nurahman dan Mustika Sufiati Purwanegara (2013) Marketing Strategy of Narapati Indah Syariah Hotel, The Indonesian Journal of Business Administration, Vol. 2, No. 3, 2013, hal 293-30;

Hegazy, I. 1995. An Empirical Comparative Study between Islamic and Commercial Banks’ Selection Criteria in Egypt. International Journal of Commerce and management5(3): 46-61.

Hendra Galuh Febrianto (2008) Strategi pemasaran pada mini market ahad dalam peningkatan volume penjualan, repository UIN Jakarta;

HR Abu Dawud [3451] dan Ibnu Majah [2200]);

HR. Bukhari, no. 1973, Muslim, no. 1532);

Irmayanti Hasan, Manajemen Operasional Perspektif Integratif, (Malang: UIN Maliki Press, 2001), hal.72-73;

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg;

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga;

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi. Kedua Belas. Jakarta : Erlangga

Maftukhin, Muhammad. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bandeng Juwana Elrina Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas;

Metawa dan Almossawi (1998) Banking behavior of Islamic bank customers: Perspectives and implications, Banking behavior of Islamic bank customers: Perspectives and implications, International Journal of Bank Marketing 16(7):299-313;

Muhamad. 2004. Dasar-dasar Keuangan Islami. Yogyakarta: Ekonisia;

Nugraha J. Setiadi, 2013, Prilaku Konsumen, Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, hal. 17;

Omer, H. S. H. 1992. The implications of Islamic beliefs and practice on the Islamic financial institutions in the UK: case study of Albaraka International Bank UK. unpublished PhD thesis. Economics Department. Loughborough University.Loughborough;

Sang Pencerah (Muhammadiyah Post) , 2014 Persentase Jumlah Umat Islam Berbagai Daerah di Indonesia,

Soemarsono, Peranan Pokok dalam Menentukan Harga Jual (Jakarta: Rieneka Cipta, 1990),h.17;

Tengku Putri Lindung Bulan (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016 hal.592-602;

Yulianto, Firman. 2010. “Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Pertimbangan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan.” Jurnal ISSN, hlm. 1411-0199;

Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Bisnis Islam, Alih Bahasa Zainal Arifin (Jakarta:Gema Insani,1999),h.189;

Zamroni, Wahibur Rokhman(2016) Pengaruh Marketing Mix Dan Syariah Compliance Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Umum Syariah Di Kudus, Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah Volume 4 Nomor 1 -XQL 2016, 97 – 113;

Published
2020-06-14
How to Cite
Syarifuddin, A. D. I., & Mahesa, A. (2020). Bauran Pemasaran dan Sharia Compliance Terhadap Loyalitas Pelanggan. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 57-73. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v7i1.13317
Section
Artikel
Abstract viewed = 897 times